Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Setawing, Wisata Favorit Jogja

Potensi yang berada di Kabupaten Kulon Progo kususnya perbukitan menoreh sudah tidak diragukan lagi, pesona alam di tambah dengan sejuknya udara pegunungan memembuat pegunungan menoreh wajib anda sambangi saat berkunjung ke Jogja.

Di perbukitan menoreh terdapat wisata yang cukup terkenal seperti, Kebun Teh, Puncak Suroloyo, Pule Payung dll. Namun berbeda dengan yang saatu ini, kalian akan melihat wisata air terjun yang berada di perbukitan menoreh, yaitu Air Terjun Setawing atau yang biasa di sebut dengan curug setawing yang berada di Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.


Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Setawing, Wisata Favorit Jogja
Pemandangan Curug Setawing di tambah dengan hijaunya alam (Ig/kisahkelana)
Air terjun Setawting hanyalah salah satu dari wisata curug yang berada di kabupaten kulon progo, yang membuat berbeda dari yang lain, curug ini berada di perbukitan menoreh, selain itu memiliki tinggi air terjun kurang lebih 30 meter.

Baca Juga:Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Lokasi air terjun yang berada di tebing membuat kalian harus melewati bebatuan terbing terlebih dahulu. Saat musim kemarau air terjun Setwating masih memiliki debit yang cukup deras, karena berada di sumber mata air. Waktu yang pas untuk menggunjungi wisata curug setawing adalah saat musim penghujan atau setelah musim penghujan.

Lokasi Air Terjun Setawing

Lokasi air terjun setawaing sangat mudah anda temukan karena masih satu jalan dengan wisata air terjun Grojogan Sewu, sebelum sampai ke wisata Grojogan Sewu kalian akan menjumpai papan penunjuk menuju air Terjun Setawing

Selain itu, kalian juga bisa melalui jalan menuju Goa Kiskendo lalu ambil jalan menuju air terjun Grojogan Sewu

Biasanya jarak yang di tempuh dari pusat kota Jogja menuju Air Terjun Setawing sekitar 35 km. Kalian bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun kendaraan pribadi.

                              

Hal Unik Tentang Air Terjun Setawing

Tebing yang berada di air terjun Setawing bebentuk terasering seperti berundak-undak, menyebabkan air yang turun dari atas akan jatuh mengenai bebatuan terlebih dahulu. Namun yang harus diperhatikan pengjunjung saat berkunjung ke wisata ini saat musim hujan harus sedik waspada, karena jalur yang dilewati sedikit bebatuan dan licin. Kalian bisa menggunakan sendal outdoor ( Grip).

Menikmati wisata alam memang sangat direkomendasikan untuk kalian yang hanya sekedar melepas penat akibar bekerja seharian. Wisatawan bisa bermain waterpark alami bersama teman, sahabat bahkan keluarga tercinta.

Fasilitas Air Terjun Setawing

Pengelola air terjun setawing dan warga sekitar sudah membangun faislitas yang cukup untuk memudahkan para wisatawan mengunjungi wisata ini, adapun fasilitas yang terdapat di air terjun setawing :

1.Area Parkir
Wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup terbatas bagi kendaraan roda 4, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. adapun tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Kamar Ganti/MCK
Di wisata yang satu ini juga telah disediakan kamar mandi yang bersih, jadi kalian tidak usah kawatir jika ingin buang air kecil

3.Spot Foto
kalian bisa berfoto ria dengan bertema latar belakang air terjun. Spot foto yang disediakan beraneka ragam lo teman-teman mulai dari yang sederhana sampai yang bagus.

4.Gazebo
Kalian juga dapat menikmati pemandangan hamparan hijaunya perbukitan menoreh di gazebo yang sudah disediakan.