Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Embung Banjaroyo Kalibawang

Embung Banjoroya adalah salah satu embung yang berada di Kabupaten Kulon Progo, embung yang memiliki kapasitas 10 ribu kubik ini menjadi kawasan yang sering dikunjungi oleh warga maupun para wisatawan. Pembangunan embung ini bertujuan untuk menampung air hujan dan merupakan proyek dari kebun monokultur sebagai salah satu ciri khas Kalibawang.

Embung Banjaroyo Kalibawang

Harga Tiket dan Lokasi Embung Banjaroyo Kalibawang
Pemandangan Sunset di Embung Banjaroyo (Ig/damianusandrian)
Embung Bajaroya adalah waduk buatan yang memiliki ukuran cukup kecil, waduk ini dibuat untuk irigasi pertanian dan sebagai penampung air saat musim hujan datang. Pebentukan embung dasarnya sebagai irigasi perairan terutama saat musim kemarau tiba, selain itu embung ini di manfaatkan di bidang pertanian dengan memelihara ikan sekaligus di dalam embung.

Baca Juga:Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Embung Bajaroya memiliki luas kurang lebih 65 x 80 meter dan mampu menampung air hingga 10 ribu meter kubik. Air dari embung ini dapat mengairi kurang lebuh 30 hektar kebun durian yang berada di wilayah Kalibawang.

Hal Unik di Embung Banjoroyo

Berada di perbukitan menoreh membuat embung banjroyo memiliki udara yang sangat sejuk, di sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan dengan hutan segar yang masih alami. Selain itu, kalian juga dapat memberi makan ikan yang berada di embung banjoyo, untuk harga pakan dapat kalian beli dengan hagra Rp.2000 rupiah saja.

Selain itu, pembangunan embung sendiri bertujuan sebagai salah satu kawasan Agrowisata serta menjadikan pariwisata di Kulon Progo kusunya kapanewon Kalibawang. Pengembangan wisata ini diharapkan sejalan dengan target pembangunan.


Lokasi dan Rute Menuju Embung Banjoroyo

Embung Banjoro berada di Jl. Kalibawang- Sendang sono, Tonogoro, Banjoroyo, Kapanewon Kalibawang. Rute Menuju menuju embung banjoroyo dari pusat kota Jogja. Ambil Jalan menuju arah Wates. Setelah sampai di wates kalian bisa mengambil arah menuju Waduk Sermo dilanjutkan menuju Jl. Kalibawang-Sendang sono, ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk wisata. Jika kalian masih binggung kalian dapat menggunakan Goggle Maps.

Harga Tiket Masuk

Selain menjadi lokasi Agrowisata, embung banjoroyo juga menjadi destinasi tujuan para wisatawan. Untuk memasuki wisata ini kalian akan dikenakan harga tiket sebesar Rp.5000 rupiah, itu sudah termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas Embung Banjaroyo

Pada musim liburan embung banjoryo banyak dikunjungi oleh wisatawa, biasanya para wisatawan berselife dengan ikon embun banjoroyo yaitu tugu durian. Selain itu suasana yang tentram ditambah dengan sejuknya udara pegunungan menoreh membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Adapaun fasilitas yang dimiliki embung banjaryo sebagai berikut:

1.Kamar Mandi
Kalian tidak usah kawatir jika ingin buang air besar maupun kecil, disini sudah disediakan Toliet yang terawat dan bersih

2.Tempat Parkir

Embung Banroyo juga memilik lahan parkir yang cukup luas, selain itu lahan parkir tertata dengan rapi dan bagus

3.Warung Makan dan Minum

Di sini sudah disediakan warung yang menjual beraneragaman makanan maupun minuman dan harganya sangat bersahabat di kantong

4.Gazebo

Kalian bisa menggunakan Gazebo ini untuk sekedar berkumpul sambil menikmati pemandangan perbukitan menoreh di embung yang berada di ketinggian 700 mdpl ini

5.Spot Foto

Fasilitas yang satu ini dapat kalian Embung Banjoryo, pengelola sudah menyediakan spot foto yang berupa tugu durian yang menjadi ciri khas daerah tersebut. pengelola juga menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment bersama sahabat, teman, dan keluarga