Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah dan Mitos Wisata Gunung Lanang Kulon Progo

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak keaneragaman, mulai dari wisata, budaya hingga kuliner semua tersedia di jogja. di daerah Kulon progo menjadi salah satu kabupaten yang wajib anda kunjung saat berkunjung dijogja. di kulon progo terdapat banyak wisata mulai dari wisata pantai, air terjun, goa, waduk, puncak gunung hingga perbukitan.

Salah satu wisata yang ada di kulon progo adalah Puncak Gunung Lanang. Di Kulon Progo terdapat beberapa gunung misalnya Gunung Lanang yang berada di dekat pantai glagah. banyak warga dan wisatawan yang menyebutnya dengan Asatana Lingga.

Baca Juga:Menikmati Golden Sunrise dari Puncak Gunung Ijo

Dahulu Puncak Gunung Lanang dijadikan tempat untuk bertama Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Tempat yang masih ada dari hingga sekarang masih digunakan oleh masyarakat untuk bersemedi. Konon Kyai Lanang bersemdi di dekat puncak Gunung sedangkan Nyi Rantam Sari berada dibawah puncak tersebut.

Sejarah dan Mitos Wisata Gunung Lanang Kulon Progo
Pemandangan di puncak Gunung Lanang saat cuaca sedang cerah (Ig/jelata_terhormat)
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa orang yang bersemedi harus membawa Gula Merah dan jika gula teresebut dapat menyala terbakar dengan korek api, Maka orang yang bersemedi itu akan mendapatkan kesktian.

Dari puncak Gunung Lanang kalian dapat melihat deburan ombak Pantai Selatan. Untuk melihat pemandangan tersebut para penggunjung harus mencapai puncak gunung dengan berjalan sejauh 150 meter. Pengunjungg harus hati-hati pasalnya jalan yang akan dilewati memiliki trek yang cukup terjal.

Para pengunjung juga dapat melihat sunrise di gunung lanang pada sore hari. Selain itu jika cuaca sedang cerah para pengunjung juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus. di puncak gunung lanang juga sudah tersedia fasilitas untuk berfoto. Wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga, teman dan sahabat kalian.

Lokasi Menuju Puncak Gunung Lanang.

Wisatawan yang akan menikmati pemandangan di gunung lanang dapat menjangkau gunung lanang dengan menggunakan Goggle Maps. Alamat Gunung Lanang berada di Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimolyo, Kabupaten Kulon Progo.

                              

Harga Tiket Wisata Gunung Lanang

Bagi wisatawan yang ingin memasuki wisata gunung lanang sangat murah yaitu hanya Rp.3000 per orang, sedangkan harga biaya parkir sepeda motor yaitu Rp.2000 sedangkan untuk kendaraan pribadi atau mobil tarif parkir Rp.5000. Sangat murah bukan.
  • Harga Tiket Masuk: Rp3000,- / orang
  • Parkir Mobil Rp50000,- / mobil
  • Parkir Motor Rp.2000,- / motor

Fasilitas Wisata Gunung Lanang

Gunung Lanang juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, kalian tidak usah khawatir ketika menggunjungi wisata yang satu ini. fasilitas tersebut antara lain

1.Kamar Mandi
Pengelola sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat .

2.Tempat Parkir
Wisata Gunung Lanang memiliki halaman parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir gunung lanang cukup luas.

3.Warung Makan dan Minum
Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

4.Gazebo
Kalian bisa menggunakan Gazebo ini untuk sekedar berkumpul, maupun menikmati pemandangan dari puncak gunung lanang.

5.Spot Foto
Fasilitas yang satu ini dapat kalian dipuncak gunung lanang, pengelola wisata gunung lanang sudah menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment.

Sekian pembahasan tentang wisata gunung lanang kulon progo. kalian dapat mengajak teman, sahabat bahkan keluarga tercinta untuk menggunjungi wisata ini.

Daya Tarik Gunung Lanang

Kulon Progo meruapakan salah sati wilayah yang berada di Yogyakarta. Kabupaten yang berada di sebelah barat jogjakara ini memiliki kawasan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancaranegara. Lokasinya yang berada di pegunungan menoreh membuat kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata mulai dari curug, air terjun, waduk, puncak dan perbukitan.

Salah satu wisata yang menyajikan pemandangan yang cukup bagus yaitu adalah Puncak Gunung Lanang. Memang kulon progo menyimpan banyak wisata yang meyajikan pemandangan dari atas seperti kalibiru, puncak suroloyo dan gunung ijo.

Menurut cerita yang beredar dahulu gunung lanang di jadikan tempat bertapa Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Goa ini masih di gunakan oleh beberapa masyarakat untuk bersemedi. Kyai Lanang bersemedi dekat puncak gunung dan Nyi Rantam Sari berada di dekatnya. Konon mitosnya barang siapa yang bersemedi dengan membawa Gula Jawa atau Gula Merah dan dapat menyala konon orang tersebut akan mendapatkan kesaktian.

Dari Puncak Gunung Lanang wisatawan dapat melihat pemandangan yang cukup bagus, jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut pengunjung dapat melihat deburan samudra hindia dari kejahuan. Untuk mencapai puncak gunung lanang pengunjung haus menaiki setapak sejauh 150 meter. Sepanjang perjalanan menuju puncak anda dapat melihat pemandangan hutan hijau yang sangat asri.

Bagi wisatawan yang datang pada pagi hari maupun sore hari, anda dapat melihat pemandangan sunrise dan sunset dari puncak gunung lanang. Selain itu anda dapat melihat kota wates dan beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu di sebelah utara.

Wisata Sekitar Gunung Lanang