Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul

Di daerah jogja tepatnya di kabupaten bantul terdapat pemandian air panas yang cukup terkenal. Pemandian Parang Wedang merupakan pemandian air panas alami yang bersumber dari pemancar dari dalam bumi di kawasan Pantai Parangtritis. Berbeda dengan pemandian air panas lainya yang berada di ketinggian, pemandian parang wedang berada di dataran rendah.

Banyak wisatawan yang masih asing dengan wisata ini, mungkin karena belum sepopuler dengan Pantai Parangtritis. Pengunjung yang berwisata ini masih tergolong sedikit, tetapi saat musim liburan tiba banyak wisatawan yang memadati wisata ini.

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul
Gerbang Masuk Menuju Pemandian Air Panas Parang Wedang (Foto/tokobungajogja)

Pemandian Air Panas Parang Wedang berada di dataran rendah tepi pantai, selain itu pemandian ini tidak mengeluarkan bau belerang. Dahulu parang wedang hanyalah sumber air panas biasa, tetapi seiring berkembangnya wisata di kabupaten bantul pemandian ini sudah di buka untuk umum.

Baca:Lokasi Rumah Hobbit Mangunan

Pemandian Air Panas Parang Wedang berada di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sumber air panas berasal dari kandungan minereal seperti Na (Natrium), Cl (Clorida), dan Mg (Magnesium). Parang Wedang sendiri berasal dari kata "Parang" yang berarti karang dan "Wedang" yang berarti air.

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang masih satu kawasan dengan wisata Parangtritis. Pengunjung dapat menemukan papan penunjuk arah menuju Pemandian Parang Wedang. Wisatawan dapat menggunakan sepeda motor maupun kendaraan pribadi untuk mengunjungi wisata ini.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ini tidak usah binggung, pasalnya pengunjung dapat menemukan wisata ini dengan mudah. Alamat Pemandian Parang Wedang berada di Jln Parangtritis, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


Untuk menuju pemandian air panas parang wedang wisatawan dapat menuju Jalan Parangtritis, Sesampainya disana arah kendaraan anfa menuju gapura Makam Syekh Maulana Mahribi. Pemandian parang wedan berjarak kurang lebih 300 meter dari Makam Syekh Maulana Magribi.Tepatnya berada di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket dan Fasilitas Pemandian Parang Wedang

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tepat ini bisa datang pada pukul 08.00 Pagi - 18.00 Sore. Harga tiket untuk memasuki pemandian ini sebesar Rp.4000 / orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2000 / motor sedangkan jika menggunakan kendaraan roda empat tarif parkir Rp.5000 / mobil.

Pengujung yang ingin mencoba pemandian ini hanya dibatasi 15 menit saja. Mungkin karena tempatnya yang masih kecil menjadi hal yang perlu di pertimbangkan.
  • Harga Tiket Masuk Rp.4000 / orang
  • Jam Operasional 08.00 - 18.00 (Sabtu Minggu tetap buka)
  • Parkir kendaraan bermotor Rp.2000 / motor
  • Parkir kendaraan mobil Rp.5000 / mobil
Fasilitas yang di Pemandian Air Panas Parang Wedang sangat cukup, pengunjung dapat menggunakan fasilitas antara lain:

1.Kolam Pemandian
Pemandian Parang Wedang sendiri memiliki kolam yang cukup luas, ukuranya sekitar 1140 M persegi

2.Kolam Renang 
Pengunjung juga dapat berenang di pemandian parang wedang, luas kolam renangnya pun cukup besar dengan luas 9 X 8 Meter sebanyak 6 kolam sekaligus.

3.Spot Foto
Bagi wisatawan yang menginginkan hasil foto yang bagus bisa menggunakan fasilitas spot foto. Bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya retribusi sebesar gratis alian tidak bayar.

4.Warung
Warung menjadi fasilitas yang wajib disetiap tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan membeli jajan makanan atau minuman di kawasan Pemandian Parang Wedang

4.Kamar Ganti
Pemandian Parang Wedang sendiri sudah menyediakan tempat ganti bagi para pengunjung yang ingin merasakan hangatnya pemandian air panas.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Parang Wedang

Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul
Pemandian Air panas Parang Wedang (ig/muhlh)
Pengunjung dapat merasakan sensai  berendam di pemandian air panas parang wedang. Banyak wisatawan yang bercerita konon mandi air panas ditempat ini bisa menghilangkan pegal-pegal, linu dan berbagai macam nyeri.

Pengunjung juga dapat mencoba berwisata di Pantai Parangtritis yang berada di sebelahnya. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan dari atas ketinggian, selain itu juga dapat mencoba kuliner seafood yang berada di sepanjang pantai parangtritis atau juga dapat membeli hasil laut seperti ikan, ketpiting dan masih banyak lagi.