Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Banyunibo Bantul, Wisata Air Terjun di Jogja

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 17.00 Jam No. Telepon: - Alamat: Kobrokan Wetan, Sendangsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55751.

Curug Banyunibo Bantul - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mencoba destinasi wisata alamnya yang terkenal. Kota yang terkenal dengan kota budaya ini memiliki wisata air terjun yang sangat segar tentunya. Salah satu wisata air terjun yang terkenal di daerah Bantul adalah Curug Banyunibo.

Curug Banyunibo merupakan salah satu tempat wisata baru yang berada di Bantul, sebetulnya wisata ini sudah lama namun banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaanya. Wisata ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan pada tahun 2013 hingga sekarang, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini saat hari biasa maupun akhir pekan.

Lokasi Curug ini berada ditengah hutan yang masih belum mendapatkan perhatian oleh instansi terkait. Akses menuju curug juga belum dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi dan motor. Tetepai masyarakat setempat sudah memperbaiki akses dan beberapa fasilitas di Curug Banyunibo. Karena lokasinya yang berada ditengah hutan, wisatawan yang akan menikmati segarnya air terjun ini harus berjalan kaki dari tempat parkir.

Harga Tiket dan Lokasi Curug Banyunibo Bantul, Segarnya Mata Air Alami
Pemandangan Curug Banyunibo yang masih asri (Ig/yopadiehehe)
Curug Banyunibo memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, karena lokasinya yang berada dihutan, air yang dihasilkanya cukup jernih serta memiliki debit yang relatif rendah. Bagi wisatawan yang akan menikmati kesegaran air terjun alami dapat berendam atau bermain air. Selain itu, wisatawan juga dapat bersantai di gazebo yang sudah disediakan.

Suasana yang alami ditambah dengan segarnya udara sekitar membuat pengunjung betah beralma-lama diwisata ini. Wisata Curug Banyunibo sangat direkomendasikan bagi kalian yang penat akibat bekerja seharian.

Baca Juga: Air Terjun Jurang Pulosari Bantul

Lokasi Curug Banyunibo

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi ini harus mempersiapkan kendaraan terlebih dahulu, karena anda kan melewati beberapa jalan yang memiliki medan yang terjal. Lokasi air terjun ini juga dapat anda temukan menggunakan Goggle Maps.

Alamat Curug Banyunibo berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

                          

Rute Menuju Curug Banyunibo

Bagi anda yang sedang berada di malioboro atau kota jogja bisa menggunakan rute berikut ini untuk menjangkau objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju KH Ahmad Dahlan kemudian lurus hingga sampai di Jl Wates ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan lalu belok ke kiri, sampai pertigaan belok ke selatan menuju Jl Nasional 3.

Dari Jl Nasional arahkan kendaraan anda ke selawan menuju Jl Rindang, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Jl Bibi Raya, ikuti lagi jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu belok ke barat menuju Jl Pandu Dewonoto. Iktui saja jalan tersebut hingga sampai di lokasi wisata.

Jarak yang akan anda tempu dari pusat kota jogja hingga curug banyunibo sekitar 16,5 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 35 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Candi Banyunibo : Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru 

Harga Tiket Masuk Curug Banyunibo

Wisatwan yang akan berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu khawatir mengenai harga tiket, sebab wisata ini belum diresmikan oleh dinas terkait. Wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Wisata yang menyajikan segarnya mata iar alami dan memiliki pemandangan bagus dengan latar belakang berupa air terjun. Wisata Curug Banyunibo ini buka dari pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 17.00 sore.

Baca Juga: Harga Tiket dan Lokasi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Kembar

Fasilitas Curug Banyunibo

Kamar Mandi
Pengelola sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat. selain itu kalian dapat menggunakan kamar mandi untuk berganti pakaian jika berenang di air terjun.

Tempat Parkir
Wisata Curug Banyunibo memiliki halaman parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir gunung lanang cukup luas.

Warung Makan dan Minum
Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

Tempat Ibadah
Pengunjung yang datang khusunya yang beragama muslim tidak usah khawatir, pasalnya di wisata ini sudah disediakan tempat untuk ibadah.

Daya Tarik Curug Banyunibo

1. Air Terjun Alami

Saat berkunjung ke wisata air terjun jogja ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang cantik, sehingga akan membuat pikiran anda terasa lebih segar. Saat pertama kali tiba di curug ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat menenangkan. Apalagi lokasinya yang berada sedikit dalam hutan tentu akan membuat liburan anda semakin berkesa.

2. Bersantai di Gazebo

Bagi wisatawan yang tidak ingin berbasah-basahan dapat bersantai di gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan air terjun yang tiada tara. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah debit curug saat musim hujan cukup deras, sehingga harus sedikit berhati-hati.

3. Bermain Air

Berkunjung ke curug atau wisata air terjun kurang lengkap rasanya jika tidak bermain air. Wisatawan dapat bermain air dengan berenang maupun berbasah-basahan disekitar curug. Akan tetapi anda harus sedikit berhati-hai karena bebatuan disekitar curug cukup licin.

4. Mengabadikan Moment

Sesudah menikmati kesegaran curug banyunibo bantul, anda harus mengabadikan moment dengan berfoto. Berselife ria dengan landscape air terjun tentu akan menjadikan sosial media anda nampak dengan nuansa alam. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengabadikan moment.

Wisata Dekat Curug Banyunibo

1. Air Terjun Randusari

Asal mula diberi nama Air Terjun Randusari karea di sebelah air terjun terdapat Pohon Kapuk tetapi masyarakat biasa menyebutnya dengan Pohon Randu. Kata sari sendiri memiliki arti utama. Dahulu air ditempat ini digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata.

2. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo Yogyakarta merupakan salah satu candi yang bercorak agama Budha, letaknya tidak jauh dari Candi Ijo. Candi Banyunibo didirikan oleh pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 masehi. Bangunan atas candi terdapat sebuah setupa yang merupakan stupa khas dari candi bercorak budha.

3. Curug Pulosari

Curug Pulosari Waterfall merupakan air terjun yan berada di bantul yang sangat indah, nama pulosari sendiri di ambil dari ukuran air terjunya yang kecil dan keberadanya di tempat tersebut. Air terjun ini berada di bawah jurang. Sesampainya di tempat wisata, pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan iar terjun yang indah dan cantik. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana asrinya pepohonan yang berada di sekitar air terjun, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Penutup

Berikut diatas merupakan ulasan artikel dari yanacircle.com tentang wisata curug banyunibo bantul. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam selanjutnya bisa melihat tempat wisata di bantul lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.