Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo

Wisata Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono Harga Tiket: Rp12.000 Jam Buka: 09.30 - 22.00 No. Telepon: 0813-2875-7268 Alamat: Jl Clreng Tamanan KM 6, Clapar 2, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55661.
Canting Mas Puncak Dipowono - Liburan menjadi hal yang  sangat di inginkan oleh semua kalangan baik kalangan pekerja dan pelajar. Bekerja sehari-hari membuat pikiran dan badan menjadi jenuh, oleh karena itu berwisata menjadi hal yang sangat direkomendasikan. 

Salah satu wisata kulon progo yang memiliki pemandangan yang eksotis yaitu Canting Mas Puncak Dipowono.

Berbicara wisata tentu tidak elok jika membahas kota jogja, kota yang mempunyai beranegraman wisata mulai dari wisata kuliner, budaya higga alam dapat kalian temui di kota gudeg ini. 

Pemandangan Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo

Kawasan Puncak dipowono memiliki tempat dan pemandangan alam yang sangat bagus, kalian dapat melihat hijaunya kota kulon progo dan sejuknya udara pegunungan menoreh.

Canting Mas Puncak Dipuwono berada di ketinggian 750 Mdpl. Dari puncak ini kalian dapat melihat perbukitan menoreh. Hamparan perbukitan yang hijau dapat memanjakan mata kalian membuat betah berlama-lama di wisata yang satu ini. 

Oleh karena itu Wisata Puncak Dipowono sangat cocok buat kalian melepas penat akibat berkerja seharian.

Baca Juga: Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam

Lokasi Canting Mas Puncak Dipowono

Wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata kulon progo ini tidak perlu khawatir mengenai lokasinya. Sebab, objek wisata ini satu kawasan dengan Wisata Alam Kalibiru dan Pule Payung. Anda dapat menggunakan bantuan Goggle Maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.
 
Alamat Canting Mas Puncak Dipwono berada di Jl Clereng Tamanan KM. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

      

Rute Menuju Canting Mas Puncak Dipowono

Untuk menuju lokasi wisata dengan mudah, jika kalian dari Jogja bisa menuju jalan Wates. Sesampainya di wates ambil arah menuju alun-alun wates. Sesampainya di sana kalian ikuti saja papan penujuk jalan menuju Clereng. 

Sesampainya di Clereng kalian akan melihat denaah wisata, untuk menuju Canting Mas Puncak Dipowono kalian harus belok kiri setelah pasar Clereng. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan penunjuk arah dan sampai di lokasi.

Jogja - Jalan Wates - Pasar Sentolo - Clereng - Pasar Clereng - Arah Kalibiru (Satu arah dengan kalibiru) - Taman Wisata Watu Gembel kemudian ambil arah ke kanan menuju Canting Mas Puncak Dipowono.

Baca Juga: Wisata Alam Kalibiru Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Canting Mas Puncak Dipowono

Wisatawan yang akan menikmati spot foto instagramable di puncak dipowono jogja akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp12.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan spot foto yang keren-keren.

Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Canting Mas Puncak Dipowono

Berbicara mengenai fasilitas, objek wisata ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola sudah menyediakan sarana penunjang bagi aktivitas wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya
  • Tempat parkir
  • Spot foto Instagramable
  • Mushola
  • Warung makan
  • Kamar mandi

Jam Buka Canting Mas Puncak Dipowono

Objek wisata ini buka setiap hari dan beroprasi mulai dari pukul 09.30 sampai pukul 22.00 WIB.

Mitos Canting Mas Puncak Dipowono

Mitos yang pertama terkait dengan penamaan objek wisata tersebut terutama kata "Canting Mas". Kata Canting Mas sendiri memiliki arti pependean atau dalam bahasa indoneisa berarti berjemur.

Dahulu lokasinya ini merupakan tempat yang sering dikunjungi bagi orang-orang yang kan meningkatkan ilmu kanuragan. Untuk memiliki ilmu tersebut harus melakukan beberapa proses seperti semedi dan bertapaan. Akhir dari proses tersebut yaitu berjemur.

Daya Tarik Canting Mas Puncak Dipowono

Wisata Canting Mas Puncak Dipowono adalah wisata yang dikelola oleh Kawasan Wisata Terpadu Hutan dan Masyarakat (HKM) Kulon Progo. HKM Sido Akur sendiri yang mengelola wisata Canting Mas Puncak Dipowono

Pengunjung dapat melihat waduk sermo dari Puncak Dipowono, selain itu kalian akan disuguhkan dengan pemandangan bukit menoreh yang hijau, lokasi ini sangat cocok untuk bersantai bersama teman, sahabat hingga keluarga.

Selain itu, pengunjung dapat berselife di gardu pandang yang sudah disedikan pihak pengelola. wisata ini sangat cocok buat kalian yang ingin berburu foto berlatar pantai selatan dan pegunungan menoreh.

Wisata Alam

Seperti yang anda tahu, puncak dipowono merupakan salah satu tempat tertinggi selain Wisata Alam Kalibiru, Bukit Cendana, dan Puncak Suroloyo. Panorama alam yang dapat anda lihat dari puncak ini adalah Waduk Sermo. Waduk Sermo menjadi salah satu wisata favorit kulon progo.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, canting mas terkenal dengan pemandangan sunrise yang memukau. Udara pagi yang sangat segar, berpadu dengan sunrise yang cantik, menjadikan sebuah perpaduan alam yang sangat memanjakan mata.

Spot Foto Instagramable

Pemandangan Canting Mas Puncak Dipowono, Wisata Favorit di Kulon Progo
Foto/Perbukitan Menoreh
Terdapat beberapa spot foto Instagramable yang dapat pengunjung gunakan, beberapa spot tersebut seperti Lantai Kaca, Perahu terbang, meja dan kursi. Uniknya lagi spot tersebut lokasinya berada di tepian jurang. Anda tidak perlu khawatir sebab kemanan spot foto tersebut sudah sangat terjamin.

Wisata Dekat Canting Mas Puncak Dipowono

Pule Payung

Pule Payung merupakan salah satu wisata alam di Jogja tepatnya berada di Kulon Progo. Sama halnya dengan wisata alam lainya, objek wisata ini memnyuguhkan berbagai spot foto Instagramable. Perbedaanya hanya terletak pada spot fotonya yang lebih dominan ke Ayunan.

Alamat Pule Payung berada di Soropati, RT 01/RW 03, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru Jogja merupakan salah satu wisata alam kulon progo terbaik. Dahulu wisata ini hanyalah puncak biasa yang kini disulap menjadi tempat wisata berkait Pemerintah DIY dan Masyarakat setempat. Dari puncak ini pengunjung dapat melihat Bukit Menoreh dan Waduk Sermo dengan jelas.

Alamat Wisata Alam Kalibiru berada di Jalan Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata canting mas puncak dipowono kulon progo. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kulon progo lainya yang tak kalah seru. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.