Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menikmati Wisata Puncak Gunung Ijo Bagelan, Golden Sunrise

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jogja. Kabupaten yang satu ini menyimpan destinasi wisata yang cukup menarik. Apalagi jika kalian mengeksplor lebih dalam wisata yang berada di kabubapen ini.

Berkunjung ke Kulon Progo kalian dapat memilih tujuan wisata yang cukup menarik seperti kalibiru, sungai mudal, kedung pedut, dll. Salah satu wisata pegunungan yang menjadi primadona selain puncak suroloyo adalah Gunung Ijo. Gunung Ijo adalah puncak yang berada di perbukitan menoreh dan berbatasan langsung dengan Purworejo.

Wisata Gunung ijo masuk kedalam daerah Hargotirto, Kapanewon Kokap. Sesampainya di lokasi kalian dapat menitipkan kendaraan ke rumah warga, karena wisata yang satu ini belum terdapat tempat parkir. Untuk mengunjungi wisatanya kalian juga harus bertanya dengan warga setempat, Perjalanan menuju gunung ijo diawali dengan jalan cor dekat dengan rumah warga.

Jalan menuju ke Gunung Ijo

Menikmati Wisata Puncak Gunung Ijo Bagelan, Golden Sunrise
Pemandangan dari Puncak Gunung Ijo, terlihat Waduk sermo dan pegunungan Menoreh (Ig/dhiyanto63)
Setelah menyusuri jalan kalian akan menemukan perkebunan milik warga sekitar di tambah dengan rimbunan ilalang. Perjalanan menuju puncak gunung ijo membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Jadi siapkan fisik dan perbekalan sebelum menuju puncak.

Perjalanan pertama kalian akan melalui jalan setapak yang dibuat ke wisata gunung ijo untuk mempermudah wisatawan. Namun seiring perkembangnya zaman jalan tersebut sedikit hilang karena tertutup oleh rimbunan ilalang. Maka dari itu jangan sungkan untuk tanya kepada warga sekitar.

Selain jalan setapak yang harus kalian lalui, para wisatawan harus melewati jalur yang cukup menguras tenaga. akan tetapi kalian tidak usah panik akan pemandangan yang kalian liat nantinya. Pasalnya gunung ijo memiliki pemandangan yang sangat indah.

Sesampainya di puncak kalian bisa melihat waduk sermo dan perbukitan menoreh sekaligus. Wisata yang satu ini cocok buat kalian untuk berfoto ria dengan tema pegunungan. Jika cuaca sedang cerah dan tidak berawan kalian juga dapat melihat gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu.

Fasilitas Gunung Ijo

Wisata ini belum terlalu terdengan di telinga publik, padahal wisata yang satu ini sangat potensial seperti halnya puncak suroloyo dan kali biru. Fasilitas yang tersedia di Gunung Ijo belum cukup memadai, adapun fasilitasnya sebagai berikut

1.Tempat Parkir
kalian bisa menetitipkan kendaraan anda di rumah warga sekitar untuk kendaraan bermotor, sedangkan untuk kendaraan pribadi tidak terdapat tempat parkir karena lahan belum terlalu luas untuk parkir mobil.

2.Pemandangan yang Bagus
Kalian tidak usah khawatir tentang perjalanan menuju puncak gunung ijo, karena kringat anda akan dibayar dengan pemandangan yang sangat indah. kalian dapat melihat gunung yang berada di jawa ketika cuaca sedang cerah.

3.Jalan yang Cukup Bagus
Perjalanan untuk menuju puncak terdapat jalan yang cukup bagus, kalian bisa melewati tangga yang terbuat dari cor-coran. disini juga kalian dapat mengabadikan momen bersama keluarga , sahabat maupun orang tercinta