Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tebing Watu Mabur Mangunan, Pesona Negeri di atas Awan

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Harga Tiket: Rp2.000 Jam Buka: 05.00 - 21.00 No. Telepon: 0878-3987-9069 Alamat: Lemah Abang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.
Tebing Watu Mabur - Jogjakarta memang salah satu tempat yang sangat tepat untuk menghabiskan musim liburan. Provinsi yang dijuluki dengan kota budaya ini memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam dapat anda jumpai di kota ini. Salah satu wisata alam yang cukup terkenal didaerah mangunan adalah Tebing Watu Mabur Bantul.

Tebing ini merupakan salah satu tempat paling bagus untuk menghasilkan foto dengan latar belakang istana awan. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa pegunungan seribu yang berada di Gunung Kidul. Sedangkan dibagian bawah juga terdapat persawaahan yang cantik dengan model terasering. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat melihat keindahan Sungai Oyo yang berkelok-kelok.

Kawasan ini dulunya merupakan perbukitan biasa digunakan untuk tempat kemah. alasan utamanya adalah lokasi ini memliki tempat yang cukup luas dan dapat menampung puluhan tenda yang berukuran besar. Namun, seriring berkembangnya wisata didaerah mangunan membuat perbukitan ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang masih baru.

Tidak hanya itu saja, wisata ini terkenal dengan salah satu spot foto yang berbentuk landasan pacu. Wisatawan seolah-olah berada di ujung jurang, oleh karena itu tempat ini sangat terkenal apalagi ditambah dengan berabagai foto yang dishare dimedia sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Tebing Watu Mabur Mangunan, Pesona Negeri di atas Awan
Salah satu spot foto yang menjadi daya tarik (Ig/oktacandra_)
Wisata Mangunan ini salah satunya, wisata yang berada di kawasan Mangunan ini dahulu hanya tebing biasa yang sering digunakan untuk kegiatan kemah. Seiring dengan berkembangnya wisata didaerah tersebut, banyak masyarakat yang mengusulkan Tebing Watu Mabur menjadi destiniasi wisata.

Tebing Watu Mabur sendiri adalah nama yang diberikan oleh warga sekitar. Asal muasal  wisata ini berasal dari karena lokasi tersebut berada diketinggian dan berbatu seolah-olah berada di ketinggian atau bahasa jawanya mabur.

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah, Pantai Paling Terkenal di Kulon Progo

Lokasi Tebing Watu Mabur.

Wisata Tebing Watu Mabur berada di Lemah Abang, Kec Dlingo, Kabupaten Bantul. Para wisatawan dapat menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Untuk lebih mudahnya kalian bisa menuju Terminal Giwangan.

Dari Terminal Giwangan kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 40 - 60 menit dengan jarak sekitar 20 km. Di sepanjang perjalanan kalian akan melewati kawasan wisata mangunan. Sesampainya dikawasan wisata, kalian dapat melihat papan penunjuk arah , jika masih kebinggunan bisa menggunakan Goggle Maps.

Rute Menuju Tebing Watu Mabur

Bagu anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda ke selatan menuju Jl Imogiri kemudian lurus hingga menemukan pertigaan Kantor Kecamatan Imogiri. Setelah itu ambil arah ke kiri  hingga menemukan belokan menuju daerah mangunan.

Dari mangunan ikuti saja jalan hingga menemukan tanjakan lalu menuju jalan besar ke prtigaan Puncak Mangunan Imogiri dan belok kanan. Sebelum sampai dilokasi wisata, anda akan melalui beberapa tempat seperti Jurang Tembelan Kanigoro dan Mangunan Cultural Project.

Baca Juga: Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Indah Menikmati Kali Oyo

Harga Tiket Masuk Tebing Watu Mabur.

Wisatawan yang akan menikmati suasan di negeri awan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.000 per orang. Harga tersebut sudah sangat murah dibandingkan dengan wisata mangunan lainya.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 per motor dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil. Pengunjung yang akan mencoba berfoto dispot foto yang disediakan akan dikenakan tarif Rp3.000 per sekali pakai.
  • Harga Tiket Masuk Rp.2000 per orang
  • Parkir Kendaraan bermotor Rp.2000 
  • Parkir Mobil Rp.5000 
  • Spot Foto Rp.3000

Faslitas Tebing Watu Mabur

Wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini bisa menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola, mulai dari spot foto, warung, toilet dan beberapa papan informasi tentang objek wisata. rincian fasilitasnya sebagai berikut:

1.Spot Foto
Bagi wisatawan yang menginginkan hasil foto yang bagus bisa menggunakan fasilitas spot foto. Bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3000 Rupiah. Biaya yang cukup murah untuk hasil foto yang bagus.

2.Kawasan Perkemahan
Dahulu lokasi ini adalah tempat perkemahan, oleh sebab itu pengunjung dapat mencoba untuk berkemah atau hanya sekedar berfoto di tempat ini.

3.Warung
Warung menjadi fasilitas yang wajib disetiap tempat wisata. Pengjunjung dapat menikmati pemandangan dengan membeli jajan makanan atau minuman di sekitar objek wisata.

4.Toilet
Di objek wisata wisatawan juga sudah disedikan toilet bagi para wisatawan yang ingin buang air kecil maupun besar.

5.Mushola
Bagi kalian yang muslim dan berasal dari luar kota atau daerah yang jauh, tidak usah kawatir bila belum melakukan solat. 

Daya Tarik Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Mangunan, Pesona Negeri di atas Awan
Spot Foto Tebing Watu Mabur Mangunan (Ig/istha_chalista)

Wisata Tebing Watu Mabur memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik Wisata Watu Mabur yang berada di pegunungan memiliki udara sejuk, selain itu pengunjung juga dapat meinikmati pemandangan hamparan hutan mangunan yang hijau dan asri, pengunjung juga dapat mencoba spot foto yang keren dan instgramble.

Bagi kalian yang memiliki hobi berofoto, objek wisata sangat direkomendasikan untuk anda sambangi. Pengunjung dapat mencoba beberapa spot foto yang sudah disediakan seperti jalan raya, landasan pacu dan masih banyak lagi. Pengunung seolah-olah berada di ketinggian yang nampak jalannya.

Wisata ini sendiri memiliki latar belakang berupa pegunungan yang sangat indah. pengunjung juga dapat melihat sungai oyo dan persawahan hijau yang sedang ditananami aneka ragam hasil bumi mulai dari padi, singkong dan ubi-ubian.

Waktu yang pas untuk mengunjungi Wista ini adalah saat pagi sampai sore hari. Jika wisatawan mengunjungi pada saat sore hari, wisatawan akan melihat matahari tenggelam (Sunset). Wisatawan dapat mengabadikan moment indah ini bersama teman, sahabat dan keluarga.

Wisata Dekat Tebing Watu Mabur

  • Jurang Tembelan Kanigoro
  • Kebun Buah Mangunan
  • Hutan Pinus Mangunan
  • Seribu Batu Songgo Langit
  • Rumah Hobbit Mangunan
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata tebing watu mabur mangunan. Bagi anda yang ingin menikmati suasan lain, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata dibantul. Tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.