Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wisata Goa Selarong, Wisata Sejarah Pangeran Diponegoro di Jogja

Goa Selarong

Goa Selarong Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Gowasari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55751.
Goa Selarong Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan goa yang banyak dikungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di jogja. Banyak mereka mengunjungi tempat untuk sekedar berwisata maupun belajar sejarah. Biasanya para wisatawan lebih memiliki tempat dengan pemandangan alam yang indah seperti Hutan Pinus Mangunan dan Wisata Kalibiru.

Goa Selarong Jogja merupakan salah satu goa yang cukup terkenal karena dahulu goa ini digunakan sebagai tempat pertahanan Pangeran Diponegogoro beserta pasukanya saat melawan belanda. Saat memasuki objek wisata, pengunjung akan melihat Patung Pangeran Diponegoro yang diletak dekat gerbang masuk sebagai pahlawan Goa Selarong Bantul.

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa patung beliau diberikan warna hitam. Menurut sesepuh setempah pemberian warna hitam dengan posisi menaiki kuda merupakan lambang sebagai tanda keberanian dan perjuangan pada saat melawan belanda pada zaman dulu. Selain patung berwarna hitam, terdapat juga patung yang memili warna putih yang lokasinya berada didekat tempat parkir.

Wisata Goa Selarong, Wisata Sejarah Pangeran Diponegoro di Jogja
Jalan Menuju Goa Selarong (Ig/Goaselarong)

Goa Selarong memili lebar 4 meter dan tinggi goa 2 meter dan lokasinya berada di perbukitan kapur yang memiliki ketinggian 35 meter. Terdapat juga pepohonan rimbun yang berada disekitar goa. Bagi wisatawan yang akan menuju ke goa ini harus berjalan kaki sejauh 400 meter serta menaiki ratusan anak tangga.

Baca Juga: Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Objek Wisata Favorit

Lokasi Goa Selarong

Wisatawan yang akan menuju goa yang penuh dengan sejarah ini harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota jogja. Sedangkan untuk akses menuju lokasi wisata dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Alamat Goa Selarong berada di Dusun Kembang Putih, Gowasari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Jogja kalian bisa menuju arah Jalan Bantul. Kemudian lanjutkan hingga menemui gapura "Selamat Datang di Bantul" hingga bertemu dengan perempatan ambil arah kanan menuju Goa Selarong.

                         

Rute Menuju Goa Selarong

Bagi wisatawan yang sedang berada dipusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju Goa Selarong Bantul. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senipati hingga menemukan perempatan lalu belok ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso.

Dari Jl Brigjen Katamso arahkan kendaraan anda ke barat menuju Jl Mayjen Sutoyo, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan. Dari perempatan ke barat menuju Jl Suryodiningratan terus menuju pertigaan lalu belok ke kanan menuju Jl Bantul.

Dari Jl Bantul arahkan kendaraan ke barat menuju Jl Selarong lalu menuju Jl Goa Selarong. Iktui saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata. Perjalanan menuju lokasi menempuh jarak sejauh 13 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 35 menit dengan kondisi lalu-lintas normal.

Baca Juga: Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan goa tidak perlu khawait mengenai harga tiket. Wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang. 

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil

Jam Buka

Goa Selarong buka dari jam 08.00 pagi hingga 16.00.

Fasilitas Goa Selarong Bantul

Fasilitas yang berada diwisata ini sudah sangat bagus. Pihak pengelola wisata sudah membangun beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan. Mereka berpesan supaya pengunjung tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak benda-benda yang berada di goa, Beberapa fasilitas diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Sarana bermain untuk anak-anak
  • Gazebo untuk bersantai
  • Area kemah atau camping
  • Kamar mandi

Hal Unik di Goa Selarong

Pagar Gaib

Dahulu sejak rumah Pangeran Diponegoro di bumi hanguskan oleh pihak Belanda, Pangeran Diponegoro menjadikan Goa Selarong menjadi tempat berlindung beserta bala tentaranya, disini pangena menyusun strategi untuk mengalahkan belanda. Hingga suatu saat belanda tidak mengetahui bahwa Pangeran Diponegoro bersembunyi di dalam Goa Selarong. 

Konon disini pihak belanda tidak meilhat ujung goa, karena di sini terdapat pagar gaib dan hanya pangeran diponegoro dan bala tentaranya yang dapat keluar masuk dengan bebas.

Ukuran Goa

Sekilas tampak dari depan goa ini memiliki bentuk yang kecil. Ukuran Goa Selarong secara keseluruhan berukutan 4 x 3 meter. Namun, menurut penuturan pihak pengelola, goa ini mampu menampung 400 orang pasukan diponegoro. Di depan mulut goa terdapat sebuah batu yang konon digunakan untuk bersemedi pangeran diponegoro.

Semula berawal saat pangeran diponegoro dengan keberanianya untuk mencabut pancang-pancang yang digunakan belanda untuk membuat jalan raya sebagai bentuk ketidak terimanya karena melewati pekarangan milik masyarakat.

Karena hal tersebut, pihak belanda lalu membakar habis rumah pangeran diponegoro yang berada di Tegalrejo. Bahkan Belanda melakukan pengepungan untuk menangkapnya pada tahun 21 juli 1825.

Wisata Dekat Goa Selarong

Curug Pulosari

Curug Pulosari Bantul merupakan salah satu wisata air terjun yang banyak diminati oleh wisatawan. Nama Pulosari sendiri diambil dari bentuk ukuran air terjunya yang kecil serta lokasi air terjun tersebut. Letak air terjun ini berada di bawah jurang yang cukup dalam. Setibanya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan pesona alam berupa pepohonan hijau yang menjulang tinggi.

Ketinggian Air Terjun Pulosari 5 sampai 7 meter, Walaupun begitu tempat ini sangat cocok untuk anda nikmati bersama teman, sahabat, dan keluarga. Uniknya lagi, air terjun ini memliki bentuk seperti tirai putih yang dibawahnya terdapat sebuah kolam. Pengunjung juga bisa bermain air dengan berenang maupun bersantai disekitar air terjun.

Taman Puspa Gading

Taman Puspa Gading Bantul merupakan objek wisata yang cukup bari di yogyakarta. Taman ini menyuguhkan berbagai wahana edukasi yang sangat seru, oleh sebab itu wisata ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai anak kecil.

Terbentuknya taman ini merupakan dari ide warga yang awalnya hanya iseng saja. Namun karena viral dimedia sosial dan naik daun kemdudian menjadi wisata yang sangat digemari  oleh wisatawan lokal.

Selain menyuguhkan pemandangan bunga yang cantik. Taman ini juga memiliki beberapa wahan edukasi yang sangat cocok buat keluarga. Alamat Taman Puspa Gading berada di Grujugan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut diatas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata goa selarong bantul. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alamlainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata bantul. Tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.