Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Gunung yang cocok untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari

5 rekomendasi gunung untuk Pendaki Pemula - Mendaki gunung akhir-akhir ini menjadi hobby yang banyak di gandrungi oleh semua kalangan baik anak muda maupun orang tua. Kalian dapat mendaki gunung yang kalian inginkan bersama teman-teman anda.

Apalagi bagi anda yang baru pertama kali naik gunung, sebelum melakukan pendakian pastinya harus mempersiapkan dengan matang baik fisik, perbekalan maupun ilmu tentang survival.

Walau begitu, banyak pendaki pemula yang sedikit takut untuk mencoba. Di Indonesia terdapat berbagai macam trek pendakian mulai dari yang mudah hingga sulit. Bagi kalian yang baru naik gunung bisa melakukan pemanasan dan persiapan dengan matang.

Dari kanal YouTube bung Fiersa Besari, beliau banyak pengalaman mulai dari bermusik, menulis hingga hobby mendaki gunung, berikut ini adalah lima rekomendasi gunung bagi pemula menurut Fiersa Besari.

1.Gunung Kawah Ijen

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari
Foto (ig/andre_vladimirovic_yo)
Gunung Kawah Ijen adalah gunung yang berada di berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.gunung ini sangat di rekomendasikan untuk pendaki pemula karena mempunyai medan yang cukup mudah ditambah dengan pemandanganya yang sangat bagus. 

Jika malam hari terdapat pemandangan cantik blue firenya. Rute pemandaikianya yang sering dilalui pendaki membuat jalan mudah dilalui, terdapat pagar dan tangga yang memudahkan bagi pendaki untuk mencapai puncaknya.

2.Danau Gunung Tujuh

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari
Foto (ig/jajang_aris_kurnia)
Lokasi Danau Gunung Tujuh berdekatan dengan Gunung Kerinci tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Provinsi Jambi, Sumatera. Sebenarnya gunung tujuh bukan benar-benar gunung tetapi sebuah danau yang berada di ketinggian berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut dan dinobatkan menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara.

Menerut Fiersa Besari trek untuk menuju danau gunung tujuh cukup menantang dan serunya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung sekaligus.

3.Gunung Sindoro

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari
Foto (ig/Indra.gunawn)
Gunung Sindoro menjadi gunung yang sangat direkomendasikan bagi pendaki pemula. Gunung ini berdekatan dengan Gunung Sumbing biasanya pendaki menyebutnya dengan gunung sumbing dan sindoro. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 mdpl dan letaknya di dua kabupaten sekaligus yaitu Temanggug dan Wonosobo Jawa Tengah.

Menurut Fiersa Besari, pemandangan dari pos pendakian lebih cantik dari pada dipuncak. Apalagi jika cuaca sedang cerah-cerahnya, sunrise akan terlihat sangat jelas saat sore hari. Bagi kalian yang tidak ingin terlalu mengguras tenaga bisa menggunakan ojek dari basecamp sampai pos 1.

Baca Juga:Fakta dan Misteri tentang Gunung Sindoro

4.Gunung Kerenceng

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari
Foto (ig/Yayangramdani27)
Gunung Kerenceng ini letaknya di provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sumedang, Gunung Kerenceng memiliki ketinggian kurang lebih 1.736 Mdpl. Gunung ini masih belum terkenal cukup luas dikalangan pendaki, untuk menuju puncak pendaki harus melewati jalur dengan medan setapak.

Fiersa Besari sangat merekomendasikan untuk mendirikan tenda di jalur pendakian satu malam, waktu subuh adalah waktu yang tepat untuk menuju puncak agar mendapatkan pemandangan yang bagus.

5.Gunung Papandayan

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula versi Fiersa Besari
Foto (ig/Deamonita)
Gunung Papandayan ini berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan , Gunung Papandayan memiliki ketinggian kurang lebih 2665 mdpl. Gunung ini termasuk gunung yang menyenangkan dang sangat cocok buat pendaki pemula, disepanjang perjalnan pendaki dapat melihat pemandangan pepohonan mati yang sangat ekostis.

Hal seru yang dapat anda lakukan di gunung papandayan yaitu kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di padang savanna Edelweiss. Namun untuk menikmati gunung papandayan pendaki harus membayar tiket masuk yang sedikit mahal.

Baca Juga:New Normal, Gunung Papandayan di Buka 

Itu dia beberapa 5 gunung yang cocok untuk pemula versi bung fiersa besari. Selain memiliki jalur yang tergolong mudah, pemandanganya juga tak kalah bagus dengan gunung-gunung lainya. 

Jika anda sudah memiliki banyak pengalaman tentang dunia pendakian, anda bisa memilih gunung dengan medan dan trek yang berat. Jangan lupa harus mempersiapkan semuanya mulai dari fisik, pengetahuan dan perbekalan yang lengkap.