Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Embung Banjaroya Kalibawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Embung Banjaroya Kalibawang

Embung Banjaroya Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl Kalibawang - Sendang Sono, Tonorego, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55672.
Embung Banjaroya Kalibawang - Kulon Progo merupakan daerah yang terkenal dengan wisata alamnya yang terkenal seperti Kalibiru dan Sungai Mudal. Salah satu wisata alam yang berada di sebelah utara kulon progo dengan pemandangan yang indah yiatu Embung Banjoroyo Kalibawang.

Embung Banjoroya adalah salah satu embung yang berada di Kabupaten Kulon Progo, embung yang memiliki kapasitas 10 ribu kubik ini menjadi kawasan wisata kulon progo yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. 

Pembangunan embung ini bertujuan untuk menampung air hujan dan merupakan proyek dari kebun monokultur sebagai salah satu ciri khas Kalibawang.

Embung Banjaroya Kalibawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan Sunset di Embung Banjaroya (Ig/damianusandrian)
Embung Bajaroya adalah waduk buatan yang memiliki ukuran cukup kecil, waduk ini dibuat untuk irigasi pertanian dan sebagai penampung air saat musim hujan datang.

Pembangunan embung ini bertujuan sebagai irigasi perairan terutama saat musim kemarau tiba, selain itu embung ini di manfaatkan di bidang pertanian dengan memelihara ikan sekaligus di dalam embung.

Baca Juga: Air Terjun Perawan Sidoharjo: Lokasi, Rute dan Harga Tiket 

Lokasi Embung Banjoroya Kalibawang

Bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan dari waduk mini embung banjaroyo dapat menemukan lokasinya menggunakan aplikasi Goggle Maps.

Alamat Embung Banjaroyo Kalibawang berada di Embung Banjoro berada di Jl. Kalibawang - Sendang sono, Tonogoro, Banjoroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute Menuju Embung Banjaroya

Rute Menuju menuju embung banjoroyo dari pusat kota Jogja. Ambil Jalan menuju arah Wates. Setelah sampai di wates kalian bisa mengambil arah menuju Waduk Sermo dilanjutkan menuju Jl. Kalibawang-Sendang sono, 

ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk wisata. Jika kalian masih binggung kalian dapat menggunakan Goggle Maps.

Jarak yang akan lewati dari pusat kota jogja menuju lokasi wisata sekitar 40 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau motor.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo Samigaluh

Harga Tiket Masuk Embung Banjaroya

Selain menjadi lokasi Agrowisata, embung banjoroyo juga menjadi destinasi tujuan para wisatawan. Untuk memasuki wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas Embung Banjaroya

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, pihak pengelola wisata juga sudah menyediakan fasilitas yang lengkap guna menunjang aktivitas para wisatawan yang datang. Beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati diantaranya sebagai berikut.
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Pakan ikan

Jam Oprasional

Objek wisata embung mini banjaroya beroprasi selama 24 jam.

Daya Tarik Embung Banjaroya

Patung Durian

Embung Banjaroya Kalibawang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Patung Durian Menoreh Kuning (Image Source: eksotisjogja.com)
Saat pertama kali sampai di embung tonogoro, anda akan melihat sebuah patung yang berbentuk durian. Patung tersebut merupakan simbol, bahwa didaerah tersebut menjadi salah satu penghasil durian terbaik di kulon progo. Pengunjung dapat menggunakan patung tersebut sebagai latar belakang foto.

Memberi Makan Ikan

Selain dapat menikmati keindahan alam sekitar embung, wisatawan juga dapat memberi ikan menggunakan pelet. Dengan harga dua ribu rupiah anda sudah mendapatakan pelet yang cukup banyak. Kebanyakan ikan yang berada di embung adalah ikan nila.

Kebun Bunga

Setelah melewati tugu durian menoreh kuning, anda dapat mengelilingi embung dengan berjalan kaki. Saat itu, anda akan dihadaptkan dengan taman bunga yang berada di sekeliling embung. Uniknya lagi taman tersebut memiliki berbagai bunga warna-warni yang cantik.

Pemandangan Sunset

Tempat ini juga menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset. Biasanya para fotografer menikmati sunset sambil bersantai di gazebo yang sudah disediakan.

Wisata Dekat Embung Banjaroya

Embung Krapyak

Embung Krapyak Kulon Progo merupakan salah satu tempat liburan yang menawarkan sensasi berwisata yang seru. Embung ini biasa digunakan sebagai tempat memancing. Selain itu, banyak wisatawan yang menjadikan waduk ini menjadi background foto.

Alamat Embung Krapyak berada di Pantok Weta, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo.

Watu Tekek

Taman wisata Watu Tekek merupakan wisata baru yang berada di Kulon Progo. Objek ini berada di perbukitan menoreh, dari puncak ini wisatawan dapat menikmati panorama alam kulon progo yang sangat indah. Terdapat beberapa spot foto dari kayu yang dapat anda gunakan untuk berfoto.

Alamat Watu Tekek berada di Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata waduk mini embung banjaroyo. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kulon progo lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.