Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket dan Lokasi Kampung Edukasi Watu Lumbung Jogja

Berwisata memang adalah tujuan untuk melepaskan penat akibat bekerja seharian, biasanya banyak wisata yang berlatar belakang pemandangan alam maupun buatan. di Jogja ada hal yang berbeda, di Kampung Edukasi Watu Lumbung kalian dapat menikmati pemandangan alam sambil menambah wawasan.

Kampung Edukasi Watu Lumbung didirikan pada tahun 2003 oleh Muhammad Boy Rifai yang mempunyai impian untuk mengangkat perekonomian masyarakat sekitar wisata. Kampung Lumbung memiliki berbagai wahana wisata mulai dari perpusatakaan, area outbond, warung santai hingga taman bermain untuk anak-anak.

Harga Tiket dan Lokasi Kampung Edukasi Watu Lumbung Jogja
Mencoba kuliner wisata dengan pemandangan alam yang cukup bagus (Ig/mbahboywatulumbung)
Kampung Edukasi Watu Lumbung berada di perkebunan pohon jati. Konsep yang digunakan pun masih tergolong alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman hutan seperti pohon jati, selain itu pengunjung dapat menikmati rumah pohon jati yang dibuat hingga tiga lantai.

Selain itu para pengunjung dapat melalkukan reboisasi denngan menanam pohon di tempat yang sudah disediakan. Tidak hanya itu pengunjung juga dapat nongkrong dan jika ada yang berminat bisa menyumbangkan buku bacaan dengan syarat minimal 3 buah buku. Pengunjung akan mendapatkan hadiah berupa maknan, minuman hingga souvenir.

Lokasi Kampung Edukasi Watu Lumbung

Untuk mengunjungi wisata edukasi watu lumbung, wisatawan bisa menuju arah pantai Parangtritis. Setelah menyeberangi Kali Opak yang dekat retribusi Pantai Parangtritis, setelah itu ambil jalan menuju jalan alternatif Parangtritis-Siuk. Setelah berjalan kurang lebih 200 meter kalian akan menmukan papan penunjuk menuju Kampung Edukasi Watu Lumbung.

                           

Hal Unik Kampung Wisata Edukasi Watu Lumbung.

Selain bisa berwisata sambil belajar, para pengunjung juga dapat menikmati bangunan yang berada di lokasi, tapi tahukan kalian? bahan yang digunakan untuk membuat bangunan tersebut rata-rata berasal dari alam. misalnya saja kayu jati, pohon bambu dan berbagai anyaman.

Ada juga hal yang berbeda dari wisata lainya yaitu para pengunjung diharuskan untuk menanam pohon yang sudah disediakan pengelola yang berupa polybag. Setelah menanam pohon pengunjung akan mendapatkan voucher sebesar 2500, kalian dapat menukarkanya dengan makanan dan minuman.

Ketika anda mengunjungi kedai wedang kalian bisa menukarkan 3 buku baca dengan makanan secara gratis. Hal ini bertujuan supaya pihak pengelola dapat membangun perpustakan yang bisa digunakan untuk umum.

Fasilitas dan Harga Tiket Kampung Edukasi Watu Lumbung

Wisata Edukasi Watu Lumbung ternyata menggratiskan harga tiket masuk (HTM). Sedangkan untuk harga parkir kalian akan dikenakan sebesar Rp3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan pribadi / roda empat. Selain itu fasilitas watu lumbung dapat kalian lihat dibawah ini!

1.Area Parkir
Wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup terbatas bagi kendaraan roda 4, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. adapun tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Kamar Ganti/MCK
Di wisata yang satu ini juga telah disediakan kamar mandi yang bersih, jadi kalian tidak usah kawatir jika ingin buang air kecil

3.Spot Foto
kalian bisa berfoto ria dengan bertema latar belakang air terjun. Spot foto yang disediakan beraneka ragam lo teman-teman mulai dari yang sederhana sampai yang bagus.

4.Gazebo
Kalian juga dapat menikmati pemandangan hamparan hijaunya perbukitan menoreh di gazebo yang sudah disediakan.

5.Mushola
Bagi kalian yang beragama muslim tidak perlu khawatir unutk menjalankan ibadah, pasalnya di wisata ini sudah disediakan mushola buat kalian yang ingin beribadah.

6.Camping Ground
Kalian dapat menikmati pemandangan dengan Camping Ground. diarea ini pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan view pantai selatan jogja.

7.Perpustakaan
Berbeda dengan wisata yang lainya, wisata edukasi menyediakan fasilitas perpustakaan. kalian dapat berwisata sambil belajar, selain itu buku yang ada diperpustakaan sangat beragram mulai dari cerita rakyta hingga buku pelajaran.

8.Gardu Pandang
Pihak pengelola juga sudah menyediakan gardu pandang. Dari atas sini kalian dapat menikmati makanan dan minuman sambil melihat pantai selatan jogja. banyak para pengunjung yang rela antri untuk menikmati fasilitas yang satu ini.