Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Bukit Pengilon Gunung Kidul, Spot Menikmati Pantai Selatan

Jika berbicara tentang jogja memang tidak ada habisnya. Kota Jogja selalu menghadirkan wisata yang menarik dan istimewa di setiap sudut kotanya. Dari arah utara Gunung Merapi hingga arah selatan Pantai Parangtritis , setelah meninggalkan kota ini pasti ada saja niat hati ingin kembali ke jogja.

Nah, salah satu tempat yang viral di Gunung Kidul adalah sebuah tempat yang cukup indah berupa bukit hijau untuk menikmati keindahan pantai selatan. Wisata tersebut yaitu Bukit Pengilon. Pengunjung dapat menikmati samudra selatan dengan mendirikan tenda sambil menikmati birunya laut selatan dan pemandangan hijau disekitarnya.

Wisata Bukit Pengilon

Wisata Bukit Pengilon Gunung Kidul, Spot Menikmati Pantai Selatan
foto (ig/wahyuindraswati_87)
Bukit Pengilon adalah salah satu wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah. Banyak para wisatawan yang menyamakan bukit pengilon dengan padang menggatah di sumatra barat. spot wisata ini dapat kalian kunjungi, Lokasi Bukit Pengilon sendiri berada di Gunung Kidul.

Bukit Pengilon sering dianggap seperti pegunungan di film Teletubis yang berlatar belakang hamparan bukit hijau, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas di wisata ini, mulai dari berfoto, bersantai di gazebo hingga kalian yang senang dengan kegiatan outdoor seperti camping.

Lokasi Menuju Bukit Pengilon

Wisata Bukit Pengilon berada di Desa Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul. Lokasi menuju bukit pengilon masih satu arah dengan wisata Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo. Wisatwan bisa melewati Pantai Siung. Karena bukit pengilon berada di sekitar pantai siung , namun lokasinya sedikit ke barat.

Untuk Menuju lokasi, kalian harus menempuh perjalnan yang cukup lama, jika kalian dari pusat jogja jarak yang akan ditempuh kurang lebih 70-75 km dan membutuhkan waktu 2-3 jam. Jalan menuju wisata ini cukup beragam karena terdapat jalan desa yang sedikit rusak, eit tapi nanti ada jalan halusnya juga.

Perjalanan dari pusat kota jogja menuju Jalan Wonosari, setelah di ujung jalan wonosari kalian ambil arah selatan menuju Pantai Baron, ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Mulo Wonosari lalu belok ke Timur. Kemudian kalian akan sampai di daerah Tepus dan harus melanjutkan perjalnan hingga Jalan Watu Lumbung. Kalian juga dapat menggunakan goggle maps jika merasa kebingungan.

Nama  :Bukit Pengilon
Alamat: Tepus,Purwodadi, Gunung Kidul, Yogyakarta 55883

                       

Fasilitas dan Harga Tiket Bukit Pengilon

Karena lokasi wisata yang cukup jauh dari kota, dilokasi tidak terdapat fasilitas misalnya kamar mandi apalagi tempat makan. Sehingga jika kalian ingin berwisata ini harus membawa bekal makanan atau beli sebelum berwisata.

Penggunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.5000 / orang. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp 2000. Sedangkan untuk kendaraan pribadi misalnya roda empat tarif parkir sebesar Rp 5000 - Rp 10.000
  • Harga Tiket Masuk Rp.5000 / orang
  • Parkir Mobil Rp.5000 / mobil
  • Parkir sepeda Motor Rp.2000 / motor

Hal Unik Bukit Pengilon

Wisata Bukit Pengilon Gunung Kidul, Spot Menikmati Pantai Selatan
Foto (ig/jan.nugroho)
Wisata Bukit Pengilon Gunung Kidul, Spot Menikmati Pantai Selatan
foto (hi.jogjatour)
Wisata Bukit Pengilon menjadi salah satu wisata yang ramai dikunjungi saat hari libur terutama saat akhir pekan. Bukit ini berada di kaki Gunung Purba Batur yang konon merupakan gunung Berapi Aktif. Untuk saat ini menjadi spot wisata untuk melihat pemandangan pantai selatan .

Dari Bukit Pengilon para wisata dapat melihat pemandangan Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung diarah timur. Lokasi pantai yang tidak jauh dari gunung purba membuat pantai-pantai di gunung kidul memiliki bebatuan yang cukup besar. Dari atas Bukit Pengilon kalian dapat melihat pemandangan bebatuan karang yang cukup eksotis.

Jika ingin melihat hamparan saban hijau, kalian bisa menggunjungi bukit pengilon saat musim hujan tiba. area yang begitu nyaman dan luas membuat wisata ini sering dijadikan tempat camping ground oleh penggunjung. kalian juga dapat menikmati hamparan laut tanpa berkemah, disekitar jalan-jalan terdapat tempat duduk yang dapat kalian gunakan untuk bersantai dan berfoto.

Waktu yang tepat untuk menggunjungi bukit pengilon adalah saat akhir musim hujan. Saat selesai musim hujan bukit pengilon akan terlihat hijau, seolah-olah berada di savana Swizterland. Meskipun begitu, wisatawan juga dapat mengunjungi bukit pengilon saat musim kemarau.