Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Goa Selarong, Wisata Sejarah Pangeran Diponegoro di Jogja

Banyak wisatwan yang berkunjung di jogja untuk sekedar berwisata. Biasanya wisatwan akan mengunjungi tempat wisata seperti Kalibiru, Bukit Bintang, dan Tebing Breksi yang terkenal dengan pemandangan eksotisnya, tetapi jika kalian bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja Goa Selarong bisa menjadi opsi yang bisa kalian coba.

Baca Juga:Wisata Pantai Kuwaru Bantul

Goa Selarong adalah wisata yang cukup lengkap, mulai dari wisata religi, wisata historis hingga wisata mistis dapat kalian jumpai disana. Goa Selarong terkenal dengan wisatanya yang spiritual dan religius.

Wisata Goa Selarong, Wisata Sejarah Pangeran Diponegoro di Jogja
Jalan Menuju Goa Selarong (Ig/Goaselarong)
Goa Selarong adalah tempat bersejarahnya Pangeran Diponegoro serta pengikutnya saat bertempur melawan Belanda. Di sana kalian akan melihat pemandangan dua gua sekaligus, Gua yang pertama diberi nama Goa Putri, konon goa putri adalah tempat peristirahtan istri Pangeran Diponegoro yang bernama Raden Ayu Ratnaingsari beserta para pengikutnya.

Berada di sebelah timur terdapat juga goa yang di beri nama Goa Kakung, goa kakung adalah goa tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro saat itu. Goa ini cukup sempit dan memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter dan lebar 2 hingga 3 meter.

Lokasi Goa Selarong

Goa Selarong beradadi Dusun Kembang Putih, Gowasari, Pajangan, Bantl. Dari pusat Jogja kalian bisa menuju arah Jalan Bantul. Kemudian lanjutkan hingga menemui gapura "Selamat Datang di Bantul" hingga bertemu dengan perempatan ambil arah kanan menuju Goa Selarong.

Nama: Goa Selarong
Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul
                         

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp3.000 per orang. Selain itu biaya parkir kendaraan roda dua sekitar Rp2000, untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi atau roda empat sebesar Rp5.000 - Rp10.000 Rupiah.

Goa Selarong buka dari jam 08.00 pagi hingga 16.00. Selain itu goa selarong mememiliki fasilitas yang sudah disediakan untuk pengunjung yang cukup lengkap, adapaun fasilitas goa selarong sebagai berikut:

1.Area Parkir
Wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas bagi kendaraan roda 2 maupun roda 4, kalian bisa menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat. adapun tarif untuk roda dua sekitar Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp 5000

2.Mushola

Jika kalian sedang menikmati goa kebon tidak usah khawatir jika belum menjalankan ibadah sholat bagi agama muslim. ditempat ini sudah disediakan mushola.

3.Kamar Ganti/MCK

Di wisata yang satu ini juga telah disediakan kamar mandi yang bersih, jadi kalian tidak usah kawatir jika ingin buang air kecil

4.Warung Makan

Kalian dapat menemui Warung makananan di sekitar Goa Selarong, selain itu makanan yang dijual di sana cukup lengkap.

Hal Unik di Goa Selarong

1.Pagar Gaib
Dahulu sejak rumah Pangeran Diponegoro di bumi hanguskan oleh pihak Belanda, Pangeran Diponegoro menjadikan Goa Selarong menjadi tempat berlindung beserta bala tentaranya, disini pangena menyusun strategi untuk mengalahkan belanda. Hingga suatu saat belanda tidak mengetahui bahwa Pangeran Diponegoro bersembunyi di dalam Goa Selarong. Konon disini pihak belanda tidak meilhat ujung goa, karena di sini terdapat pagar gaib dan hanya pangeran diponegoro dan bala tentaranya yang dapat keluar masuk dengan bebas.

2.Tempat Kramat
Goa Selarong menjadi salah satu tempat kramat di Jogja. Goa selarong menjadi mistis saat acara Suronan, malam jumat dan selasa Kliwon. Konon saat malam itu terdengan suara gending jawa yang ditabuh dalam goa. Padahal tidak satu orang pun yang terdapat didalam goa.

3.Goa Kakung dan Goa Putri
Di Goa Selarong terdapat 2 goa sekaligus. Goa Kakung adalah tempat beristirahatnya Pangeran Diponegoro. Sedangkan Goa Putri adalah kediaman Istri Pangeran Diponegoro. Goa ini wajib kalian kunjungi saat berada di jogja.