Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemandangan Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo

Liburan menjadi hal yang  sangat di inginkan oleh semua kalangan baik kalangan pekerja dan pelajar. Bekerja sehari-hari membuat pikiran dan badan menjadi jenuh, oleh karena itu berwisata menjadi hal yang sangat direkomendasikan.

Berbicara wisata tentu tidak elok jika membahas kota jogja, kota yang mempunyai beranegraman wisata mulai dari wisata kuliner, budaya higga alam dapat kalian temui di kota gudeg ini. apalagi jika kalian berada di kota yang memiliki polusi udara yang cukup tinggi. Wisata alam bertema pegunungan dengan udara yang sejuk menjadi hal yang di inginkan.

Wisata Canting Mas Puncak Dipowono

Pemandangan Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo

Di daerah Jogja bagian barat terdapat Kabupaten Kulon Progo yang banyak memiliki destininasi wisata. pengujung  dapat menikmati wisata yang bertema pegunungan sebut saja Canting Mas Puncak Dipowono

Kawasan Puncak dipowono memiliki tempat dan pemandangan alam yang sangat bagus, kalian dapat melihat hijaunya kota kulon progo dan sejuknya udara pegunungan menoreh.


Canting Mas Puncak Dipuwono berada di ketinggian 750 Mdpl. Dari puncak ini kalian dapat melihat perbukitan menoreh. Hamparan perbukitan yang hijau dapat memanjakan mata kalian membuat betah berlama-lama di wisata yang satu ini. Oleh karena itu Wisata Puncak Dipowono sangat cocok buat kalian melepas penat akibat berkerja seharian.

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono.

Lokasi wisata puncak Dipowono dapat kalian jangkau dengan mudah, karena di sepanjang perjalanan kalian dapat menemui plakat penujuk arah wisata. Wisata ini berada di perbukitan menoreh, yang mana perbukitan menoreh memang terdapat banyak wisata seperti kalibiru, sungai mudah, gunung gajah dll.
 
Secara Administratif wisata ini terletak di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

                     

Rute Menuju Canting Mas Puncak Dipowono

Untuk menuju lokasi wisata dengan mudah, Jika kalian dari Jogja bisa menuju jalan Wates. Sesampainya di wates ambil arah menuju alun-alun wates. Sesampainya di sana kalian ikuti saja papan penujuk jalan menuju Clereng. 

Sesampainya di Clereng kalian akan melihat denaah wisata, untuk menuju Canting Mas Puncak Dipowono kalian harus belok kiri setelah pasar Clereng. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan penunjuk arah dan sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Canting Mas Puncak Dipowono

Para pengunjung dapat menikmati hamparan perbukitan hijau di Puncak Dipowono, kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.12000 . Harga tersebut cukup murah dan sebanding dengan apa yang kita dapat nanti. Selain itu, untuk harga parkir kendaraan roda 2 Rp.2000 sedangkan kendaraan pribadi atau roda empat Rp.5000- Rp.10000 rupiah.
  • Harga Tiket Rp.12.000 / orang
  • Parkir Kendaraan Bermotor Rp.2000
  • Parkir Mobil Rp.10.000 / mobil

Hal Unik di Canting Mas Puncak Dipowono

Pemandangan Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo
Foto/Perbukitan Menoreh

Wisata Canting Mas Puncak Dipowono adalah wisata yang dikelola oleh Kawasan Wisata Terpadu Hutan dan Masyarakat (HKM) Kulon Progo. HKM Sido Akur sendiri yang mengelola wisata Canting Mas Puncak Dipowono

Pengunjung dapat melihat waduk sermo dari Puncak Dipowono, selain itu kalian akan disuguhkan dengan pemandangan bukit menoreh yang hijau, lokasi ini sangat cocok untuk bersantai bersama teman, sahabat hingga keluarga.

Selain itu, pengunjung dapat berselife di gardu pandang yang sudah disedikan pihak pengelola. wisata ini sangat cocok buat kalian yang ingin berburu foto berlatar pantai selatan dan pegunungan menoreh.

Fasilitas Wisata Canting Mas Puncak Dipowono

1.Kamar Mandi
Pengelola sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat .

2.Tempat Parkir
Wisata Canting Mas Puncak Dipowono memiliki halaman parkir yang cukup luas, untuk kalian yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir puncak dipowono cukup luas.

3.Warung Makan dan Minum
Setelah anda menempuh perjalanan jauh kalian tidak usah khawatir jika belum mengisi perut, disini juga tersedia warung makan dan minum yang cukup beragam.

4.Gazebo
Kalian bisa menggunakan Gazebo ini untuk sekedar berkumpul, maupun menikmati pemandangan dari puncak dipowono.

5.Spot Foto
Fasilitas yang satu ini dapat kalian dipuncak gunung lanang, pengelola wisata puncak dipowono juga menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment.