Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba!

5 Wisata Jogja Bernuansa Bali - Liburan di pulau bali merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh para wisatawan. Banyak wisatawan yang rela merogoh kocek lebih dalam hanya ingin menikmati wisata yang ada di bali. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata di bali tidak perlu menghabiskan uang untuk jauh -jauh ke bali.

Anda bisa menikmati wisata khas bali yang berada di jogja, selain memiliki suasana yang hampir sama, lokasi wisata ini mudah di jangkau dan tentunya harga sangat bersahabat. Berikut ini 5 wisata jogja khas bali yang bisa anda kunjungi:
  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pura Vaikuntha Vyomantara
  • Air Terjun Kedung Kandang
  • Queen South Resort

1.Pantai Ngobaran

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba
Pantai Ngobaran Gunung Kidul merupakan salah satu pantai yang menyerupai Wisata Uluwatu, Bali.
(Foto Ig/dedy.irawan)

Kawasan Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul terdapat tempat ibadah 2 umat, bagi umat islam dan umat hindu, yakni masjid dan pure. Oleh sebab itu tempat ini dijuluki jogja ala bali karena terdapat bangunan pure yang berada di tepi pantai yang menyerupai Uluwatu dan berbeda dengan pantai pada umumnya.

Nama Pantai Ngobaran sendiri berasal dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak. Pada saat itu Kerajaan Majapahit masih dipimpin oleh Raja Prabu Brawijaya V. Singkat cerita suasu haru kerajaan majapahit diserang oleh kerajaan Demak yang di pimpin oleh Raden Patah, Raden Patah merupakan putra dari Prabu Brawijaya V.

Pantai Ngobaran memiliki lokasi yang berada di atas tebing dengan bangunan khas bali yaitu Pura. Wisatawan dapat merasakan sensasi seperti di Uluwatu, Bali. Dari ketinggian wisatawan dapat melihat hamparan pasir putih ditambah dengan birunya samudra laut selatan.
  • Harga Tiket Masuk Rp.5000 / orang.
  • Parkir Motor Rp.2000 / motor
  • Parkir Mobil Rp.5000
  • Parkir Bus Rp.10.000 - Rp.20.000
  • Spot Foto Rp.2000 - 5000
  • Jam Oprasional 24 jam

2.Pantai Pok Tunggal

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba
 Pantai Pok Tunggal yang berada di Gunung Kidul memiliki tempat diving dan snorkeling yang bagus
(Foto ig/pantao_poktunggal)
Pantai Pok tunggal memiliki julukan "The Hidden Paradise" julukan ini diberikan karena pantai ini memiliki pemandangan layaknya di surga. Selain itu pantai pok tunggal memiliki ekosistem yang sangat bagus, lokasi pantai pok tunggal berada di perbukitan karts yang membentanginya.

Meskipun lokasinya yang berada di balik perbukitan, pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan baik saat hari biasa, weekend maupun libur panjang. Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai ini mulai dari bersantai, berjemur maupun berenang di tepi pantai.

Daya tarik dari pantai Pok Tunggal adalah pengunjung dapat melakukan diving dan snorekling. Pengunjung tidak perlu khawatir tersetet ombak, karena lokasi ini berada di perairan tenang. Selain memiliki perairan tenang pemandangan bawah laut di pantai Pok Tunggal sangat bagus, anda dapat membawa peralatan diving sendiri dari rumah.


3.Pura Vaikuntha Vyomantara

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba
Pura Vaikuntha Vyomantara dengan ciri khas bangunan umat hindu yang berada di Bali
(Foto ig/m.solidikin_)
Mungkin beberapa wisatawan masih asing dengan nama pura yang satu ini. Pura Vaikuntha Vyomantra di bangun pada lahan kurang lebih 50 hektare jika diubah dalam meter menjadi 5.000 M2. Pura ini berada di kawasan Pangkalan Udara Adisucipto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pura ini masih satu komplek dengan Musem Dirgantara Adisucipto.

Nama pura Vaikuntha Vyomantara di ambil dari kata Vaikuntha yang memiliki arti Inkarnasi Shri Wisnu, Shri Wisnu sendiri di liputi oleh Maya (Tanaman suci), Sedangkan Vyomantara memiliki arti alam di mana Dewa Wisnu mencapai kesempuranaan paling tinggi.

Sama halnya dengan pura yang berada di bali, Pura Vaikuntha Vyomantara memiliki arsitektur khas bali, dimana wisatawan dapat merasakan sensai budaya Bali di Jogja. Bagi wisatawan yang akan mengunjungi pura ini harus mengikuti aturan yang telah dibuat dengan ijin terlebuh dalu jika tidak kepentingan sembayang.

4.Air Terjun Kedung Kandang

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba
Pemandangan yang indah Air Terjun Kedung Kandang yang di foto menggunakan drone 
(Foto/ig indoflashlight)
Berbeda dengan yang lainya yang berkaitan dengan tempat sembayang, kali ini terdapat wisata air terjun yang menyerupai air terjun di Ubud, Bali. Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun terbaik di jogja yang lokasinya berada di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Yang membuat Air Terjun Kedung Kandang berbeda dengan air terjun pada umunya adalah terdapat susunan batuan vulkanik yang terbentuk dengan sendirinya. air terjun ini berada di gugusan tebing dan dikeliling sawah yang berbentuk terasiring.

Untuk menuju Air Terjun Kedung Kandang pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km dengan medan berbukit. Walaupun harus sedikit menguras tenaga anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang cukup luas. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata ini adalah saat musim hujan, selain terdapat airnya pengunjung juga dapat sawah yang hijau.


5.Queen South Resort.

5 Lokasi Wisata di Jogja Bernuansa Bali, Traveler Wajib Coba
Pemandangan pantai selatan dari infinity pool (Foto ig/queenofthesouth_resort)
Wisata khas bali selanjutnya adalah berupa tempat peristirahatan. Queen South Resort ini memiliki kemiripan dengan resort-resort yang berada di bali. Perbedaanya terletak pada pemandanganya yang menghadap ke pesisir pantai selatan pulau jawa dari ketingian.

Fasilitas yang berada di Quenn South Resort cukup mewah antara lain infinity poll yang langsung menghadap ke pantai. Lokasi Queen South Resort masih satu kawasan dengan pantai Parangtritis, artinya pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 25 km dari pusat kota jogja.

Jika anda berkunjung ke jogja harus mencoba fasilitas yang satu ini, pemandangan saat sore hari lebih bagus karena anda dapat melihat secara langsung matahari tenggelam (Sunset). Untuk menikmati pemandangan dari queen south resort pengunjung harus merogoh uang sebesar Rp.75.000 (Senin-Kamis) dan Rp.100.000 (Jumat-Minggu).