Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Kembar

Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari Harga Tiket: Rp2.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon:0821-1414-3300 Alamat: Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.
Air Terjun Randusari - Bantul tidak hanya terkenal dari wisata kuliner, budaya maupun wisata edukasi. Kabupaten yang berada di sebelah barat kota jogja juga terkenal dengan wisata alamnya yang cukup bagus. Banyak wisata yang terkenal dari bantul seperti Kebuh Buah Mangunan, Goa Selarong dan Pantai Kuwaru. Akhir-akhir ini terdapat wisata yang sedang bomming yaitu  Air Terjun Randusari.

Asal mula diberi nama Air Terjun Randusari karea di sebelah air terjun terdapat Pohon Kapuk tetapi masyarakat biasa menyebutnya dengan Pohon Randu. Kata sari sendiri memiliki arti utama. Dahulu air ditempat ini digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata.

Wisatawan akan di suguhkan dengan pesona alam serta pemandangan air terjun yang menyegarkan mata. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dengan kedalam kolam sekitar 1 sampai 2 meter. Wisatawan juga dapat bermain air dengan berenang untuk melepas penat akibat bekerja seharian. Hal yang harus di perhatikan adalah terdapat bebatuan yang cukup licin di sekitar air terjun.
Harga Tiket dan Lokasi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Kembar
Pemandangan Air Terjun Randusari ditambah dengan sejuknya udara pedesaan (Ig/intan.rizkiamalia)
Bagi anda yang tidak ingin basah-basahan wisatawan juga dapat bersantai menggunakan hammock di sekitar air terjun. Hal unik yang akan pengunjung jumpai adalah bentuk air terjun yang menyerupai kembar karena terdapat dua air terjun sekaligus yang bersebelahan. Sumber mata air terjun ini berasal dari mata air Ngreboh. Mata air itu juga di gunakan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Setawing

Selain memiliki air yang jernih, wisata randusari juga memiliki tempat yang masih asri, cocok buat kalian yang ingin mengabadikan foto dengan tema alam. Selain itu para pengunjung dapat memasang hammock di pohon kelapa yang ada.

Lokasi Air Terjun Randusari

Para wisatawan dapat  mengunjungi wisata air terjun randusari dengan mudah. Seiring dengan wisata di kabupaten bantul yang sudah mulai meningkat. Pemerintah Bantul sudah mulai memfalisitasi misalnya saja Jalan menuju wisata dapat di lalui menggunakan kendaran pribadi maupun motor.

Lokasi Air Terjun Randusari berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Wisata yang satu ini masih satu jalan dengan wisata Kebun Buah Mangunaan dan Bukit Mojo Gumelem 

                              

Rute Menuju Air Terjun Randusari

Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjend Katamso lalu lurus sampai menemukan perempatan ke arah timur melewati Jl Kolonel Sugiono. Sesampainya di Jl Sisingamaraja terus ambil arah ke arat menuju Jl Imogiri Barat.

Setibanya di Jl Imogiri arahkan kendaraan anda menuju Jl Dewa Ruci terus sampai menemukan pertigaan menuju Jl Imogiri Timur terus lanjutkan perjalanan menuju Jl Jejeran - Pleret, jika menemukan pertigaan ambil arah ke selatan menuju Jl Pleret ikuti jalan tersebut ke timur sampai menemukan Jl Segoroyoso.

Dari Jl Pleret- Pathuk ambil arah menuju Jl Patuk - Dlingo kemudian ke timur sampai di Jl Dodongan kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jl Jatimulyo. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju Air Terjun Randusarui Bantul.

Jarak yang akan anda lalui sejauh 28 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. Waktu bisa lebih cepat atau lambat tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Baca Juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Harga Tiket dan Fasilitas Air Terjun Randusari

Bagi kalian yang ingin mencoba wisata air terjun tanjungsari pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.000 per orang, sedankan bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi. 

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Air Terjun Randusari tidak usah khawatir tentang fasilitasnya, adapaun fasilitas wisata air terjun randusari sebagai berikut:

1.Area Parkir
Wisata yang lagi trend juga sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. Tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Mushola

Jika kalian sedang menikmati goa kebon tidak usah khawatir jika belum menjalankan ibadah sholat bagi agama muslim. ditempat ini sudah disediakan mushola.

3.Kamar Ganti/MCK

Kalian juga dapat bermain atau bersantai bawah air terjun, tidak usah panik soal ganti pakaian pasalnya disini sudah disediakan kamar ganti. Kamar mandi disini cukup bersih.

4.Warung Makan

Diwisata yang lagi ngetrend iju sudah terdapat warung makan yang cukup lengkap, bagi kalian yang habis perjalanan jauh tidak usah khawatir. Harga makanana disini juga cukup murah

Harga Tiket dan Lokasi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Kembar
Pemandangan air terjun kembar (Picture Ig/ rentalmobiljogjajo)

Daya Tarik Air Terjun Randusari

Bila kalian mengamati dengan jeli, Air terjun ini seolah-olah seperti kembar. Penamaan Randusari berawal dari pohon Randu atau Kapus yang cukup besar. Dengan kondisi air yang masih jernih dan segar pengunjung dapat bermain air atau sekedar bersantai menikmati pemandangan sekitar untuk melepas penat.

Pengunjung juga dapat memasang Hammock di dua pohon kelapa yang bersebrangan. Dengan suasana yang masih sepi ditambah dengan sejuknya udara pedesaan tentu membuat pengjung betah berlama-lama di wisata ini. Kalian juga dapat mengajak teman, sahabat bahkan keluarga untuk meikmati wisata yang satu ini.

Hal yang dapat anda lakukan selain beransatai di hammock adalah bermain air di bawah air terjun. Kondisi air yang sangat jernih membuat pengunjung betah berlama-lama di wisata ini. Selain itu, anda harus mewaspadai bebatuan yang cukup licin saat anda bermain air.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Bernuansa Ubud, Bali

Wisata Dekat Air Terjun Randusari Bantul

  • Air Terjun Lepo Dlingo
  • Air Terjun Banyunibo
  • Hutan Pinus Pengger
  • Hutan Pinus Asri
  • Rumah Hobbit Mangunan
  • Air Terjun Lepo
  • Air Terjun Tuwondo
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun randusari bantul. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata alam lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul yang indah.