Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pantai di Kulon Progo dengan Sunset Terbaik, Wajib anda Kunjungi

Kulon progo memang memiliki deretan pantai yang menjadi daya tarik wisatawan. Berada di sebelah barat kota jogja, untuk menuju kulon progo dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota jogja.

Apalagi setelah beroprasinya bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang dapat mempermudah wisatawan dari luar daerah untuk berwisata di kulon progo.

Kulon Progo memang memiliki wisata yang sangat terkenal yaitu wisata alam kalibiru, deretan pantai di kulon progo tak kalah cantik untuk anda kunjungi. Apalagi pada saat sore hari, banyak wisatawan yang ingin mengunjungi pantai di sore hari hanya untuk melihat matahari tenggelam (Sunset). Berikut ini adalah 5 pantai dengan sunset terbaik di kulon progo.

1.Pantai Congot

Pemandangan sunset yang memukau di pantai congot (Foto ig /saaputriindah)

Pantai Congot merupakan salah satu pantai yang berada di kabupaten kulon progo, bagian ujung jogja dan berbatasan langsung dengan kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan berupa pepohonan mangrove. Pohon mangrove di sekitar pantai congot memang ditanam oleh masyarakat sekitar untuk mencegah absari laut ke daratan.

Saking banyaknya pohon mangrove membuat pemandangan disekitar pantai terlihat estatik dan membuat pantai congot banyak dikunjugni wisatawan terutama kalangan muda untuk berburu foto yang naturals

Selain itu memiliki pemandangan yang natural, pepohonan mangrove sering digunakan untuk penelitian para pelajar terutama mahasiswa.

  • Harga Tiket Masuk Rp.3000 / orang
  • Jam Oprasional:07.00 pagi – 17.00 Sore
  • Parkir Kendaraan motor Rp.3000 sedangkan mobil Rp.10.000

2.Pantai Bugel

Pemandangan pantai bugel yang indah di tambah dengan pepohonan cemara (Foto ig/rio_alghazi)

Pantai Bugel adalah salah satu pantai yang berada di Gumuk Watu, Bugel, Panjatan. Pantai ini menawarkan pemandangan yang cukup bagus. Wisatawan dapat melihat hamparan rumput hijau yang cantik dan birunya pantai bugel yang sangat eksotis.

Pantai Bugel memiliki banyak spot yang bisa anda coba. Selain memiliki pemandangan bagus, pasir di pantai bugel memiliki kandungan besi yang sangat bagus. Dahulu pantai bugel pernah di jadikan tempat penambangan pasir. Meskipun begitu tanaman disekitar pantai bugel sangat indah.

Perjalanan dari pusat kota jogja menuju pantai bugel membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat, jalan menuju pantai bugel mudah di jangkau.

  • Harga Tiket Masuk Rp.4000 / orang.
  • Jam Oprasional 24 jam
  • Parkir kendaraan roda dua Rp.3000 sedangkan roda empat Rp.10.000.

3.Pantai Trisik

Laguna pantai trisik yang biasanya di penuhi wisatawan (Foto ig/isa_hbrr)
Pantai Trisik adalah pantai yang berada di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Di pantai trisik pengunjung dapat melihat penangkaran penyu yang di kelola oleh dinas terkait dan warga.

Selain menjadi daya tarik wisata, keberadaan penyu ini di manfaatkan untuk kebutuhan edukasi. Perjalaan menuju pantai terisik akan menempuh waktu 1,5 jam dan berjarak 37 kilometer dari pusat kota jogja.

Perjalan menuju pantai trisik akan terasa menyenangkan karena pengunjung akan melihat hamparan sawah hijau di tambah dengan pegunungan menoreh yang terlihat sangat memukau. Selain itu terdapat juga kebun kelapa milik warga menambah berlibur semakin seru.
  • Harga Tiket Masuk: Rp.3000 / orang.
  • Daya Tarik: Pemandangan lautan, penangkaran, pemendangan sepanjang perjalanan.
  • Tarif parkir kendaraan bermotor Rp.3000 sedangkan roda empat Rp.10.000.

4.Pantai Glagah Indah 

Pemandangan beton pemecah ombak yang berada di pantai glagah (Foto ig/ kirito_odomoru)
Pantai Glagah merupakan salah satu pantai wisata favorit terbaik di Kulon Progo. Konon katanya menurut masyarakat sekitar pantai glagah merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari tenggelam (Sunset). Pantai glagah memiliki pasir yang berwarna hitam. 

Lokasi pantai glagah indah berada di dekat bandara Yogyakarta Internasional Airpot (YIA). Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati wahana perahu yang bisa disewa dengan biaya terjangkau. Di Pantai glagah Kulonprogo banyak lokasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti pelabuhan, pemecah ombak,kebun buah naga dan lokasi wisata lainnya.

Salah satu tempat favorit di pantai glagah adalah keberadaan beton pemecah ombak yang tertata dengan rapi di pinggir pantai. Bentuk beton ini sangat unik karena di buat khusus untuk pemecah ombak, bentuknya berupa empat kaki.
  • Harga Tiket Masuk Rp.4000 / orang.
  • Jam Oprasional 24 jam
  • Tarif parkir kendaraan bermotor Rp.3000 sedangkan untuk mobil Rp.10.000.

5.Pantai Kadilangu

Pemandangan sunset di pantai kadilangu yang sangat cantik (Foto ig/banyumango)
Pantai Kadilangu adalah pantai yang belum lama dibuka, lokasi pantai kadilangu sendiri berada di Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki spot foto yang bagus sehingga banyak wisatawan yang mengunjunggi pantai ini.

Spot foto menarik antara lain Kibar Kadilangu, Jembatan Cinta, Kadilangu van Java, Tower Kadilangu, Ular Naga Kadilangu, Sangkar Penantian dan Jembatan Tempo dulu. selain itu terdapat juga hamparan hutan mangorve.

Jarak Pantai Kadilangu dari pusat kota jogja sekitar 55 km dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 setengah jam. Di Sepanjang perjalanan menuju pantai kadilangu anda akan disuguhkan pemandangan sawah dan perbukitan menoreh yang sangat keren.
  • Harga Tiket Masuk Rp.4.000 / orang.
  • Parkir motor Rp.3000 sedangkan untuk mobil Rp.10.000.
Itu dia ulasan 5 pantai dengan sunset terbaik di Kulon Progo, jadi apakah anda tertarik untuk mencoba mengunjungi pantai ini? Anda bisa mengajak teman, sahabat, keluarga untuk menghabiskan waktu luang bersama mereka.