Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meminjam Peralatan Outdoor Milik Teman, Menghemat Biaya

Mendaki adalah hobi yang sangat di gandrungi oleh para pemudia milenial seperti sekarang ini. banyak para pendaki dari berbagai penjuru kota maupun desa, apalagi banyak pendaki dari kota yang ingin merasakan udara segar di pegunungan.

Banyak juga pendaki yang hanya sekedar ingin mendaki (Pendaki musiman) pendaki musiman biasanya hanya mengikuti trend saja. Banyak dari mereka yang kurang akan peralatan pendakian.

Pendaki pemula biasanya masih binggung akan peralatan outdoor yang akan dibawa. mereka biasanya menyewa perlatan outdoot atau meminjam milik temanya. Berikut ini etika yang benar ketika meminjam peralatan outdoor milik teman.

1.Meminta izin


Meminta izin secara sopan kepada orang yang mau kita pinjam barang pribadinya, terutama teman kita. Kalau orang tersebut tidak mau meminjamkan barang miliknya alangkah baiknya jangan memaksa. Cari orang lain atau bisa menyewa ke tempat penyewaan peralatan outdoor.

2.Mengembalikan Tepat Waktu

Ketika kamu sudah dapat meminjam barang milik temanmu dan kamu gunakan, sebaiknya kamu harus mengembalikanya tepat waktu, jangan kamu tunda-tunda. Karena mungkin saja teman kamu juga akan menggunakan peralatanya. jadi sesudah meminjam alangkah baiknya menyucinya dan menggambalikan dengan segera.


3.Jangan Merusak Barangnya

Jika kalian sudah dipinjami barang pribadinya terutama peralatan outdoor seperti tas carrier, tenda, sepatu , kompor dan peralatan outdoor lainya sebaiknya kalian harus benar-benar merawat serta menjaganya saat kamu meminjamnya. Jangan sampai barang yang kalian pinjam menjadi rusak akibat ulahmu.


4.Jangan Mengaku Barang Pinjaman Menjadi Hak Milik

Alangkah baiknya ketika kalian sudah dipinjami alat pendakian, jangan mengaku menjadi hak milik. Sebab jika kalian mengaku sebagai hak milik bisa saja teman pendakianmu yang lainya akan meminjam peralatan outdoor itu kepadamu. Alangkah baiknya jika kamu jujur bahwa barang tersebut adalah barang pinjaman milik teman.

5.Jangan Sering Meminjam


Nah, ini yang paling utama. Untuk awal-awal mungkin tidak apa kalau kalian masih pinjam barang pribadi milik orang lain. Tapi sebaiknya kamu bisa membeli peralatan pendakian sendiri, caranya kalian harus mengumpulkan uang. Dengan membeli peralatan sendiri kamu akan lebih aman, sebab jika kamu masih minjam dan peralatan rusak atau bahkan hilang itu akan merugikanmu

6.Mengembalikan dengan keadaan Normal

Salah satu hal yang harus kalian lakukan adalah mengembalikan peralatan milik teman/tempat persewaan dengan kondisi normal. Usahakan saat meminjam jangan ada kerusakan sedikitpun kecuali saat kita terkena hal yang tidak di inginkan seperti jatuh, terpeleset dan lain-lain.


7.Menggunakan Bahasa yang Sopan

Gunakanlah bahasa yang sopan dan jangan memaksa, salah satunya seperti etikad meminjam barang milik orang lain. menggunakan bahasa yang sopan adalah trik supaya teman meminjamkan

Itu dia cara meminjam peralatan outdoor milik teman kita, alangkah baiknya jika tidak meminjami jangan di paksa!