Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo

Berkunjung ke jogja tidak asik jika tidak berkunjung ke kabupaten kulon progo. Kabupaten yang berada disebelah barat kota jogja ini ternyata menyimpan banyak sekali hal yang wajib dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata budaya. misalnya saja dengan makanan khas kulon progo yaitu geblek dan tari budaya yang menjadi ikonik kulon progo

Baru-baru ini terdapat wisata baru yang lagi nge-hit di kulon progo. Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan merupakan wisata yang baru saat ini, wisata ini memiliki pemandangan latar belakang struktur batuan sedimen klastik batu pasir yang menunjukan arah DIP (Dalam tiga dimensi). Menurut pakar geologi batuan DIP adalah batuan yang memiliki kemiringan krurang lebih 0 - 45 derajat kemiringan. lokasi ini juga bisa digunakan penelitian bagi mahasiswa yang mengambil jurusan Geologi.

Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sungai yang memiliki warna air hijau kebiruan, warna air ini terbentuk karena lokasinya yang berada di antara pepohonan yang hijau dan pantulan warna langit biru muda.

Biasanya pengunjung memadati wisata ini saat akhir pekan. banyak wisatawan yang mengunjungi mulai dari para pesepeda, kalangan muda hingga masyarakat yang penasaran. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata ini adalah saat musim kemarau. Pasalnya batuan ini terlihat karena sungai tersebut mengering, jika mengunjungi saat musim hujan maka batuan sedimen ini akan tertutup oleh air yang meluap.

Baca Juga: Lokasi Air Terjun Tuwondu Bantul

Lokasi Lempeng Kedung Kemin

Pengunjung dapat menemukan wisata ini dengan cukup mudah. Lokasi Wisata Kedung Kemin berada di Dusun Paingann, Desa Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pengunjung dapat menggunakan Goggle Maps untuk mempermudah menemukan lokasi ini.

Alamat Wisata Sungai Paingan : Dusun Paingann, Desa Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 


Jika anda dari pusat kota jogja bisa menuju jalan Jogja-Wates menuju arah kulon progo, ikuti jalan tersebut hingga sampai di Patung Nyi Ageng Serang. Setelah sampe patung nyi ageng serang arahkan kendaraan menuju Alun-Alun Wates. Setelah samapi di Alun-Alun wates anda bisa menuju jalan Clereng. Lokasi wisata paingab berada tidak jauh dari clereng.

Harga Tiket dan Fasilitas Kedung Kemin

Untuk pengunjung yang ingin memasuki wisata paingan pengunjung belum dikenakan harga tiket. karena wisata ini belum dikelola secara resmi oleh masyarakat maupun pihak terkait. Pengunjung yang menggunakan sepeda motor hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 rupiah.
  • Harga Parkir Motor Rp.2000 / motor.
Wisata Sungai Paingan belum memiliki fasilitas yang cukup memadai, karena belum dikelola secara resmi oleh warga sekitar maupun pemerintah, khusunya dinas pariwisata. fasilitas sungai paingan kulon progo, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang ada seperti bebatuan dip dan rimbunan pepohonan yang sangat indah.

Karena masih dalam tahap penggembangan dan perbaikan, fasilitas wisata sungai paingan masih sedikit. Pengunjung akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti tempat duduk yang terbuat dari bambu. Tempat duduk tersebut memang dibuat oleh warga sekitar untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pemandangan Air Bebatuan DIP dan sejuknya udara khas pedesaan. Selain itu terdapat kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang.

Daya Tarik Wisata Lempeng Kedung Kemin

Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo
Foto (Ceplok tiyyet)
Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo
Foto (ig/fisa.gina)
Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo
Foto (ig/ hety_fitcoach)
Sungai Paingan adalah wisata sungai yang terdapat sekaligus bebatuan dip ,  perpaduan bebatuan dip dan aliran sungai biru kehijuan membuat aliran air terlihat eksotik. Wisata yang berada di kulon progo ini dapat memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan segarnya air di  tambah dengan lokasi yang masih rimbun, pengunjung dapat mengabadikan moment dengan berfoto bersama teman, sahabat hingga keluarga.

Waktu yang tepat ini mengunjungi wisata sungai paingan adalah saat musim kemarau. saat musim kemrau bebatuan dip terlihat jelas dan nampak eksotik. Jika wsatawan mengunjungi wisata ini saat musim hujan bebatuan dip akan tertutup oleh aliran sungai.

Lokasi Wisata Lempeng Kedung Kemin Sungai Paingan Kulon Progo

Karena bebatuan dip memiliki kemringan yang cukup tinggi dan beberapa ada yang berlumut, maka wisatawan harus sedikit berhati-hati karena jika tidak hati-hati bisa terpleset ke dalam sungai. selain itu bagi pengunjung yang memiliki hobby mancing dapat mecoba spot sungai paingan

Bagi pengunjung yang ingin melestarikan tempat ini cukup menjaga kebersihan dan tidak mencore-coret bebatuan yang ada. Pengunjung yang datang juga dapat mempromosikan wisata ini dengan mengaplod foto di instagram. Harapanya supaya wisata di daerah ini bisa berkembang dan meningkatkan roda ekonomi warga sekitar.

Wisata lempeng kedung kemin sungai paingan sangat cocok buat kalian yang ingin mengabadikan foto dengan tema bebatuan yang indah. Wisata ini dapat kalian kunjungi bersama teman, sahabat dan keluarga, tetapi harus hati-hati karena kontornya yang bebatuan mirin dan sedikit licin.