Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Watu Goyang Bantul, Wisata Favorit Mangunan

Di Jogja terdapat beberapa wisata yang menawarkan aneka wisata pemandangan mulai dari pantai, gunung hingga buatan. Salah satu desitinasi wisata untuk melihat pemandangan yang berada di ketinggian di bantul adalah destinasi Wisata Watu Goyang.

Watu Goyang sendiri memiliki arti dalam bahasa jawa yang berartu Batu Bergoyang. Dahulu tempat ini merupakan puncak yang bisa bergoyang jika disentuh. Batu yang berada di puncak merupakan batu peninggalan zaman dahulu.

Wisata Watu Goyang Bantul

Harga Tiket dan Lokasi Watu Goyang Bantul, Wisata Favorit Mangunan
Pemandangan Hutan Mangunan Dlingo (Ig/bantaldingin)
Menurut masyarakat dahulu batu yang berada di puncak tidak pernah roboh atau longsor, apalagi ketika terjadi gempa bumi pada tahun 2006. Pengelola Wisata Batu Bergoyang melarang para pengunjung untuk menaiki sebab keselamatan pengunjung menjadi nomer satu bagi wisatawan yang datang.


Dari puncak Watu Goyang pengunjung dapat melihat pemandangan yang memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat hijaunya kota bantul ditambah dengan sejuknya udara khas pegunungan. Jika pengunjung datang pada saat pagi hari, tentu akan melihat kabut seperti negeri di atas awan.

Selain negeri di atas awan, pada sore hari para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam (Sunset). Selain menikmati sunset, pengunjung juga dapat mencoba spot foto hamparan kebun matahari dan aneka ragam bunga yang indah nan cantik.

Lokasi Wisata Watu Goyang

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wisata watu goyang kalian harus menempuh jarak yang cukup jauh. Sepanjang perjalanan kalian akan melewati beberapa tanjakan yang cukup terjal. Namun perjalanan tidak akan terasa, pasalnya pemandangan saat di jalan cukup bagus.

Lokasi Wisata Watu Goyang berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kalian dapat menempuh perjalanan kurang lebih 40 - 60 menit dari pusat kota jogja.


Harga Tiket dan Fasilitas Batu Bergoyang

Pengunjung yang akan memasuki wisata ini tidak dikenakan biaya masuk, bisa di bilang gratis.
Sedangkan bagi kalian yang menggunakan kendaraan tarif parkirnya sebagai berikut
  • Sepeda Motor :Rp.3000
  • Mobil             :Rp.7000
  • Minibus          :Rp.15.000
  • Bus                :Rp.20.000
Fasilitas yang dapat pengunjug nikmati cukup lengkap, Selain pembangunan wisata yang dikelola warga, pemerintah juga ikut andil untuk membangun wisata ini. Fasilitas Wisata Batu Bergoyang antara lain:

1.Area Parkir
Wisata yang lagi trend juga sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. Tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Mushola

Pengunung dapat menikmati pemandangan di watu goyang, tidak usah khawatir jika belum menjalankan ibadah sholat bagi agama muslim. ditempat ini sudah disediakan mushola.

3.Kamar Ganti/MCK

Pengunung juga dapat menikmati fasilitas toilet, tidak usah panik soal ganti pakaian pasalnya disini sudah disediakan kamar ganti. Kamar mandi disini cukup bersih.

4.Warung Makan

D iwisata yang lagi ngetrend iju sudah terdapat warung makan yang cukup lengkap, bagi kalian yang habis perjalanan jauh tidak usah khawatir. Harga makanana disini juga cukup murah

Daya Tarik Wisata Batu Bergoyang Bantul

Harga Tiket dan Lokasi Watu Goyang Bantul, Wisata Favorit Mangunan
Spot foto dengan latar belakang gunung merapi dan merbabu (Ig/pesonaimogiri)
Sama halnya dengan wisata yang berada di daerah Mangunan. Pengunjung dapt menikmati pemandangan indah dengan latar belakang hamparan hutan hijau dan jika datang pada saat pagi hari pengunung akan melihat Kabut seolah berada di Negeri Langit.

Bukan hanya itu saja, Pengunjung dapat menikmati dan berselfie di tempat spot foto yang di buat oleh pengelola.  Terdapat juga kebun bunga matahari yang wajib kalian coba, bunga matahari sendiri mekar pada saat pertengah musim hujan. 

Baca Juga:Harga Tiket dan Lokasi Bukit Mojo Gumelem Bantul

Jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat gunung Merapi dan Merbabu Sekaligus. Adapun spot foto yang disedikan sebagai berikut:
  • Taman Bunga Matahari
  • Kerajaninan Kayu Berbentuk Rusak
  • Spot Foto berbentuk Kupu-Kupu
Pada saat malam hari pengunjung akan disuguhkan dengan gemerlapnya kota jogja, kalian dapat mengabadikan moment tersebut bersama teman, sahabat dan keluarga. Wisata ini sangat di rekomendasikan saat kalian berkunjung ke jogja.