Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Lepo Dlingo, Segarnya pemandian di Puncak Dlingo

Air Terjun Ledok Pokoh - Banyak wisatawan yang ingin merasakan suasana pedesaan yang masih alami. Di Kabupaten Bantul terdapat destinasi wisata air terjun yang sangat segar dan masih alami yang harus anda kunjungi. Pengunjung dapat merasakan segarnya air pegunungan dengan berendam di kolam bawah air terjun yang bisa digunakan untuk berenang maupun hanya bermain air.

Grojogan dalam bahasa jawa memiliki arti air terjun dalam ukuran kecil. Sama halnya dengan Air Terjun Lepo yang memiliki air terjun tetapi lebih kecil, jadi warga Dusun Pokoh menyebutnya dengan Grojogan Lepo. Penaamaan air terjun ini karena lokasinya yang berada di Dusun Pokoh.

Salah satu air terjun yang masih alami dan jarang dikunjungi oleh wisatawan adalah Air Terjun Ledok Pokoh, masyarakat sekitar biasanya menyebut dengan Grojogan Lepo.

Wisata Air Terjun Ledok Lepo merupakan wisata yang menyuguhkan air tejun yang masih alami. Wisata ini dibuka pada tahun 2013.Awal mula penemuan wisata grojogan lepo pada saat pak Bahrun Wardoyo sedang menyusuri hutan, kemudian beliau menemukan wisata ini di antara dua lereng pegunugan.

Wisata Air Terjun Lepo Dlingo, Segarnya pemandian di Puncak Dlingo

Saat ini wisata air terjun menjadi tujuan para travel, pada saat pertama kali dibuka banyak masyarakat sekitar maupun wisatawan yang sangat antusias. Banyak mereka yang tetarik untuk datang karena air terjun ledok pokoh memiliki pemandangan yang bagus, segarnya air terjun di tambah dengan hijaunya pepohonan membuat wisatawan betah berlama-lama di wisata yang satu ini.

Biasanya pengunjung memadati wisata ini saat libur panjang dan akhir pekan. banyak wisatawn yang mengajak teman, sahabat maupun keluarga. wisata ini juga sangat cocok buat anda yang sudah mempunyai keluarga. anda bisa mengajak buah hati untuk berwisata di alam yang sangat indah.

Baca Juga:Rumah Hobbit Mangunan Bantul

Lokasi Air Terjun Ledok Pokoh

Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi suasana pedesaan yang masih asri. Pengunjung dapat berendam di kolam yang sudah di buat, dengan berendam dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Lokas Air Terjun Lodok Pohoh berada di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan yang kebingungan untuk menemukan lokasi bisa menggunakan apilikasi goggle maps untuk mempermudah menemukan rutenya.


Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Air Terjun Ledok Pokoh

Wisatawan yang akan memasuki air terjun akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.2000 / orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor biaya parkir Rp.2000 sedangkan untuk pengguna kendaraan pribadi / mini bus tarif parkir sebesar Rp.10000 - Rp.20.000.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang, sudah saat anda sampai di lokasi grojogan sewu. Sesampainya lokasi pengunjung akan di suguhkan dengan pepohonan yang hijau rimbun dan tinggi. Jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat jernihnya air tejun ledok pokoh di tambah dengan suara burung yang cantik.

Karena lokasi Air terjun ledok pokoh berada di tengah hutan, pengunjung dapat menikmati segarnya udara pedesaan. Suasana seperti ini jarang didapatkan apalagi bagi pengunjung yang tinggal di perkotaan.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan melihat air terjun ledok pokoh yang cukup jernih. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba berendam di bawah air terjun, tinggi kolam renang di bawah air terjun sekitar 1 sampai 1,5 meter saja.

Banyak wisatawan yang berkunjung di air terjun ledok pokoh hanya untuk berburu foto. Selain tepatnya yang masih asri ternyata pemandangan dengan latar belakang sangat bagus. Ada juga yang menjadikan tepat ini sebagai foto Preweding dan foto model.

Fasilitas Air Terjun Ledok Pokoh

Fasilitas wisata Grojogan lepo masih tergolong sedikit karena wisata ini baru dikelola baru-baru ini. Walapun begitu terdapat fasilitas yang dapat pengunjung nikmati, fasilitas tersebut diantaranya:

1.Kamar Mandi
Pengelola Air Terjun Ledok pokoh sudah menyediakan fasilitas kamar mandi yang sangat bersih dan terawat. Wisatawan dapat menggunakan kamar mandi ini dengan tarif seiklasnya.

2.Tempat Parkir
Air Terjun Ledok Pokoh memiliki halaman parkir yang cukup luas, Bagi wisatawan yang datang saat hari libur maupun akhir pekan tidak usah khawatir akan hal parkir, pasalnya lahan parkir jurang tembelan cukup luas.

3.Gazebo
Wisatawan dapat menikmati pemandangan dan segarnya udara pedesaan dari dari gazebo yang sudah dibuat oleh warga sekitar.Ohh iya anda juga bisa menyewa tikar tempat ini.

4.Spot Foto
Fasilitas yang satu ini dapat kalian dipuncak gunung lanang, pengelola wisata jurang tembelan juga sudah menyediakan tempat berfoto bagi kalian yang ingin sekedar mengabadikan moment.

Daya Tarik Air Terjun Lepo

Pengunjung dapat merasakan berendam di kolam yang berada di tengah hutan. Lokasi tersebut membuat gorjogan lepo terlihat sangat asri dan lokasinya seolah-olah belum terjamah oleh manusia. Apalagi ketika anda mengunjunginya saat siang hari, tentu akan menambah kesegaran saat berendam.

Air Terjun Lepo memiliki pemandangan yang cukup bagus, air terjun ini memiliki 3 air terjun dan 4 kolam sekaligus ditambah dengan airnya yang sangat jernih. Keempat kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda mulai dari 50 cm hingga 2 meter.

Kolam pertama biasanya digunakan untuk orang dewasa dan memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam yang paling banyak digunakan karena memiliki pemandangan berupa bebatuan yang sangat eksotis.

Kolam Ketiga biasanya digunakan untuk anak-anak karena memiliki kedalaman dangkal. Kolam ini berada di pinggiran dan terdapat pasir. Yang terakhir adalam kolam ke empat dan memiliki luas yang cukup sempit

Wisata Sekitar Air Terjun Lepo