Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menikmati Bendungan Kamijoro, Wisata Favorit di Jogja

Bendungan Kamijoro menjadi viral setelah diresmikan oleh presiden Jokowi beberapa bulan yang lalu. Hal ini sangat wajar, karena bendungan kamijoro memiliki desaign dan tata kelola yang bagus , berbeda dengan bendungan pada umumya. Hasil kreatifias desaigner dan kontraktor yang membuat bendungan banyak disukai oleh masyarakat.

Bendungan Kamijoro yang berada di Bantul dan Kulon Progo sedang hits banget bro. Masyarakat jogja sangat antusias untuk mengunjungi wisata yang instagramble. Bendungan yang indah serta luas, Sehingga banyak wisatawan yang datang untuk sekedar berburu foto selife maupun menikmati aliran sungai progo.

Baca Juga: Menikmati Camping Ground di Waduk Sermo

di bangunya bendungan Kamijoro tidak hanya berfungsi sebagai irigasi dan pengatur debit aliran sungai, tetapi juga menjadi sentra pengairan sawah di bantul yang katanya memiliki luas mencapai 2370 hektar. Bendungan ini selesai dan diresmikan pada akhir tahun 2018 oleh presiden ke 6 RI yaitu bapak Joko Widodo.

Menikmati Bendungan Kamijoro, Wisata Favorit Jogja
Pemandangan Bendungan Kamijoro seperti di pinggiran sungai di Korea (Ig/annisafitrianna)
Selain memiliki desaign yang menarik bendungan ini sangat cocoj untuk berlibur, disini juga telah disediakan tempat untuk olahraga, fasilitas bermain untuk anak-anak dan juga terdapat jembatan yang meilintas sungai progo. Bila anda berkunjung ke sini kalian wajib mencoba melewati besarnya aliran sungai progo yang membuat hati jadi berdebar bila sedang banjir.

Lokasi Bendungan Kamijoro Bantul/Kulon Progo

Bendungan Kamijoro berada di aliran Sungai Kali Progo yang cukup deras, tepatnya di desa Kamijoro, Kecamatan Pajangaan, Kabupaten Bandul. jarak dari pusat kota jogja menuju bendungan kamijoro sektar 26 km.

Akses kendaraan kusunya roda dua lebih mudah dibandingan dengan kendaraan pribadi roda empat. Hal ini karena akses untuk roda 4 juga terbatas mengingat jalan yang akan dilalui tidak terlalu luas, apalagi jika kalian datang dari arah bantul. Selain itu akses menuju tempat parkir cukup terbatas sehingga jika kalian datang menggunakan mobil terpaksa berjalan kaki terlebih dahulu.

Selain dari arah bantul, kalian juga bisa mengunjungi bendungan kamijoro melalui arah Kulon Progo tepatnya di desa tuksono. Akses menuju bendungan kurang lebih sama dengan jalur bantul, hal ini disebabkan jalan menuju bendungan merupakan jalan desa.

                              

Harga Tiket Masuk Bendungan Kamijoro

Sebagai wahana wisata yang terbilang sangat baru, tiket masuk bendungan Kamijoro tergolong sangat murah karena para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja. untuk roda 2 kalian akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 rupiah sedangkan untuk kendaraan pribadi/roda empat Rp.5000 Rupiah.

Bagi kalian para wisatawan yang merasa penasaran dengan salah satu wisata yang sedang ngerend saat ini, maka tidak salahnya untuk mengunjungi bendungan Kamijoro. Jika kalia tidak suka dengan keramian, kalian bisa mengunjungi saat pagi hari ditambah dengan segarnya udara desa. Saat dibuka banyak wisatawan yang antusias untuk datang dibendungan ini, saat akhir pekan pengjunjung mencapai 2000-4000 orang.

Hal Unik di Bendungan Kamijoro

Ada beberapa hal unik yang dapat kalian lihat saat mengunjungi bendungan yang satu ini. Jika mengamati lebih tajam, disisi ujung bendungan kamijoro terdapat taman yang berbentuk bungga dengan hiasan kursi taman yang menambah bagus wisata ini.

Selain itu, kalian juga dapat berfoto ria dengan latar berlakang kaliprogo dan papan bendungan. anda juga dapat menikmati bendungan dengan membawa buah hati kesayangan anda karena disini juga telah disediakan papan bermain untuk anak dan tempat untuk berteduh.

Fasilitas di Bendungan Kamijoro:

1.Kamar Mandi
di Bendungan Kamijoro kalian dapat menemui kamar mandi yang bersih dan memiliki gaya arsitek yang cukup bagus

2.Tempat Parkir
Bendungan Kamijoro memiliki halaman parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan untuk parkir sedikit luas.

3.Warung Makan dan Minum
Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

4.Gazebo
Kalian bisa menggunakan Gazebo ini untuk sekedar berkumpul, maupun menikmati pemandangan sungai progo.

5.Spot Foto
Fasilitas yang satu ini dapat menemui spot foto berupa tulisan Kamijoro, Pemerintah sudah menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment.

6.Tempat Bermain
Wisata Bendungan Kamijoro sangat cocok bagi kalian yang mempunyai anak kecil, pasalnya disini sudah disediakan wahana bermain untuk anak-anak.

Wisata Bendungan Kamijoro sangat cocok buat liburan bersama sahabat, teman hingga keluarga.