Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Kuwaru Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kuwaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55762.
Pantai Kuwaru - Bantul memang terkenal dengan wisatanya yang menyuguhkan tentang pemandangan sebut saja hutan pinus dlingo.. Tapi tahukah anda bahwa di bantul terdapat wisata pantai yang setiap hari libur selalu ramai dengan pengunjung.

Sebuah pantai yang terletak di selatan jogja itu bernama Pantai Kuwaru. Pantai Kuwaru sendiri adalah pantai yang memiliki pasir hitam. Sama halnya pantai yang berada di kulon progo, pantai kuwaru memiliki ombak yang cukup tinggi dan medan pasir agak menjorok kedalam.

Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan Pohon Cemara (Image Source: Instagram)
Sebelum sampai di lokasi pantai, wisatawan akan menjumpai pohon cemara yang berada di sepanjang jalan. Keberadaan pohon cemara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. 

Nah bagi kamu yang suka dengan kuliner laut, disekitar pantai juga terdapat nelayan yang menjual aneka jenis ikan yang masih fresh.
Baca Juga: Pantai Ngetun: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Pantai Kuwaru

Alamat Pantai Kuwaru berada di Kuwaru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Wisata pantai ini berjarak sekitar 30 kilometer dari Malioboro.

Rute Menuju Pantai Kuwaru

Jalan menuju pantai kuwaru dapat kalian lalui dengan mudah, kamu bisa memulai perjalanan dari pusat kota jogja. Selanjutya kalian bisa berjalan menuju arah barat hingga menemukan jalan Bantul. Sesampainya di Jalan Bantul ikuti jalan tersebut hingga sampai di Palbapang Bantul.

Dari Palbapang, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Samas. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk jalan menuju pantai Kuwaru. Pantai Kuwaru memiliki ciri khas yang cukup unik yaitu pohon cemara udang. Jika kalian masih merasa kebinggunan, kalian dapat menggunakan Goggle Maps.
Baca Juga: Pantai Drini Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket           

Harga Tiket Masuk Pantai Kuwaru

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata pantai kuwaru akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang cukup terjangkau di kantong.

HARGA TIKET PANTAI KUWARU
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Pantai Kuwaru

Selain terkenal dengan keberadaan pohon cemara, Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo

Daya Tarik Pantai Kuwaru

Panorama Pantai

Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pantai Kuwaru Bantul (Image Source: Instagram)
Terdapat hal yang cukup unik di pantai ini yaitu keberadaan pohon cemara yang cukup banyak. Nah keberadaan pohon cemara menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan. Jadi, wisatawan tidak perlu takut kepanasan lagi jika cuaca sedang terik.

Kolam renang

Di sekitar pantai juga terdapat wahana kolam renang untuk anak-anak. Harga yang dibandrol juga cukup murah yaitu Rp5.000 saja per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan sewa pelampung.

Bagi kamu yang ingin menikmati seafood di tempat, kamu juga bisa memilih beberapa warung yang berada di sekitar pantai. Menu yang disediakan juga cukup banyak, mulai dari ikan hingga aneka seafood.

Wahana ATV

Wisatawan juga dapat menikmati panorama pantai dan pohon cemara dengan berkeliling menggunakan ATV yang dapat kamu sewa. Tarif sewanya mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000 untuk 15 menit. Dengan begitu, kamu dapat leluasa untuk berkeliling pantai.

Tidak hanya wahana ATV saja, kamu juga dapat mencoba wahana motor trail.  Menggunakan motor trail akan lebih menantang aderenaline. Namun kamu harus tetap berhati-hati.

Wisata Dekat Pantai Kuwaru

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara dihubungkan dengan kebaradaan ratu pantai selatan atau yang biasa disebut Nyi Roro Kidul. Di pantai ini juga sering diadakan tradisi labuhan menggunakan seekor kambing kendit.

Alamat Pantai Goa Cemara berada di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo menjadi salah satu pantai yang dekat dengan muara sungai Progo. Nama Pandansimo sendiri berasal dari daerah "Pandan" yang berarti daun pandan, dan "Simo" yang berarti racun.

Alamat Pantai Pandansimo berada di Dea Poncosoari, Kec. Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Penutup
Demikian ulasan artikel tentang pantai kuwaru bantul. Kamu juga bisa mengunjungi pantai di jogja lainya yang tidak kalah indah dan beberapa tempat wisata bantul.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.