Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo, Wisata Bagi Para Pecinta Alam

Yogyakarta merupakan kota yang sangat menjadi tujuan wisata selain bali. berbicara jogja tentu tidak asik jika tidak membahasas tentang sejarahya, misalnya saja goa jepang yang dahulu menjadi saksi sejarah perlawanan bangsa indonesia menghadapi penjajah jepang.

Di Kulon Progo juga terdapat goa yang menjadi sejarah perlawanan terahadap bangsa belanda yaitu Goa Sriti. Goa Sriti merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saaat melawan Belanda dahulu kala. 

Goa Sriti Kulon Progo, Wisata Bagi Para Pecinta Alam

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo, Wisata Bagi Para Pecinta Alam
Pemandangan Dalam Goa Sriti (Ig/pangkakena)
Perang tersebut terjadi antara tahun 1825-1930 yang biasa disebut dengan Perang Diponegoro. Goa Sriri menjadi tempat Diponegoro di lantik oleh Sultan Abdullah Heuckro Amirul Mukminan Sayidin atau yang biasa disebut dengan Sultan Hamid.


Dahulu pihak belanda memasang patok milik pangeran Diponegoro di Tegalrejo. Sebab itu pangeran Diponegoro menjadi marah karena tidak menghargai adat istiadat dan memperbudak rakyat indonesia dengan membayar pajak yang cukup berat.

Semenjak itu Pangeran Diponegoro bersama rakyat indonesia kususnya jawa melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan strategi perang geriliya. Strategi perang geriliya sendiri adalah strategi perang yang sering berpindah-pindah tempat. Awalmulanya Pangeran Diponegoro bersembunyi di Goa selarong dan Goa Sriti menjadi tempat kedua. Pada akhir peperangan akhirnya pangeran Diponegoro ditangkap pihak belanda saat berada di Magelang.

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti berada di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Dusun Dukuh, Desa Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jika kalian dari pusat Jogja kalian harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam.

Sesampainya di Desa Purwoharjo, kalian harus menuju monumen Pangeran Diponegoro. Jika kalian masih bingung tentang lokasinya kalian bisa menanyakan warga sekitar atau bisa juga memenggunakan Goggle Maps.

Nama: Goa Sriti
Lokasi: Dukuh, Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakrta 55673

                                 

Fasilitas Goa Sriti 

Saat ini Goa Sriti memiliki fasilitas yang cukup bagus, meskipun berlatar belakang wisata sejarah tempat ini bisa kalian kunjungi. Selain itu pengunjung harus menggunakan peralatan Caving. Perjalanan menyusuri goa sriti harus ditemani pemandi. Beberapa fasilitas Goa Sriti sebagai berikut.

1.Kamar Mandi
Pengelola sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat .

2.Tempat Parkir

Pihak pengelola Goa Sriti sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir gunung lanang cukup luas.

3.Warung Makan dan Minum

Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

4.Spot Foto
Fasilitas yang satu ini dapat kalian temui di Goa Sriti, pengelola wisata Goa Sriti sudah menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment.

5.Musola

Bagi kalian yang beragama muslim tentu tidak usah khawatir saat waktu sholat datang, kalian dapat menggunakan musola yang sudah disediakan oleh pengelola wisata.

6.Peralatan Caving, Pelampung
Pihak pengelola Goa Sriti juga memberikan fasilitas Caving dan Pelamung, kalian harus menggunakan peralatan ini ketika memasuki Goa Sriti, penggunan peraltan ini bertujuan supaya pengunjung safety, karena harus melewati medan yang cukup menantang.

Harga Tiket Masuk Goa Sriti

Untuk memasuki wisata Goa Sriti kalian akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.30.000 per orang. Dengan harga yang cukup mahal kalian akan ditemani oleh pemandu untuk menyusuri Goa Sriti sepuasnya. Untuk harga parkir kendaraan roda dua Rp.2000 sedangkan kendaraan pribadi seperti mobil sekitar  Rp.5000-Rp.10.000
  • Harga Tiket Masuk Rp.30.000 /orang
  • Parkir Sepeda Motor Rp.2000 /motor
  • Parkir Mobil Rp.10.000 /Mobil

Hal Unik di Goa Sriti

Samahalnya di Goa Pada umumnya, Goa Sriti memiliki stalatit dan stalagmit yang berbentuk runcing. Sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan yang cukup bagus. Wisata Goa Sriti sendiri terbilang masih alami dan belum terkenal luas dikalangan para wisatawan.

Saat menyusuri kalian harus ditemani oleh pemandu wisata, dengan begitu kalian bisa mempersiapkan estiminasi wisata. dengan begitu kalian akan ikut serta membantu menaikan perekonomian masyarakat sekitar goa sriti.

Demikian artikel terkati indormasi Goa Sriti Kulon Progo. Kalian bisa mengajak teman, sahabat bahkan keluarga untuk mengunjungi wisata ini.