Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Randusari Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Randusari Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 06.00-17.30 No. Telepon: 083114143300- Alamat: Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.
Air Terjun Randusari - Banyak tempat wisata yang terkenal dari bantul seperti Kebuh Buah Mangunan, Goa Selarong dan Pantai Kuwaru. Akhir-akhir ini terdapat wisata yang sedang bomming yaitu  Air Terjun Randusari.

Asal mula diberi nama Air Terjun Randusari karena di sebelah air terjun terdapat Pohon Kapuk tetapi masyarakat biasa menyebutnya dengan Pohon Randu. Kata sari sendiri memiliki arti utama. Dahulu air ditempat ini digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. 

Air Terjun Randusari Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
 Air Terjun Randusari Bantul (Image Source: Instagram)
Selain memiliki air yang jernih, wisata randusari juga memiliki tempat yang masih asri, cocok buat kalian yang ingin mengabadikan foto dengan tema alam. Selain itu para pengunjung dapat memasang hammock di pohon kelapa yang ada.

Baca Juga: Puncak Sosok Bawuran: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Randusari

Alamat Air Terjun Randusari berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Wisata ini masih satu jalan dengan wisata Kebun Buah Mangunaan dan Bukit Mojo Gumelem 

                              

Rute Menuju Air Terjun Randusari

Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjend Katamso lalu lurus sampai menemukan perempatan ke arah timur melewati Jl Kolonel Sugiono. Sesampainya di Jl Sisingamaraja terus ambil arah ke arat menuju Jl Imogiri Barat.

Setibanya di Jl Imogiri arahkan kendaraan anda menuju Jl Dewa Ruci terus sampai menemukan pertigaan menuju Jl Imogiri Timur terus lanjutkan perjalanan menuju Jl Jejeran - Pleret, jika menemukan pertigaan ambil arah ke selatan menuju Jl Pleret ikuti jalan tersebut ke timur sampai menemukan Jl Segoroyoso.

Dari Jl Pleret- Pathuk ambil arah menuju Jl Patuk - Dlingo kemudian ke timur sampai di Jl Dodongan kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jl Jatimulyo. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju Air Terjun Randusarui Bantul.

Jarak yang akan anda lalui sejauh 28 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. Waktu bisa lebih cepat atau lambat tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Randusari

Bagi kalian yang ingin mencoba wisata air terjun tanjungsari pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya lainya seperti parkir kendaraan.

HARGA TIKET AIR TERJUN RANDUSARI
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Air Terjun Randusari

Selain memiliki keindahan air terjun yang memukau, objek wisata bantul ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan

Daya Tarik Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Air Terjun Randusari Yogyakarta (Image Source: Instagram)

Bila kalian mengamati dengan jeli, Air terjun ini seolah-olah seperti kembar. Penamaan Randusari berawal dari pohon Randu atau Kapus yang cukup besar. Dengan kondisi air yang masih jernih dan segar pengunjung dapat bermain air atau sekedar bersantai menikmati pemandangan sekitar untuk melepas penat.

Pengunjung juga dapat memasang Hammock di dua pohon kelapa yang bersebrangan. Dengan suasana yang masih sepi ditambah dengan sejuknya udara pedesaan tentu membuat pengjung betah berlama-lama di wisata ini. 

Hal yang dapat anda lakukan selain beransatai di hammock adalah bermain air di bawah air terjun. Kondisi air yang sangat jernih membuat pengunjung betah berlama-lama di wisata ini. Selain itu, anda harus mewaspadai bebatuan yang cukup licin saat anda bermain air.

Keunikan Air Terjun

Wisatawan akan di suguhkan dengan pesona alam serta pemandangan air terjun yang menyegarkan mata. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dengan kedalam kolam sekitar 1 sampai 2 meter. 

Bagi anda yang tidak ingin basah-basahan wisatawan juga dapat bersantai menggunakan hammock di sekitar air terjun. 

Hal unik yang akan pengunjung jumpai adalah bentuk air terjun yang menyerupai kembar karena terdapat dua air terjun sekaligus yang bersebelahan. Sumber mata air terjun ini berasal dari mata air Ngreboh.

Wisata Dekat Air Terjun Randusari Bantul

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata bantul yang berada di ketinggian sekitar 200 mdpl. Objek wisata ini biasa disebut dengan negeri diatas awan karena wisatawan dapat melihat pemandangan awan saat pagi hari.

Alamat Kebun Buah Mangunan berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem menjadi salah satu wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki banyak spot foto yang Instagramable. Wisata ini letaknya berada di samping Bukit Panguk Kediwung.

Alamat Bukit Mojo Gumelem berada di Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun randusari bantul. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata alam lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul yang indah.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.