Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Grojogan Sewu Jatimulyo: Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Grojogan Sewu Kulon Progo

Grojogan Sewu Jatimulyo Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55674.
Grojogan Sewu Jatimulyo - Kulon Progo merupakan salah satu daerah di jogjakarta yang terkenal dengan wisata alamnya. Daerah tersebut memiliki tempat wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan misalnya saja kalibiru dan pule payung. Salah satu wisata air terjun jogja yang cukup terkenal yaitu Air Grojogan Sewu Jatimulyo Kulon Progo.

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan wisata yang menyuguhkan keindaahan air terjun. Lokasinya yang berada dipegunungan menoreh membuat udara sekitar sangat sejuk.

Wisata ini dibuka pada tahun 2014 lalu, dahulu tempat ini merupakan sumber air biasa yang digunakan warga setempat sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

Grojogan Sewu Jatimulyo: Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Air Terjun ini populer saat mahasiswa Unviersitas Gajah Mada (UGM) sedang melakukan kegiatan KKN di sekitar wisata. Mereka memviralkan wisata ini dengan menggungahnya ke sosial media terutama facebook dan instagram.

Saat ini wisata air terjun grojogan sewu mulai ramai, banyak para wisatawan yang penasaran akan keindaahan air terjun ini. Apalagi saatt musim liburan tiba , banyak wisatawan yang dari luar kota berdatangan ke jogja hanya untuk menikmati wisata alam yang satu ini.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Gunung Kidul Bernuansa Bali

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Jatimulyo

Bagi sobat traveller yang akan mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir, sebab lokasinya berada dekat dengan tempat wisata kulon progo lainya.

Alamat Air Terjun Grojogan Sewu berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke objek wisata. 

Untuk rute menuju Wisata Air Terjun Grojogan sewu dapat kalian mulai dari 0 Kilomoter Jogja. Dari sini kalian meuju arah barat sampai jalan Godean hingga perempatan Kenteng Nanggulan.

Dari sini kalian ambil arah menuju Pasar Jonggrangan. Sesampainya di pasar, kalian dapat mengikuti petujunjuk yang sudah ada di pinggir jalan. Selain itu kalian dapat menggunakan Goggle Maps jika merasa kesulitan.

Perjalanan dapat kalian tempuh dari pusat kota jogja menuju Desa Jatimulyo membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Baca Juga: Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Sewu

Bagi wisatawan yang akan memasuki wisata air terjun grojogan sewu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.4000 per orang. Wisata yang tergolong murah dan seimbang dengan pemandangan yang didapat.

Jika kalian menggunakan kendaraan roda dua kalian akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp.2000 , sedangkan jika kalian menggunakan kendaraaan pribadi seperti mobil tarif parkir sebesar Rp.5000

  • Harga Tiket Masuk Rp4.000 per orang
  • Parkir Sepeda Motor Rp2.000 
  • Parkir mobil Rp5.000

Fasilitas Air Terjun Grojogan Sewu

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi air terjun jogja yang satu ini tidak perlu khawatir. Beberapa fasilitas sudah mulai dikembangkan oleh pihak pengelola wisata. Beberapa fasilitas tersebut diantaranaya yaitu:
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Warung
  • Jalan yang Halus
  • Tiket Masuk
  • Papan Wisata
  • Air Terjun

Daya Tarik Grojogan Sewu Jatimulyo

Keindahan Air Terjun

Grojogan Sewu Jatimulyo: Rute, Lokasi, dan Harga Tiket
Pemandangan Air Terjun Grojogan Sewu (Ig/grojogansewu_kp)
Setelah memasuki gerbang masuk, pengunjung dapat melihat pemandangan hijau di sepanjang perjalanan menuju air terjun grojogan sewu. Selain itu sejuknya udara pegunungan di tambah dengan suasana yang masih asri tentu membuat wisatawan betah berlama-lama di wista ini.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati air terjun grojogan sewu dengan bermain di bawah grojogan tersebut. Wisata ini sangat cocok bagi kalian yang sedang menginingan bermain air ditempat alami. Jangan lupa untuk mengabadikan moment ini dengan berfoto bersama teman, sahabat dan keluarga.

Wisata Alami

Sesampainya di lokasi kalian akan dimenyaksikan tebing yang cukup tinggi. Dari tebing ini air itu muncul, waktu yang tepat untuk menggunjungi air terjun grojogan sewu adalah saat habis musim hujan / masuk musim kemarau.

Sehabis musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menggunjungi wisata ini. Kalian dapat menikmati segarnya air pegunungan dan sejuknya hutan disekitar air terjun yang masih alami. jika beruntung kalian juga dapat melihat pelangi yang berukuran kecil. 

Wisata Dekat Grojogan Sewu

Gunung Lanang

Gunung Lanang merupakan salah satu wisata alam kulon progo terbaru. Dari puncak ini pengunjung dapat melihat deburan ombak Pantai Selatan. Untuk melihat pemandangan tersebut para penggunjung harus mencapai puncak gunung dengan berjalan sejauh 150 meter. Pengunjungg harus hati-hati pasalnya jalan yang akan dilewati memiliki trek yang cukup terjal.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan wisata dengan latar belakang pemandangan yang berada di dalam goa, jika kalian mengunjungi Goa kiskendo kalian harus menyiapkan waktu yang pas untuk berkunjung ketempat tersebut, Pasalanya jika kalian mengunjungi goa kiskendo pada musim liburan bisa di pastikan goa tersebut ramai oleh para wisatawan lainya.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata air terjun grojogan sewu jatimulyo. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kulon progo lainya yang tak kalah bagus. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.