Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Air Terjun Tuwondo, Wisata Air Terjun Musiman Bantul

Kabupaten Bantul memang menyimpan banyak tempat wisata yang menyajikan pemandangan yang indah dan menjadi rekomendasi yang sangat cocok untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang berlatar belakang alam adalah Air Terjun Tuwondu.

Air Terjun Tuwondu memiliki arti dalam bahasa jawa yaitu "Tu" yang berarti Watu dan "Ondo" yang berarti tangga. Penamaan wisata air terjun ini berasal dari kondisi medan dan lokasi yang terbuat dari batu dan menyerupai tangga bertingkat. Air Terjun Tuwondu memiliki 3 tingkat sekaligus dan ketinggian air mencapai 2-6 meter.

Wisata Air Terjun Tuwondu

Lokasi Air Terjun Tuwondo, Wisata Air Terjun Musiman Bantul
Pemandangan yang indah saat berada di Air Terjun Tuwondu (ig/javanica_adventure)

Pengunjung juga dapat menikmati sensasi dengan mencoba mandi ke dalam air terjun, liburan akan lebih seru di tambah dengan kondisi alam sekitar yang masih alami. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun wisatawan dapat menikmati hijaunya pepohonan dan rimbunya dedaunan.

Baca Juga:Lokasi Watu Ngadek, Spot menikmati Kota Jogja

Wisatawan dapat mengunjungi air terjun tuwondu saat musim hujan selesai, pasalnya jika musim hujan debit di air terjun ini cukup tinggi dan menyebabkan arus cukup deras. Selain itu air yang mengalir dalam air terjun yang semula jernih akan menjadi keruh.

Lokasi Air Terjun Tuwondu

Bagi wisatawan yang ingin menggunjungi wisata ini bisa datang langsung ke lokasi. Lokasi Air Terjun Tuwondu sendiri berada di Kampung Lemah Abang, Dusun Bayakan, Piyungan, Kabupaten Bantul. Air terjun ini berada di dalam kampung. Sehingga buat pengunjung yang ingin merasakan sensai mandi dibawah air terjun harus sedikit berjalan kaki menuju lokasi.


Rute menuju Air Terjun Tuwondu dapat kalian lewati dengan mudah. Jika pengunjung berada di pusat kota jogja arahkan kendaraan menuju Jln. Wonosari. Setelah itu lurus hingga menemui Gedung Serbaguna Banyakan.

Ikuti jalan sampai bertemu dengan pertinggan. Sesampainya di pertigaan pengunjung akan menemui papan penujuk arah menuju Air Terjun Tuwondu. Jika masih merasa kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa menggunakan Goggle Maps.

Harga Tiket dan Fasilitas Air Terjun Tuwondu

Kawasan air terjun tuwondo masih dalam tahap pengembangan oleh pengelola dan pemerintah setempat.Bagi wisatawan yang ingin mencoba merasakan sensasi mandi di bawah air  terjun tuwondo akan dikenakan biaya masuk gratis (tidak bayar).

Sebagai gantinya para pengunjung yang datang cukup membayar seiklasnya kedalam kotak yang sudah di sediakan untuk modal pembangunan kawasan Air Terjun Tuwondu ini.

Karena masih dalam tahap penggembangan, fasilitas wisata ini masih sedikit. Pengunjung akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti tempat duduk yang terbuat dari bambu. Tempat duduk tersebut memang dibuat oleh warga sekitar untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pemandangan Air Terjun Tuwondu. Selain itu terdapat kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang.

Daya Tarik Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Turonwdo ini menyerupai susunan tangga dari batu ini membuat aliran air terjun menjadi lebih cantik. Wisata yang berada di bantul ini dapat memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan segarnya air di  tambah dengan lokasi yang masih rimbun, pengunjung dapat mengabadikan moment dengan berfoto bersama teman, sahabat hingga keluarga.

Bagi pengunjung yang ingin melestarikan tempat ini cukup menjaga kebersihan dan tidak mencore-coret bebatuan yang ada. Pengunjung yang datang juga dapat mempromosikan wisata ini dengan mengaplod foto di instagram. Harapanya supaya wisata di daerah ini bisa berkembang dan meningkatkan roda ekonomi warga sekitar.