Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Watu Ngadek, Spot Menikmati kota Jogja dari Ketinggian

Jogjakarta memang menyimpan banyak destininasi wisata yang sangat bagus, banyak wisatawan yang berkunjung ke jogja untuk sekedar menikmati wisata kuliner, budaya dan wisata alam. Di sisi barat kota jogja tepatnya di kabupaten Bantul terdapat wisata yang sangat bagus dan unik yaitu WIsata Watu Ngadek.

Wisata Watu Ngadek masih satu kawasan dengan wisata Hutan Pinus Pengger. Watu Ngadek Sendiri memilki arti dalam bahasa jawa yaitu "Ngadek" Berdiri di pinggir tebing dan "Watu" adalah batu. Banyak peneliti yang percaya bahwa watu ngadek ini dulunya adalah batuan vulkanik yang sama dengan Gunung Api Purba Ngalanggeran.

Wisata Watu Ngadek

Lokasi Watu Ngadek, Spot Menikmati kota Jogja dari Ketinggian
Pemandangan Kota Jogja dari atas Watu Ngadek (Ig/bagasthomas)

Saat berkunjung ke Watu Ngadek wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang jajaran pepohonan hutan pinus dan pemandangan hijau yang sangat indah. Wisatawan dapat berdiri untuk mendapatkan foto yang bagus.

Baca Juga:Lokasi Pemandian Air Panas Parang Wedang Bantul 

Waktu yang bagus untuk mengunjungi watu ngadek adalah saat sore hari tiba. Lokasi watu ngadek yang menghadap ke arah barat membuat tempat ini sangat cocok untuk menikmati matahari tenggelam (Sunset). Pada malam hari pengunjung dapat melihat gemerlapnya kota jogja.

Lokasi Wisata Watu Ngadek

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini tidak usah khawatir tentang lokasinya. Lokasi watu ngadek sendiri mudah dijangkau karena masih satu kawasan dengan wisata Hutan Pinus Pengger. Jarak watu ngadek dari pusat kota jogja sekitar 20-24 km.

Lokasi Watu Ngadek berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul. Kalian bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Jika mengalami kesulitan untuk menemukan rutenya bisa menggunakan Goggle Maps.


Jika pengunjung dari kota jogja bisa menuju Jln Ahmad Dalam menuju Jalan Pangurakan. Arah kendaraan menuju jalan Kusumuanegara sampai menemui perempatan Gedongkuning. Setelah itu arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari. Total perjalanan dari pusat kota sampai watu ngadek sekiar 22 km dan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Harga Tiket dan Fasilitas Watu Ngadek

Pengunjung yang ingin berwisata di Watu Ngadek akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.2500 / orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp.2000, sedangkan tarif parkir kendaraan mobil sebesar Rp.5000.
  • Harga Tiket Masuk Rp.2500 / orang
  • Parkir Kendaraan Bermotor Rp.2000 / motor
  • Parkir Mobil Rp.5000 / mobil
Selain itu pengujung dapat menikmati fasilitas Watu Ngadek yang cukup lengkap. Fasilitas ini dibuat oleh masyarakat dan pihak pengelola, adapun fasilitas watu ngadek sebagai berikut.

1.Tempat Parkir
Pihak pengelola wisata watu ngadek sudah menyediakan lahan parkir buat pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan mobil

2.Warung Makan
Sama halnya dengan wisata umumnya, di wisata watu ngadek pengunjung dapat membeli makanan maupun minuman di warung makan. Warung makan senidiri dikelola oleh masyarakat sekitar dengan tujuan untuk menaikan roda ekonomi.

3.Spot Foto
Pengunjung dapat menikmati pemandangan rimbunanya pepohonan hutan pinus yang berada di sebelah barat. Wisata ini sangat cocok bagi para pemburu senja, karena lokasi yang menghadap barat membuat pemandangan matahari tenggelam sangatlah bagus.

4.Toilet
Wisatawan dapat menggunakan toilet untuk buang air kecil maupun besar. Toilet ini dibuat oleh kerjasama antara pengelola dan warga sekitar. Toilet di watu ngadek cukup bersih dan rapi.

5.Mushola
Bagi wisatawan yang beragama muslim tidak usah khawatir jika belum melaksanakan sholat, diwatu ngadek sudah disediakan mushola dan peralatan ibadah seperti sarung, mukena dan peci.

6.Gazeebo
Buat wisatawan yang ingin bersantai dapat menggunakan gazzebo yang tersedia. Lokasi ini sangat cocok buat menikmati liburan bersama teman, sahabat dan keluarga.

Daya tarik Wisata Watu Ngadek

Watu Ngadek atau dalam bahasa indonesia di sebut dengan Batu Berdiri merupakan salah satu spot foto yang bagus untuk menikmati pemandangan hutan pinus dan kota jogja. Dari atas ketinggian pengujung dapat melihat hijaunya hutan pinus, jika berkunjung saat malam hari dapat melihat gemerlapnya kota jogja dari ketinggian.

Ketika menuju lokasi pengunjung dapat merasakan segarnya udara pegunungan ditambah dengan hijaunya pepohonan yang rindang membuat wisatawan betah beralama-lama di wisata yang diresmikan pada tahun 2016 ini.