Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Bismo Via Sikunang, Jalur Termudah Untuk Pemula

Gunung Bismo merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bismo terletak disebelah Kabupaten Wonosobo, Tepatnya di dataran tinggi Dieng Wonosobo.

Gunung Bismo sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.365 Mpdl, gunung ini masih tergolong gunung yang masih baru, belum banyak dilalui oleh para pendaki. Medan Gunung Bismo cukup menantang, kalian akan melewati jurang-jurang yang cukup dalam tetapi kalian akan disuguhkan pemandangan yang cukup bagus.

Baca Juga: Pendakian Gunung Bismo via Deroduwur

Pendakian Gunung Bismo Via Sikunang, Jalur Termudah Untuk Pemula
Pemandangan Gunung Bismo (Ig/Singgarasegar)
Sama halnya dengan pemandangan gunung di jawa tengah, pemandangan Gunung Bismo hampir mirip dengan pemandangan di gunung prau. Jika cuaca sedang cerah kalian dapat melihat 3 gunung sekaligus yaitu gunung sindoro sumbing, merbabu.

Gunung Bismo sendiri memiliki empat jalur pendakian sekaligus yaitu Bismo via Silandak, via Pulosari, via Sikunang dan Gunung Bismo via Dewoduru. Artikel yang akan kami bahas adalah pendakian gunung Bismo via Sikunang

Untuk pendakian Gunung Bismo via Sikunang kalian akan menemui trek yang cukup landai dan disuguhi pemandangan perbukitan yang cukup bagus, kalian akan menjumpai pepohonan dan semak-semak dan ilalang yang masih alami. Basecamp sikunang masih tergolong sepi karena banyak pendaki yang melalui jalur silandak.

Medan Gunung Bismo

Perjalanan pertama kalian akan melewati permukiman milik warga lereng gunung Bismo. selain itu kalian akan disambut dengan hamparan perkebunan yang beraneka ragam, kalian juga dapat menjumpai para petani yang sedang berkebun.

Setelah melewati perkebunan milik warga kalian akan melewati tangga untuk menuju hutan yang masih asri dan rimbun. perjalanan untuk mencapai pos satu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Estimimasi Pendakian

Estiminasi Pendakian Gunung Bismo via Sikunang kurang lebih memakan waktu sekitar 2-4 jam, kalian dapat menempuh pendakian dengan lebih cepat asalkan memiliki fisik yang cukup bagus.

Berbeda halnya dengan basecamp gunung bismo yang lainya, bismo via Sikunang dapat kalian tempuh lebih cepat. Perjalanan untuk mencapai puncak Gunung Bismo trek yang dilalui lebih mudah dan sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula

Selain itu, kalian juga bisa berwisata sekaligus ke kawasan pengunungan Dieng. karena Gunung Bismo masih satu kawasan dengan Pegunungan Dieng.

Rute Menuju Basecamp via Sikunang


                    

  1. Dari Pusat kota langsung menuju arah Makam Mbah Muntaha (Alun-Alun Wonosobo)
  2. Pertigaan Agripeni, Ambil Kiri, Arah Unisiq Lurus, Pertigaan Kalibeber Ambil Lurus sampai Mojo Tengah.
  3. Sesampainya di sana kalian dapat menemui plang menuju arah basecamp kalian juga dapat menanyakan warga sekitar
  4. Setelah itu kalian dapat menanyakan warga sekitar, bisa juga menggunakan goggle maps.
Berikut ini adalah Tips mendaki Gunung Bismo

1.Membawa Jas Hujan
Untuk mengantisipasi cuaca yang tidak bisa ditebak, kalian wajib membawa jas hujan atau mantel

2.Matikan Smartphone saat cuaca buruk
mematikan smartphone saat cuaca buruk harus dilakukan untuk mengatisipasi kejadian yang tidak dininginkan seperti tersambar petir.

3.Membawa Pakian Ganti
Kalian wajib membawa pakian ganti yang dibungkus dengan plastik. Apalagi jika kalian mendaki gunung bismo saat musim hujan.

4.Membuang sampah pada tempatnya
Sebagai pegiat alam kita harus menjaga serta melestarikan alam dengan cara membuang sampah pendakian ketempatnya. kalian dapat membungkus sampah kalian menggunakan trash bag.

5.Jangan menggambil apapun kecuali foto
Slogan diatas dapat kalian temui disemua basecamp gunung. kalian wajib menjaga serta merawat apapun yang berada di alam bebas.