Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Tebing Watu Mabur Mangunan, Wisata Di Atas Awan

Banyak wisatawan yang menjadikan jogja menjadi kota tujuan mereka untuk berwisata. Tak hanya terkenal dengan tata kotanya yang keren dan indah, di jogja para pendatang dapat menikmati berbagai wisata mulai dari wisata budaya, kuliner hingga wisata alam.

Berada di sebelah selatan jogja terdapat kabupaten bantul yang terkenal dengan wisatanya yang bagus. Daerah bantul seperti mangunan memang terkenal dengan wisatanya yang menyajikan pemandangan yang berbeda-beda. 

Wisata Tebing Watu Mabur Mangunan

Harga Tiket dan Lokasi Tebing Watu Mabur Mangunan
Pemandangan dari atas Tebing Watu Mabur (Ig/oktacandra_)

Wisata Kawasan Tebing Watu Mabur salah satunya, wisata yang berada di kawasan Mangunan ini dahulu hanya tebing biasa yang sering digunakan untuk kegiatan kemah. Seiring dengan berkembangnya wisata didaerah tersebut, banyak masyarakat yang mengusulkan Tebing Watu Mabur menjadi destiniasi wisata.


Tebing Watu Mabur sendiri adalah nama yang diberikan oleh warga sekitar. Asal muasal  tebing watu mabur senidiri karena lokasi tersebut berada diketinggian dan berbatu seolah-olah berada di ketinggian atau bahasa jawanya mabur.

Lokasi Wisata Tebing Watu Mabur.

Wisata Tebing Watu Mabur berada di Lemah Abang, Kec Dlingo, Kabupaten Bantul. Para wisatawan dapat menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Untuk lebih mudahnya kalian bisa menuju Terminal Giwangan.

Dari Terminal Giwangan kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 40 - 60 menit dengan jarak sekitar 20 km. Di sepanjang perjalanan kalian akan melewati kawasan wisata mangunan. Sesampainya dikawasan wisata, kalian dapat melihat papan penunjuk arah , jika masih kebinggunan bisa menggunakan Goggle Maps.

Harga Tiket dan Fasilitas Wisata Tebing Watu Mabur.

Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.2000 rupiah / orang. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan roda dua tarif parkir sebesar Rp.2000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan pribadi atau roda empat tarif parkir sebesar Rp.5000. Selain itu kalian dapat menikmati spot foto dengan latar landasan pacu dengan tarif Rp.3000.
  • Harga Tiket Masuk Rp.2000 / orang
  • Parkir Kendaraan bermotor Rp.2000 / motor\
  • Parkir Mobil Rp.5000 / mobil
  • Spot Foto Rp.3000
Wisatawan yang berkunjung ke Tebing Watu Mabur bisa menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola, mulai dari spot foto, warung, toilet dan beberapa papan informasi tentang wisata tebing watu mabur, rincian fasilitasnya sebagai berikut:

1.Spot Foto
Bagi wisatawan yang menginginkan hasil foto yang bagus bisa menggunakan fasilitas spot foto. Bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3000 Rupiah. Biaya yang cukup murah untuk hasil foto yang bagus.

2.Kawasan Perkemahan
Dahulu lokasi ini adalah tempat perkemahan, oleh sebab itu pengunjung dapat mencoba untuk berkemah atau hanya sekedar berfoto di tempat ini.

3.Warung
Warung menjadi fasilitas yang wajib disetiap tempat wisata. Pengjunjung dapat menikmati pemandangan dengan membeli jajan makanan atau minuman di tempat wisata tebing watu mabur ini.

4.Toilet
Di Wisata Kawasan Tebing Watu Mabur juga sudah disedikan toilet bagi para wisatawan yang ingin buang air kecil maupun besar.

5.Mushola
Bagi kalian yang muslim dan berasal dari luar kota atau daerah yang jauh, tidak usah kawatir bila belum melakukan solat. 

Daya Tarik Tebing Watu Mabur

Harga Tiket dan Lokasi Tebing Watu Mabur Mangunan
Spot Foto Tebing Watu Mabur (Ig/istha_chalista)

Wisata Tebing Watu Mabur memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik Wisata Watu Mabur yang berada di pegunungan memiliki udara sejuk, selain itu pengunjung juga dapat meinikmati pemandangan hamparan hutan mangunan yang hijau dan asri, pengunjung juga dapat mencoba spot foto yang keren dan instgramble.

Bagi kalian yang memiliki hobi berofoto, wisata tebing watu mabur sangat direkomendasikan. Pengunjung dapat mencoba beberapa spot foto yang sudah disediakan seperti jalan raya, landasan pacu dan masih banyak lagi. Pengunung seolah-olah berada di ketinggian yang nampak jalannya.

Tebing Watu Mabur sendiri memiliki latar belakang berupa pegunungan yang sangat indah. pengunjung juga dapat melihat sungai oyo dan persawahan hijau yang sedang ditananami aneka ragam hasil bumi mulai dari padi, singkong dan ubi-ubian.

Waktu yang pas untuk mengunjungi Tebing Watu Mabur pada saat pagi sampai sore hari. Jika wisatawan mengunjungi pada saat sore hari, wisatawan akan melihat matahari tenggelam (Sunset). Wisatawan dapat mengabadikan moment indah ini bersama teman, sahabat dan keluarga.