Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Pandansimo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Pandansimo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55762.
Pantai Pandansimo - Bantul merupakan daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam. Nah selain wisata alam, daerah ini juga memiliki wisata pantai yang cukup unik dibandingkan dengan lainya, yaitu Pantai Pandansimo.

Pantai yang memiliki kincir angin yang cukup besar ini berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Jogja. Wisata ini letaknya tidak jauh dengan muara sungai Progo.

Pantai Pandansimo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Foto Pantai Pandansimo (Image Source: Ig/muhlh_)

Pengunjung juga dapat bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang akan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, maupun sahabat.

Baca Juga: Pantai PandansariLokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sejarah Pantai Pandansimo

Sejarah Pantai Pandansimo cukup berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkuburowno VIII. Pantai ini diresmikan sebagai tempat tirakatan, pantai ini memiliki arti tersendiri dalam bahasa jawa "Pandan" berarti daun Pandan, sedangkan "Simo" berarti macam. 

Pantai ini menjadi tempat acara tirakat Keraton Jogja, biasanya acara tersebut dilalukan pada saat malam jumat kliwon.

Selain itu, Pantai pandansimo yang berbeda dengan tempat lainya adalah disini terdapat kincir angin raksasa. Kincir angin ini dibangun oleh Mahasiwa UGM dengan Kementrian riset dan Teknologi. Hal ini mengapa setiap akhir pekan atau musim liburan tiba banyak pengunjung yang memadati pantai ini.

Baca Juga: 60 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Terhits 2021

Lokasi Pantai Pandansimo

Alamat Pantai Pandansimo berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Pandansimo

Para wisatawan dapat menemukan lokasi pantai Pandansimo dengan mudah. Untuk menuju lokasi pengunjung akan melewati jalan yang mudah diakses, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan bermotor.

Jika kalian dari pusat kota jogja, kalian bisa menuju arah Kota Bantul. Sesampainya di sana ambil arah menuju perempatan Palbapang bantul lalu menuju jalan Srandakan. 

Ikuti jalan srandakan sampai menemukan bunderan Srandakan. Lokasi Pantai Pandansimo tidak jauh dari Bundaran Srandakan.
Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansimo

Wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata bantul yang satu ini akan dikenakan harga tiket sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan lain-lain. 

TIKET MASUK PANTAI PANDANSIMO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Pantai Pandansimo buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Pantai Pandansimo

Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan yang datang harus ikut serta menjaga, merawat serta menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Tempat Santai

Daya Tarik Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo memiliki banyak wahana seru dan objek foto yang berbeda dari wisata pada umumnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sepuasnya dan tentu membuat liburan anda semakin seru. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika berada di pantai ini.

Wahana ATV

Pantai Pandansimo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pantai Pandansimo Bantul (Image Source: Instagram)
Pengunjung dapat mencoba wahana ATV sambil berkeliling menikmati keindahan pantai, kalian bisa mengajak teman untuk mencoba wahana yang keren ini. Terdapat juga tarif harga untuk kalian yang ingin mencoba wahana ini.

Begitu banyak kegiatan yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke pantai pandansimo. Selain memiliki tempat yang bersih, wisata ini juga memiliki pemandangan yang indah terutama saat matahari tenggelam. 

Wisatawan juga dapat menyewa wahana ATV ( All Terrain Vehicle) di tempat persewaan dengan membayar Rp20.000 per orang selama 15 menit.

Tempat Camping

Bagi kalian yang ingin bermalam di pantai ini, pihak pengelola sudah menyediakan Camping Ground. Dengan bercamping kalian dapat menikmati pemandangan dimalam hari, tentu membuat liburan anda menjadi lebih berarti bersama teman-teman maupun keluarga.

Kincir Angin

Berbeda dengan pantai lainya di jogja, di Pantai Pandansari para pengunjung dapat melihat berbeda yaitu Kincir Angin. Kincir Angin ini dahulu adalah karya mahasiswa UGM dengan Kementrian Riset teknologi. 

Kekuatan yang dihasilkan dari satu kincir angin setara 2,5 kilowat hingga 10 kilowatt. Listrik yang berasal dari kincir angin itu digunakan untuk kebutuhan warga sekitar.

Wisata Dekat Pantai Pandansimo

Pantai Baru

Pantai Baru merupakan wisata yang terbilang cukup baru dibandingkan dengan wisata pantai bantul lainya. Meski begitu, tempat ini selalu ramai oleh wisatawan setiap harinya bahkan saat akhir pekan.

Alamat Pantai Baru berada di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Pantai Cemara Udang

Pantai Cemara Udang merupakan pantai yang ditumbuhi dengan pepohonan cemara udang dan terdapat salah satu mercusuar yang berukuran besar. Kedua objek tersebut sering digunakan sebagai latar belakang saat berfoto.

Alamat Pantai Cemara Udang berada di Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Berikut di atas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang Pantai Pandansimo. Bagi anda yang ingin mecoba wisata lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata pantai bantul yang terkenal. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.