Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo Samigaluh, Air Terjun Tertinggi di Jogja

Wisata Alam Air Terjun Perawan Sidoharjo adalah salah satu wisata favorit yang berada di Jogja. Wisata Air Terjun Sidoharjo ini terletak di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Air terjun ini berada di perbukitan Gunung Menoreh yang membentang dari bagian selatan Kulon Progo hingga bagian selatan Kabupaten Magelang.

Sebagai salah satu daerah yang terkenal dengan keramah tamahan warganya, Jogja juga menyimpan wisata yang cukup menarik. Selain wisata alam yang bagus jogja terkenal dengan wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kuliner.

Banyak dari kalangan wisatawan yang masih asing dengan wisata air terjun Sidoharjo. meski begitu, Air terjun Sidoharjo atau yang biasa disebut dengan Air Terjun Perawan Sidoharjo, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pasalnya kalian dapat melihat air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dengan suasana alam yang masih alami.

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo, Air Terjun Tertinggi di Jogja
Menikmati Sejuknya air terjun Sidoharjo Samigaluh( Ig/cahyo_homies)
Lokasi Air Terjun Sidoharjo berada dikawasan perbukitan Menoreh yang berada di wilayah Kulon Progo. untuk menuju ke Air terjun sidoharjo kalian harus mengikuti jalan menuju arah Samigaluh, untuk lebih mudah ambil jalan menuju arah Puncak Suroloyo.

Baca Juga: Menikmati Pemandangan Puncak Merapi & Merbabu dari Suroloyo

Masyarakat lokal biasanya menyebutnya Air Terjun Perawan. Kata perawan sendiri digunakan karena wisata ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun penduduk sekitar memiliki gagasan sendiri, pasalnya dahulu  wisata air terjun sidoharjo ditemukan oleh seorang gadis.

Terlepas dari nama asal usulnya nama lokasi wisata ini, wisata air terjun perawan memiliki daya tarik yang luar biasa. Selain itu sekarang terdapat fasilitas yang cukup memadai dan tertata rapi. objek wisata ini sangat cocok dinikmati bersama teman, sahabat bahkan keluarga kecil kalian.

Sesampainya di lokasi kalian akan disuguhkan dengan pemandangan tebing yang cukup tinggi. Dari tebing ini air itu muncul, waktu yang tepat untuk menggunjungi air terjun perawan ini pada saat habis musim hujan / masuk musim kemarau.

Sehabis musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menggunjungi wisata ini. Kalian dapat menikmati segarnya air pegunungan dan sejuknya hutan disekitar air terjun yang masih alami. jika beruntung kalian juga dapat melihat pelangi yang berukuran kecil. 

Lokasi dan Rute Air terjun Perawan

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo, Air Terjun Tertinggi di Jogja
Pemandangan air terjun sidoharjo pada saat habis musim hujan (Ig/Jogjanetizen)
Wisata Air Terjun Sidoharjo ini terletak di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Air terjun ini berada di perbukitan Gunung Menoreh yang membentang dari bagian selatan Kulon Progo hingga bagian selatan Kabupaten Magelang.

Jika kalian dari kota jogja terutama dari titik nol km jogja ambil arah barat menuju jalan wates, kemudiam belok kiri menuju jalan Godean.

Perjalanan dilanjutkan menuju perempatan Nanggulan. Dari perempatan tersebut kalian ambil arah utara untuk menuju perempatan Dekso. Kemudian ambil arah menuju Samigaluh sampai bertemu dengan Mts Sidoharjo.

Sesampainya di tanjakan menikung yang terdapat papan nama Mts Sidoharjo yang mengarah ke jalan sempit. Ikuti jalan sempit hingga memasuki kawasan pemukiman milik warga , Dari sini sudah terlihat megahnya Air Terjun Sidoharjo.

Nama:Air Terjun Sidoharjo Samigaluh
Lokasi:Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

       

Fasilitas

Dahulu tempat ini belum terdapat fasilitas yang memadai. tetapi sekarang fasilitas di wisata air terjun sidoharjo cukup memadai. Jalan menuju Air terjun sudah dicor menggunakan semen. di sini juga sudah dibangun tempat mandi/ ganti baju bagi para wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Wisata ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar saja, kalian akan dikenakan tarif 2000 rupiah untuk parkir motor. sedangkan harga tikem masuk wisata air terjun sidoharjo 5000 per orang.

Informasi Tambahan

Wisata ini masih dalam tahap pengeolahan oleh pemerintah kabupaten Kulon Progo. Untuk sekarang ini wisata ini masih dipegang oleh masyarakat sekitar. jika kalian ingin mandi atau menikmati segarnya air pegunungan harus sedikit berhati hati.

Cekungan yang berada di bawah air terjun sidoharjo memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter. untuk kalian yang membawa anak kecil pastikan harus diawasi dengan baik dan benar.