Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Tentang Pendakian Gunung Bismo via Ngandam

Fakta Gunung Bismo via Ngandam - merupakan salah satu gunung yang berada di daerah Kabupaten Wonosobo. Gunung bismo terletak di sebelah utara kabupaten wonosobo ,Gunung bismo  berada di sekitar  daerah dataran tinggi daerah  Dieng Wonosobo.
Gunung Bismo memiliki ketinggiankurang lebuh 2.200 Mdpl ini masih tergolong masih baru dan jarang dilalui oleh pendaki. Gunung Bismo sendiri memiliki medan yang cukup mudah dengan jurang-jurang terjal membuat pemandangan semakin indah.

Pendakian Gunung Bismo via Ngandam

7 Fakta Tentang Pendakian Gunung Bismo via Ngandam
Pemandangan Gunung Bismo (Foto ig/ubhayby)
Untuk mencapai puncak gunung Bismo anda haurs bisa melalui banyak pilihan tempat seperti jalur via sikunang, via pulosari, dan via dewoduwur tapi menurut saya medan yang paling mudah adalah dengan via melalui dusun Silandak, Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. 

Karena jika melewati jalur ini jalan sampai ke p uncak sudah jelas dan mudah karena sering dilewati orang, sedangkan kalau lewat jalan lain tidak jelas jalannya dan masih seperti gunung yang belum pernah  di jammah oleh  manusia.  Berikut ini adalah Fakta Pendakian Gunung Bismo via Ngandam.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Bismo

1.Sepi

Alasan yang pertama mengapa jalur pendakian gunung bismo via ngandam dapat menjadi alternatif untuk mencapai puncak gunung bismo. Jalur ini masih sangat jarang dilalui oleh pendaki, biasanya pendaki lebih memilih jalur yang cukup ramai seperti silandak, deroduwur, sikunang dan mojosari.

2.Lokasi Strategis

Lokasi gunung bismo via ngandam berada di antara tengah-tengah 2 basecamp sekaligis. Jika anda berada di arah Banjarnegara pasti akan melewati basecamp Pulosari, Sedangkan jika anda dari arah Dieng, Wonosobo maka akan melewati basecamp sikunang.

3.Terdapat Ojek

Bagi anda yang tidak ingin menguras tenaga cukup banyak dan menghemat tenaga bisa menggunakan alternatif menggunakan ojek. Jalur via Ngandam menyediakan ojek dari basecamp menuju pos 1. Harga yang ditawarkan oleh pak ojek beraneka ragam, kalau normalnya Rp20.000,- tetapi jika anda bisa menawarnya tentu bisa lebih murah.

4.Basecamp berada di Atas Awan

Hal yang membuat basecamp ngandam berbeda dengan basecamp pendakian gunung bismo pada umumnya adalah lokasi desanya berada di dataran tinggi. Jika cuaca sedang cerah anda dapat melihat lautan awan, sunset dan beberapa gunung di jawa tengah seperti gunung Slamet, Sindoro Sumbing dan Prau.

5.Jalur Pendakian Aman

Jalur bismo via ngandam sangat di rekomendasikan buat pendaki pemula. Jalur ini memiliki trek pendakian yang cukup mudah antara semen dan tanah. kondisi medan masih sangat bagus. Bagi anda yang baru pertama kali mendaki gunung, bisa memilih jalur ngandam sebagai alternatifnya. Estiminasi pendakian dari Basecamp sampai puncak membutuhkan waktu 2 jam dengan jalan santai.

6.Camp area yang Luas.

Selain memiliki trek pendakian yang cukup mudah, bismo via ngadam juga memiliki tempat mendirikan tenda (Camp) yang cukup luas. Para pendaki tidak perlu khawatir jika terkena badai amgin, karena lokasi camp area ngandam berada di antara cekungan yang cukup aman dan terhindari dari badai.

7. Terowongan Kemin

Pendaki akan melewati trek yang terbuat dari tanah dan semen, memasuki hutan pendaki akan melewati terowongan kemin, Terowongan Kemin sendiri adalah terowongan yang terbuat dari bambu dan hanya dapat kalian temui di Bismo via Ngandam, Wonosobo.

Baca Juga: Pendakian Gunung Bismo via Deroduwur

Tips Mendaki Gunung Bismo via Ngandam

1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Tips pendakian gunung bismo adalah mempersiapkan fisik dan mental seperti dengan melakukan olah raga secara rutin agar badan tidak kaget saat melakukan pendakian. Minimal 2 minggu sebelum pendakian olahraga rutin seperti jogging dan lari.

2. Mempelajari Medan dan Route

Penguasaan tentang medan dan rute gunung bismo merupakan sebuah hal yang sangat penting. Paling tidak jika anda melakukan pendakian harus ada 1-2 orang yang paham betul tentang medan gunung dan mengatahui rute dan jalur pendakian.

3. Jas Hujan

Jas hujan sangatlah diperlukan untuk melindungi tubuh dan seisi tas jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat. Apabila hujan cukup deras, ada baiknya berhenti sejenak dan mendirikan tenda sementara untuk berteduh. Hindari juga menggunakan telepon genggam atau gadget ketika sedang turun hujan yang berpotensi petir.

4. Meminta Berhenti Jika Capek

Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti merekan yang sudah terbiasa, maka kamu tidak perlu malu berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada di paksakan malah tidak baik.