Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Bismo via Maron, Jalur Favorit Pendaki

Gunung Bismo adalah gunung yang berada di Watu Malang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bismo terletak disebelah Kabupaten Wonosobo, Tepatnya di dataran tinggi Dieng Wonosobo.

Gunung Bismo sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.365 Mpdl, gunung ini masih tergolong gunung yang masih perawan atau belum banyak dilalui oleh para pendaki. Bismo via Maron berada di Dusun Maron, Desa Mutisari, Kecamatan Watumalang.

Baca Juga: Pendakian Gunung Bismo via Sikunang

Bismo via Maron menjadi salah satu jalur yang sering dilalui oleh para pendaki, karena disepanjang perjalanan para pendaki akan disuguhkan dengan pepohonan yang rindang dan segarnya udara pegunungan khas dieng.

Pendakian Gunung Bismo via Maron

Pendakian Gunung Bismo via Maron, Jalur Favorit Pendaki
Pemandangan Gunung Bismo via Maron (Ig/pintu_hutan)
Banyak pendaki yang menjadikan Gunung Bismo sebagai salah satu gunung yang memiliki sunrise yang bagus. Sama perisis yang terjadi di gunung prau, pendaki dapat melihat pemandangan gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi- Merbabu jika cuaca sedang cerah.

Gunung Bismo sendiri memiliki empat jalur pendakian sekaligus yaitu Bismo via Silandak, via Pulosari, via Sikunang dan Gunung Bismo via Dewoduwur. Artikel yang akan kami bahas adalah pendakian gunung Bismo via Sikunang

Untuk menuju basecamp maron, para pendaki harus menempuh jarak kurang lebih 23 kilometer dari alun-alun kota wonosobo. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit untuk sampai basecamp, tergantung dengan kondisi lalu lintas juga.

Medan Gunung Bismo via Maron

Perjalanan menuju puncak bismo via maron masih tergolong mudah, banyak pendaki yang melalui basecamp maron karena trek pendakian tidak terlalu menguras tenaga. Sepanjang perjalanan pendaki akan melewati perkebunan milik warga.

Medan pendakian dilanjutkan dengan memasuki hutan yang masih rimbun. Disana kalian akan menjumpai pepohonan yang rimbun ditambah sejuknya udara pegunungan khas dieng, menambah kalian lebih semangat untuk melanjutkan pendakian.

Estimimasi Pendakian

Untuk memasuki basecamp bismo via maron para pendaki harus menerapkan protokol kesehatan. Untuk harga simkasi sendiri sebesar Rp15.000 Per orang dan parkir kendaraan roda dua (motor) sekitar Rp10.000 rupiah.

Saat terjadi pandemi seperti sekarang ini basecamp gunung bismo via maron hanya menyediakan kouta pendakian sebesar 100 orang perharinya. Untuk mencapai puncak gunung bismo pendaki harus melewati gerbang selamat datang.

Pendaki akan melalui 4 pos sebelum sampai ke puncak gunung bismo. Adapun 4 pos tersebut memiliki nama masing-masing yaitu Pos 1 Ngesong, Pos 2 Banyu Semurup, Pos 3 Dewi Simpang dan yang terakhir Pos 4 Cemoro Gondok.

Selain itu kalian akan menemui satwa endemik gunung bismo yaitu Lutung Jawa, jika kalian sedang beruntuk kalian dapat menemui endemik itu disepanjang jalur pendakian. biasanya lutung bergaluntungan di pepohonan yang cukup besar.

Rute Menuju Basecamp via Maron

Area Gn Campursari, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 5631

                    

  1. Dari Pusat kota langsung menuju arah Makam Mbah Muntaha (Alun-Alun Wonosobo)
  2. Pertigaan Agripeni, Ambil Kiri, Arah Unisiq Lurus, Pertigaan Kalibeber Ambil Lurus sampai Mojo Tengah.
  3. Sesampainya di sana kalian dapat menemui plang menuju arah basecamp kalian juga dapat menanyakan warga sekitar
  4. Setelah itu kalian dapat menanyakan warga sekitar, bisa juga menggunakan goggle maps.
Berikut ini adalah Tips mendaki Gunung Bismo

1.Membawa Jas Hujan
Untuk mengantisipasi cuaca yang tidak bisa ditebak, kalian wajib membawa jas hujan atau mantel

2.Matikan Smartphone saat cuaca buruk
mematikan smartphone saat cuaca buruk harus dilakukan untuk mengatisipasi kejadian yang tidak dininginkan seperti tersambar petir.

3.Membawa Pakian Ganti
Kalian wajib membawa pakian ganti yang dibungkus dengan plastik. Apalagi jika kalian mendaki gunung bismo saat musim hujan.

4.Membuang sampah pada tempatnya
Sebagai pegiat alam kita harus menjaga serta melestarikan alam dengan cara membuang sampah pendakian ketempatnya. kalian dapat membungkus sampah kalian menggunakan trash bag.

5.Jangan menggambil apapun kecuali foto
Slogan diatas dapat kalian temui disemua basecamp gunung. kalian wajib menjaga serta merawat apapun yang berada di alam bebas.

6.Memakai Pakian penutup
Disepanjang perjalanan kalian akan melewati hutan yang masih rimbun. usahakan menggunakan pakian yang menutup badan untuk mengantisipasi adanya hewan-hewan kecil yang bisa menempel di badan seperti ular, daun gatal dll