Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Pantai Pandansimo Bantul, Tedapat Kincir Angin

Wisata pantai menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi untuk saat ini. Di Kabupaten Bantul terdapat pantai yang menyuguhkan pemandangan kincir angin seperti di negara Belanda. Pantai Pandansimo adalah pantai yang berada di Puncosari, Bantul, Yogyakarta.

Pantai yang memiliki kincir angin yang cukup besar ini berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Jogja. Pantai Pandansimo terletah tidak jauh dengan muara sungai Progo.

Baca Juga: Harga Tiket dan Lokasi Curug Banyunibo Bantul

Pantai Pandansimo memiliki arti tersendiri dalam bahasa jawa "Pandan" berarti daun Pandan, sedangkan "Simo" berarti macam. Pantai ini menjadi tempat acara tirakat Keraton Jogja, biasanya acara tersebut dilalukan pada saat malam jumat kliwon.

Wisata Pantai Pandansimo Bantul

Harga Tiket dan Lokasi Pantai Pandansimo Bantul
Pemandangan Pohon cemara sepanjang perjalanan menuju pantai (Ig/muhlh_)

Keunikan pantai pandansimo yang berbeda dengan pantai lainya adalah disini terdapat kincir angin raksasa. Kincir angin ini dibangun oleh kerjasama antara Mahasiwa UGM dengan Kementrian riset dan Teknologi. Hal ini mengapa setiap akhir pekan atau musim liburan tiba banyak pengunjung yang memadati pantai ini.

Selain itu, di Pantai Pandansimo terdapat wahana ATV yang dapat pengunjung sewa untuk berkeliling pantai. Pengunjung dapat menikmati segarnya udara pantai sambil melewati rindangnya pepohonan cemara. Pengunjung juga dapat bersantai dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara. Wisata ini sangat cocok buat kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lokasi Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo yang memiliki ciri khas kincir angin ini berada di Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bagi kalian yang sulit untuk menemukan lokasi pantai ini, bisa menggunakan Goggle Maps sebagai alternatif.

                                                     

Rute Menuju Pantai Pandansimo

Para wisatawan dapat menemukan lokasi pantai Pandansimo dengan mudah. Untuk menuju lokasi pengunjung akan melewati jalan yang mudah diakses, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan bermotor.

Jika kalian dari pusat kota jogja, kalian bisa menuju arah Kota Bantul. Sesampainya di sana ambil arah menuju perempatan Palbapang bantul lalu menuju jalan Srandakan. Ikuti jalan srandakan sampai menemukan bunderan Srandakan. Lokasi Pantai Pandansimo tidak jauh dari Bundaran Srandakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansimo

Bagi kalian yang ingin berlibur dengan budget yang sedikit, Pantai Pandansimo menjadi sangat direkomendasikan. Disini kalian dapat melihat pemandangan pephonan cemara, jika sampai sore pengunjung dapat melihat pemandangan matahar tenggelam (Sunset)

Bagi pengunjung yang ingin berlibur di Pantai Pandasari cukup siapakan uang sebesar Rp.5000 rupiah untuk harga tiket masuk. Bagi kalian yang membawa kendaraan roda dua kalian akan dikenakan parkir sebesar Rp.5000 sedangkan parkir kendaraan mobil sebesar Rp.10.000 Rupiah.
  • Harga Tiket Masuk Rp.5000 /orang
  • Parkir Motor Rp.5000 / motor
  • Parkir Mobil Rp.10.000/ mobil
  • Wahana ATV Rp.20.000

Daya Tarik Pantai Pandansimo

1.Wahana ATV
Pengunjung dapat mencoba wahana ATV sambil berkeliling menikmati keindahan pantai, kalian bisa mengajak teman untuk mencoba wahana yang keren ini. Terdapat juga tarif harga untuk kalian yang ingin mencoba wahana ini.

2.Tempat Camping
Bagi kalian yang ingin bermalam di pantai ini, pihak pengelola sudah menyediakan Camping Ground. Dengan bercamping kalian dapat menikmati pemandangan dimalam hari, tentu membuat liburan anda menjadi lebih berarti bersama teman-teman maupun keluarga.

3.Kincir Angin
Berbeda dengan pantai lainya di jogja, di Pantai Pandansari para pengunjung dapat melihat berbeda yaitu Kincir Angin. Kincir Angin ini dahulu adalah karya mahasiswa UGM dengan Kementrian Riset teknologi. Kekuatan yang dihasilkan dari satu kincir angin setara 2,5 kilowat hingga 10 kilowatt. Listrik yang berasal dari kincir angin itu digunakan untuk kebutuhan warga sekitar.

4.Tempat Parkir
Wisata Curug Banyunibo memiliki halaman parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir gunung lanang cukup luas.

5.Warung Makan dan Minum
Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

6.Tempat Ibadah
Pengunjung yang datang khusunya yang beragama muslim tidak usah khawatir, pasalnya di wisata ini sudah disediakan tempat untuk ibadah.

7.Kamar Mandi
Pengelola sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat. selain itu kalian dapat menggunakan kamar mandi untuk berganti pakaian jika berenang di air terjun.