Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pemandian Air Clereng, Mata air Pegunungan Menoreh

Jogja merupakan kota yang dijuluki sebagai kota pelajar. Selain dijuluki kota pelajar ternyata jogia juga disebut sebagai kota wisata.Di jogja kalian dapat menikmati berbagai wisata, mulai dari wisata alam, budaya bahkan kuliner.

Berbicara tentang jogja tentu tidak asik jika tidak membas tentang wisata, Kulon Progo merupakan kabupaten yang berada di sisi selatan jogja.

Saat kalian berkunjung ke Kulon Progo banyak wisata yang wajib anda coba, misalnya wisata kalibiru, sungai mudal dan lain-lain.

Baca Juga: Menikmati Wisata Sungai Mudal

Kali ini sobat yana akan membahas tentang wisata pemandian air clereng . Pemandian Clereng merupakan salah satu pemandian alami yang berada di Dusun Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta.
Wisata Pemandian Air Clereng, Air Alami Pegunungan Menoreh
Pemandian Clereng Alami (foto/lukmanh)
banyak orang yang percaya bahwa siapa yang mandi ditempat ini dipercaya sebagian orang dapat membuat awet muda, memberikan keselamatan, keberhasilan dan ketentraman

Pemandian clereng merupakan pemandian yang masih aktif sampai sekarang ini, dahulu tempat ini hanya rimbunan hutan dan terdapat sumber mata airnya. Tidak jauh dari mata air Pemandian 

Seiring berkembangnya zaman, tenpat yang dulu terdapat mata airnya sekarang dibuka untuk umum dengan membuat beberapa kolam pemandian.Di clereng kalian dapat menemui 2 kolam buatan dan 1 kolam alami. 2 kolam buatan masing-memiliki kedalaman 1 meter dan 1- 2 meter.

Fasilitas Pemandian Clereng

Wisata pemandian ternyata memiliki fasilitas yang cukup memadai. Di sana kalian dapat menyewa berbagai peralatan renang mulai dari pelampung, ban dan kaca mata. selain itu terdapat juga kamar mandi , warung dan tempat makan. 

Kalian dapat menikmati suasana sejuknya pepohonan dengan membeli makanan diwarung, disana terdapat beberapa jajanan yang cukup lengkap dan makanan khas kulon progo yaitu geblek.

harga makanan di lokasi cukup murah dan sangat bersahabat, kalian dapat membeli geblek dengan harga 5000 saja, selain geblek disana juga terdapat beberapa jajanan desa seperti tempe dan cilok

Hal Unik di Pemandian Clereng.

Di pemandian clereng kalian dapat melihat pohon yang berakar menjalar sampai bawah, dibawah pohon tersebut terdapat sumber mata air masyarakat biasanya menyebutnya dengan Sendang.

di pemandian juga terdapat makam Kyai Pakujati dan Petilasan Sunan Kalijaga, di hari-hari tertentu sering dikunjungi oleh peziarah, mkonon saat penyebaran agama islam di pulau jawa sunan kali jaga pernah singgah di Pemandian Clereng ini

Selain itu juga terdapat makam zaman dahulu yang berada di atas sendang. Pada tahun 2000an tempat itu pernah digunakan untuk uji nyali disalah satu stasiun swasta negeri.

Rute Menuju Pemandian Clereng

                                 

Pemandian Clereng merupakan sumber mata air yang berada di perbukitan menoreh dan digunakan sebagai kolam renanang, air minum dan irigasi sawah. Pemandian ini terletak di Sendangsari, Pengasih dan 30 km dari pusat kota jogja.