Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Kendil Kulon Progo, Spot foto dari Perbukitan Menoreh

Wisata Gunung Kendil Kulon Progo - Pegunungan Menoreh merupakan pegunungan yang membentang dari Barat Kulon Progo dan berada di sebelah timur Kabupaten Purworejo. Gunung kendil merupakan wisata yang berada di Dusun Ngalmbur, Desa Sidoharjo , Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo .

Lokasi Gunung Kendil sendiri tidak jauh dari Puncak Suroloyo. Pengunjung juga dapat mengunjungi puncak Suroloyo karena masih satu arah.

Wisata Gunung Kendil memiliki pemandangan yang sangat indah untuk kalian kunjungi. Sangat di sayangkan jika kalian sedang berada di Kulon Progo tidak mengunjungi wisata yang satu ini. Gunung Kendil sangat cocok untuk kalian yang ingin mendaki gunung tetapi tidak terlalu menguras tenaga.

Gunung Kendil Samigaluh

Gunung Kendil Kulon Progo, Spot foto dari Perbukitan Menoreh
Foto (ig/gunungkendil_kp)
Wisata ini sangat cocok bagi kalian pecinta alam, mengingat situasi yang sekarang yang masih terjadi pandemi. Gunung Kendil menjadi tujuan yang pas mengingat lokasi dan trek yang dilalui tidak terlalu susah, kalian bisa mengajak teman, sahabat bahkan keluarga untuk sekedar berwisata/camping ditempat ini.

Wisata Gunung Kendil merupakan salah satu wisata baru yang baru dibuka. Wisata ini sangat cocok buat wisatawann yang ingin melepas penat akibat bekerja seharian.

Lokasi Gunung Kendil

Lokasi Gunung Kendil berada di Samigaluh, Kulon Progo. Kalian bisa mengambil arah ke Puncak Surloyo, pasalnya wisata ini satu jalan dengan Wisata Puncak Suroloyo. Kalian juga dapat menggunakan Goggle Maps dengan menggetik kata kunci Lokasi Wisata Gunung Kendil Kulon Progo. di Goggle maps sudah sudah tertandai di mana lokasi ini berada.

   

Faslitas dan Harga Tiket Masuk Gunung Kendil

Selain memiliki pemandangan sunrise yang sangat bagus, gunung kendil ternyata memiliki fasilitas yang memadai. Pengunjung dapat menikmati fasilitas tempat parkir, warung makan, spot foto, toilet, mushola dan camping ground. Fasilitas di gunung kendil, antara lain

1.Tempat Parkir
Pihak pengelola wisata gunung kendil kulon progo sudah menyediakan tempat parkir buat pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan mobil

2.Warung Makan
Sama halnya dengan wisata umumnya, di wisata gunung kendil pengunjung dapat membeli makanan maupun minuman di warung makan. Warung makan senidiri dikelola oleh masyarakat sekitar dengan tujuan untuk menaikan roda ekonomi. Warung makan di bukit kendil hanya buka saat pagi hingga sore hari saja

3.Spot Foto
Pengunjung dapat menikmati pemandangan rimbunanya pepohonan hijau yang berada di sebelah barat. Wisata ini sangat cocok bagi para pemburu senja, karena lokasi yang menghadap barat membuat pemandangan matahari tenggelam sangatlah bagus.

4.Toilet
Wisatawan dapat menggunakan toilet untuk buang air kecil maupun besar. Toilet ini dibuat oleh kerjasama antara pengelola dan warga sekitar. 

5.Mushola
Bagi wisatawan yang beragama muslim tidak usah khawatir jika belum melaksanakan sholat, diwatu ngadek sudah disediakan mushola dan peralatan ibadah seperti sarung, mukena dan peci.

6.Gazeebo
Buat wisatawan yang ingin bersantai dapat menggunakan gazzebo yang tersedia. Lokasi ini sangat cocok buat menikmati liburan bersama teman, sahabat dan keluarga.

Untuk saat ini (Agustus 2020) pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari atas gunung kendil, tarif harga resmi belum keluar (Gratis) .Pengunjunga hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 untuk kendaraan bermotor dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat. Harga tersebut cukup murah untuk menikmati pemandangan yang cukup bagus
  • Parkir Motor Rp.2000
  • Parkir Mobil Rp.5000
  • Camping Rp.5000 - Rp.10.000

Daya Tarik Wisata Gunung Kendil

Gunung Kendil Kulon Progo, Spot foto dari Perbukitan Menoreh
Foto (ig/gunungkendil_kp)
Gunung Kendil Kulon Progo, Spot foto dari Perbukitan Menoreh
Foto (ig/gunungkendil_kp)
Objek Wisata Gunung Kendil yang berada di Samigaluh ini masih jarang di ketahui oleh para wisatawan. Wisata ini baru dibuka secara resmi beberapa tahun lalu, wisata ini juga masih dikelola oleh perseorangan saja.

Meski begitu pemandangan di Gunung Kendil tidak kalah dengan gunung yang berada di jawa tengah. Kalian dapat melihat Kulon Progo dari atas gunung kendil.

Pengunjung dapat menikmati segarnya udara pegunungan menoreh sambil menikmati kopi. Selain itu kalian dapat melihat sunset yang bagus di gunung kendil ini. Jika cuaca sedang bagus pengunjung bahkan bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu disebelah utara. sedangkan dari arah barat tampak pemandangan Gunung Sindoro Sumbing.

Bagi pengunjung yang ingin mendirikan tetap harus memperhatikan peraturan layaknya berada di gunung. Pengunjung tidak boleh menggambil apapun kecuali foto, tidak boleh membuang sampah sembarangan dan yang terakhir tidak boleh berbuat mesum di puncak gunung kendil.