Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi dan Harga Tiket Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo

Berkunjung ke Jogja tak asik jika tidak mengunjungi Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten yang berada di sebelah barat jogja tersebut ternyata memiliki banyak hal unik yang wajib kalian coba, mulai dari maknananya, budayanya yang terkenal dengan tari angguk, hingga wisatanya yang menyuguhkan pemandangan berlatar belakang pegununungan.

Mungkin para wisatawan yang sering berkunjung ke kulon progo hanya tau wisata yang terkenal seperti kalibiru, sungai mudal dan pule payung. Akhir-akhir ini wisata Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancarnegara.

Baca Juga:Wisata Pule Payung Kulon Progo

Lokasi dan Harga Tiket Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo
Landscape Pegunungan Menoreh seperti di Perbukitan Eropa (Ig/vegga_zhafira)
Wisata Ayunan Langit Kulon Progo adalah wisata yang menyajikan pemandangan hamparan hijau kota kulon progo dari perbukitan menoreh. Wisata yang satu ini cukup ektrem, pasalnya kalian akan menempati ayunan dan bermain dari atas ketinggian. Kalian tidak usah khawatir tentang keselamatan kalian, pasalnya disini sudah tersedia peralatan safety supaya para wisatawan tetap aman saat mencoba wahana yang satu ini.

Melihat ketinggian ayunan pasti akan membuat para wisatawan merinding. Tapi disisi lain tentu membuat kalian tertantang untuk mencobanya. Ayunan yang di bangun di pinggir jurang ini memiliki view yang cukup bagus. Bagi kalian yang tertantang dengan wisata ini wajib mencobanya.

Lokasi dan Rute Ayunan Langit.

Wisata yang menantang adrenaline ini berada di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju wisata ini kalian dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraaan pribadi seperti roda 4. Selain itu jarak yang ditempuh dari pusat kota sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 32 km.

Jika kalian dari Jogjakarta, kalian harus menuju jalan Jogja-Wates terlebih dahulu, Perjalnan dilanjutkan menuju arah Nanggulan. Arahkan kendaraan anda menuju Goa Kiskendo sampai menemukan pertigaaan, setelah itu ambil arah menuju Goa Sikidang Kencana. Di sepanjang perjalanan kalian akan menemukan papan penunjuk wisata Ayunan Langi Watu Jaran. Jika kalian merasa kesusahan kalian bisa menggunakan Goggle Maps.

                               

Harga Tiket dan Jam Oprasional

Wisata yang berada perbukitan menoreh ini dapat kalian kunjungi mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 Wib. Sedangkan harga tiket wisata ayunan langit watu jaran sebesar Rp.10.0000 per orang. Untuk kalian yang ingin mencoba ayunan tersebut kalian akan dikenakan biaya sewa alat sebesar Rp20.000 per orangnya. Kalian bisa menikmati pemandangan dengan berayunan sekitar 5-10 menit. Tentu jangan lupa untuk mengabadikan moment tersebut.

Untuk kalian yang khawatir, tenang saja, Ayunan Langit Watu Jaran ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup mendukung seperti toilet, musola, spot foto, hingga ojek gratis. adapun rincian fasilitasnya sebagai berikut:

1.Area Parkir
Wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup terbatas bagi kendaraan roda 4, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. adapun tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Mushola
Jika kalian sedang menikmati goa kebon tidak usah khawatir jika belum menjalankan ibadah sholat bagi agama muslim. ditempat ini sudah disediakan mushola.

3.Kamar Ganti/MCK
Di wisata yang satu ini juga telah disediakan kamar mandi yang bersih, jadi kalian tidak usah kawatir jika ingin buang air kecil

4.Warung Makan
Jika kalian dari perjalanan jauh untuk mengunjungi goa kebon tidak usah panik, disini juga tersedia warung yang menjajakan maknan yang cukup lengkap. selain itu, dapat menikmati pemandangan sambil bersantai dengan makan di warung yang tersedia.

5.Spot Foto
Buat kalian yang takut untuk mencoba wahana ayunan kalian bisa menggunakan spot foto yang tersedia. Spot foto yang disediakan beraneka ragam lo teman-teman mulai dari yang sederhana sampai yang bagus.

6.Gazebo
Kalian juga dapat menikmati pemandangan hamparan hijaunya perbukitan menoreh di gazebo yang sudah disediakan.

Hal Unik Tentang Ayunan Langit

Lokasi dan Harga Tiket Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo
Spot Foto Ayunan Langit (Ig/margarethadantii)

1.Berada di ketinggian 800 Mdpl
Untuk kalian yang memang phobia ketinggian sebaiknya tidak mencobanya, karena ayunan langit ini berada di ketinggian 800 mdpl dan memiliki tinggi tiang 10 meter.

2.Bisa melihat pemandangan hijau
Lokasi Ayunan langit yang tinggi bisa membuat kalian melihat pemandangan perbukitan menoreh dan waduk sermo. kalian juga dapat melihat Bandara Kulonprogo dari atas sana.

3.Jam Oprasional
Objek yang berada di Kapanewon Kokap beroprasi dari jam 07.00 pagi hingga 17.00 sore. Kalian bisa menggunakan fasilitas yang ada dengan membayar Rp 15.000 untuk harga naik ayunan sebesar Rp20.000

4.Banyak Spot Selife
Bagi kalian yang takut ketinggian kalian bisa menggunakan spot foto yang sudah disedikan, tidak hanya satu saja, di sana kalian bisa menggunakan banyak spot foto yang menarik untuk kalian coba.