Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Wisata Rumah Hobbit Mangunan, Wisata ala Negeri Donggeng

Berkunjung ke jogja tidak asik jika tidak mencoba desitinasi wisatanya. Jogja memang menyimpang kesenangan sendiri bagi para wisatawan khusunya wisata kuliner, budaya maupun wisata alam. Di daerah Bantul tepatnya di Mangunan terdapat Wisata Rumah Hobbit yang unik seperti di Negara New Zealand.

Rumah Hobbit Mangunan adalah salah satu destinasi favorit di daerah Mangunan selain hutan pinus mangunan dan Songgo Langit. Pengunjung dapat merasakan sensasi seolah-olah berada di negeri hobbit. Rumah hobbit sendiri adalah rumah yang berada di hutan yang memiliki banyak pepohonan.

Lokasi Wisata Rumah Hobbit Mangunan, Wisata ala Negeri Donggeng
Beberapa Spot yang menarik di Rumah Hobbit (ig/tripindonesia_arthenistravel)

Rumah Hobbit Mangunan masih satu kawasan dengan wisata Seribu Batu Songgo Langit, jika kalian berkunjung ke daerah mangunan tak asik jika tidak mengunjungi wisata yang menyajikan tema berlatar belakang negeri donggeng ini.

Baca Juga:Lokasi Wisata Watu Tebing Mabur

Jika kalian pernah menonton film The Lord of The Ring dan juga The Hobbit, rumah yang berada di film tersebut sangat unik dan sama. Pengunjung dapat mengabadikan moment dengan berfoto di keliling dengan bunga yang cantik.

Untuk mencapai Rumah Hobbit, Pengunjung harus melewati jalan yang sedikit terjal. Medan jalanya tidak terlalu susah karena sudah terdapat jalan setapak yang terbuat dari kayu. Di Sepanjang perjalanan pengunjung dapat menikmati asrinya hutan pinus mangunan

Lokasi dan Rute Rumah Hobit Mangunan

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi rumah hobit mangunan, wisatawan dapat menuju jalan ke Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul. Sesampainya didaerah mangunan wisatawan dapat melihat papan penunjuk arah menuju Rumah Hobit, jika merasa kesulitan menemukan lokasinya bisa menggunakan Goggle Maps.


Harga Tiket dan Fasilitas Masuk Rumah Hobbit Mangunan

Wisata rumah hobbit mangunan ini masih dalam pengembangan oleh masyarakat dan pemerinta. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ini akan dikenakan biaya masuk Rp.2000 per orang. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sepeda motor Rp.3000 sedangkan bagi pengguna mobil sebesar Rp.10.000.
  • Harga Tiket Masuk Rp.2000 / orang
  • Parkir Kendaraan Motor Rp.3000
  • Parkir Mobil Rp.10.000
  • Wahana Flying Fox Rp.15.000 / orang
Wisatawan yang akan mengunjungi Rumah Hobbit Mangunan bisa menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia, mulai dari spot foto, warung, toilet dan beberapa papan informasi tentang wisata Rumah Hobbit Mangunan, rincian fasilitasnya sebagai berikut:

1.Spot Foto
Bagi wisatawan yang menginginkan hasil foto yang bagus bisa menggunakan fasilitas spot foto. Bagi pengunjung yang menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya retribusi sebesar gratis alian tidak bayar.

2.Warung
Warung menjadi fasilitas yang wajib disetiap tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan membeli jajan makanan atau minuman di kawasan wisata Rumah Hobbit mangunan.

3.Toilet
Di Wisata Rumah Hobbit Mangunan juga sudah disedikan toilet bagi para wisatawan yang ingin buang air kecil maupun besar.

4.Mushola
Bagi kalian yang muslim dan berasal dari luar kota atau daerah yang jauh, tidak usah kawatir bila belum melakukan solat. pengunjung dapat menggunakan mushola dengan gratis dan tersedia juga sarung dan rukuh.

Daya Tarik Rumah Hobbit Mangunan

Lokasi Wisata Rumah Hobbit Mangunan, Wisata ala Negeri Donggeng
Daya Tarik Rumah Hobbit Mangunan (Ig/novi_ekasulistia)

Pengunjung dapat mencoba beberapa spot foto yang unik dan menarik. Di halaman dekat tempat parkir terdapat spot foto berupa bunga-bunga yang sangat cantik, bunga tersebut memiliki nama yaitu Bunga Bayam Jengger.

Spot foto berikutnya dapat kalian temui saat berjalan menuju hutan pinus. Wisatawan dapat menggunakan jembatan yang terbuat dari kayu untuk sekedar berfoto. Kondisi jembatan yang berkayu membuat anda seolah berada di hutan yang masih asri.

Bagi penggunjung yang menyukai hal-hal outdoor dapat mencoba wahana Flying Fox, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp.15.000 / orang. Hal yang dinantikan adalah spot foto dengan latar belakang rumah hobbit. Banyak pengunjung yang rela antri hanya untuk sekedar berfoto di rumah hobbit.

Saat anda melwati jembatan kalian akan menemui beberapa spot foto yang cukup menarik seperti patung, bangku dan wahana yang terbuat dari kayu, pengujung seolah berada di negeri hobbit yang banyak pepohonan dan rimbunya daun hutan.