Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Goa Kebon Krembangan, Harga Tiket, Rute dan Lokasi

Kulon Progo memang menyimpan banyak wisata potensial, selain kalibiru, kedung pedut ada juga wisata yang baru diresmikan belum lama yaitu Wisata Goa Kebon Krembangan. Dimana wisata alam ini menampilkan curug sekaligus goa.

Bagi kalian yang suka berwisata, mengunjungi tempat rekresasi kurang populer merupakan hal yang tidak mengasikan ada juga yang berpendapat bahwa explorer tempat wisata baru lebih menantang. di daerah Kulon Progo tepatnya di dusun Krembangan, Panjatan terdapat destinasi wisata yang berlatar belakang curug sekaligus Goa, tak ada salahnya kalian untuk mencoba wisata baru ini untuk sekedar mengeksplornya.


Wisata Goa Kebon Krembangan, Harga Tiket, Rute dan Lokasi
Pemandangan Goa Kebon Saat Musim kemarau (Ig/masmooe_)
Air Terjun Goa Kebon mempunyai pesona yang cukup unik, karena terdapat air terjun sekaligus. Wisata alam ini menjadi buruan para wisatawan khusunya saat musim libur tiba. Apalagi jika kalian mengunjungi saat musim kemarau, air yang di goa kebon menjadi warna biru tosca, cukup keren kan.

Baca Juga: Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Wisata

Tunggi air terjunya kurang lebih sekitar 5 meter, terdapat juga batu karstnya yang cantik. Sekitar goa kebon terdapat pepohonan yang cukup rindang, memiliki udara yang segar, tempat ini sangat cocok untuk sekedar melepas penat akibat seharian bekerja. Tepat dibawah curug terdapat kolam yang dibuat oleh warga.

Tempat ini cocok bagi kalian untuk sekedar berburu foto . Apalagi ditambah dengan hiasan stalaktit yang sangat bagus. Tentu kalian tidak lupa untuk mengekplorasi Goa kebon yang tersebunyi dibelakang air terjun. Kalian juga dapat memasuki goa tersebut, akan tetapi kalian tidak bisa lebih dalam lagi untuk eksplor karena terdapat staltit dan stalakmit yang menutupi mulur goa.

Lokasi Goa Kebon

Lokasi Air Terjun Goa Kebon berada di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya cukup dekat dari Kedung Inggas dan Pantai Bugel. Sedangkan untuk menuju lokasi kalian dapat menggunakan Goggle Maps atau bertanya warga sekitar.

                                 


Fasilitas Goa Kebon

Objek Wisata Goa Kebon terbilang wisata yang baru diresmikan dan dikelola oleh warga sekitar khusunya warga Krembangan. Wisata yang menyuguhkan air terjun sekaligus goa tersebut memiliki fasilitas yang cukup bagus antara lain

1.Area Parkir
Wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. adapun tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Mushola
Jika kalian sedang menikmati goa kebon tidak usah khawatir jika belum menjalankan ibadah sholat bagi agama muslim. ditempat ini sudah disediakan mushola.

3.Kamar Ganti/MCK
Kalian juga dapat mandi di air tejun goa kebon, tidak usah panik soal ganti pakian pasalnya disini sudah disediakan kamar ganti. Kamar mandi disini cukup bersih.

4.Warung Makan
Jika kalian dari perjalanan jauh untuk mengunjungi goa kebon tidak usah panik, disini juga tersedia warung yang menjajakan maknan yang cukup lengkap. selain itu, kalian dapat mencicipi maknan khas kulon progo yaitu geblek.

Mitos Tentang Goa Kebon

Goa Kebon ternyata memiliki mitos yang cukup mengerikan. Saat kami berkunjung ke wisata tersebut dan belum terlalu ramai seperti sekarang ini. Beberapa warga sekitar menceritakan bahwa dahulu goa kebon adalah jalur menuju gunung merapi.

Selain itu dahulu terdapat orang yang ingin memasuki goa tersebut, alhasil mereka tidak kembali lagi. ada juga yang mencoba menggunakan ayam sebagai kelinci percobaan tapi juga hilang entah kemana. Menurut warga jika kalian memasuki goa tersebut tidak bisa kembali lagi, mungkin medan untuk masuk goa semakin mengecil karena terdapat setalktit dan stalakmit yang menutupi mulut goa.

Daya Tarik Goa Kebon

Sebelum memasuki goa kebon kalian akan menemukan jalan bertangga dengan hiasan bambu yang di buat oleh warga untuk menambah daya tarik wisata kebon. Kalian dapat menggunakan lokasi ini untuk mendapatkan foto yang intgramble.

Selain itu, Pengunjung dapat menuruni hingga bawah air terjun dan disepanjang aliran sungai terdapat bambu yang dibuat untuk menyalurkan air ke arah kolam-kolam yang berada di samping mushola.

Harga Tiket Masuk

Untuk kalian para traveler tidak usah panik tentang harga tiket masuk wisata goa kebon, pasalnya wisata ini dapat kalian kunjungi dengan biaya cukup murah. Harga tiket masuk goa kebon hanya Rp 5000 sedangkan harga parkir Rp 2000 untuk roda 2, Rp 5000 untuk kendaraan roda empat / kendaraan pribadi.