Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Gunung Kidul Bernuansa Ubud, Bali

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Yogyakarta. Kabupaten yang dijuluki surganya jogja oleh wisatawan ini memiliki banyak destinasi wisata yang bagus untuk di kunjungi. banyak wisatawan yang menjuluki bahwa gunung kidul merupakan wisata terbaik di Jogja. Wisatawan dapat memilih jenis wisata mulai dari wisata pantai,bukit, sungai hingga tebing dapat anda temui di sana.

Salah satu wisata yang cukup fenomenal adalah Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini bisa di golongkan sebagai wisata terbaik di jogja. banyak wisatawan yang menyebutnya bahwa lokasinya menyerupai kawasan di Ubud, Bali. Jika di lihat dari ketinggian Air Terjun Kedung Kandang memang memiliki pemandangan yang sangat bagus di tambah dengan hijaunya hamparan sawah.

Air Terjun Kedung Kandang berbeda dengan air terjun pada umunya, air terjun ini berada di antara bebatuan purba dan sawah dengan terdapat terasiring yang hampir sama dengan di Ubud, Bali. Untuk menuju air terjun kedung kandang pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu, pengunjung harus melewati persawahan dan perbukitan sejauh 1 km.

Waktu yang paling bagus untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang adalah saat musim penghujan antara bulan Oktober sampai Maret. Jika anda mengunjungi pada saat musim kemarau, debit air terlihat lebih sedikit dan tentunya pemandangan yang di dapatkan tidak terlalu bagus.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Gunung Kidul Bernuansa Ubud, Bali
Pemandangan Air Terjun Kedung Kandang bernuansa Ubud, Bali. (Foto ig/indospot_light)
Berbeda dengan yang lainya yang berkaitan dengan tempat sembayang, kali ini terdapat wisata air terjun yang menyerupai air terjun di Ubud, Bali. Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun terbaik di jogja yang lokasinya berada di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Yang membuat Air Terjun Kedung Kandang berbeda dengan air terjun pada umunya adalah terdapat susunan batuan vulkanik yang terbentuk dengan sendirinya. air terjun ini berada di gugusan tebing dan dikeliling sawah yang berbentuk terasiring.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Kandang berada di Kawasan Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, selain dapat menikmati air terjun anda juga bisa berwisata ke kawasan Embung Nglanggeran yang terkenal dengan pemandanganya.

Alamat Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Rute Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Bagi wisatawan yang ingin mencoba berwisata di air tejun kedung kandang bisa di mulai dari Pusat Jogja menuju Jalan Wonosari hingga pertigaan piyungan, setelah itu ambil arah menuju Patuk Gunung Kidul. Setelah tiba di Koramil Patuk anda bisa ambil jalan ke kiri sampai bertemu dengan jembatan lalu ambil kanan.

Jarak air terjun kedung kandang dari pusat kota jogja kurang lebih 27 km, jika anda menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan pribadi membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Wisatawan yang ingin menikmati sensasi berwisata di ubud, Bali. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kandang Rp8.000,- / orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor Rp2000,- dan untuk kendaraan pribadi (Mobil) Rp.5000,- / mobil
  • Harga Tiket Masuk Rp8.000,- / orang.
  • Parkir Motor Rp2000,- / motor.
  • Parkir Mobil Rp5000,- / mobil.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun kedung kandang dapat menikmati fasilitas yang cukup lengkap. Seiring berkembangnya wisata dan menigkatnya jumlah wisatawan, pihak pengelola mulai membangun fasilitas sesuai kebutuhan, fasilitas tersebut di antaranya:
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Gazebo

Daya Tarik Wisata kedung Kandang

Kawasan Air Terjun Kedung Kandang berada di pegunung karst. sehingga banyak wisatawan yang cukup tertarik untuk hanya sekedar melihat keindahan air terjun ini. banyak pengunjung yang kagum karena wisata ini hampir mirip dengan suasana di Ubud, Bali.

Air Terjun Kedung Kandang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter dengan kontur bertingkat, banyak ilmuan yang menyatakan bahwa dulu lokasi ini adalah kawasan purba seperti Gunung Api Purba Nglanggeran karena lokasinya yang berdekatan, wisata nggalangeran menjadi wisata yang banyak menarik wisatawan untuk di kunjungi.

Tipe air terjun seperti kedung kandang memang jarang di temui karena memiliki bentuk dan lokasnya yang cukup untuk. Tak hanya menyuguhkan pemandangan airnya saja, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan hamparan sawah hijau dan perbukitan yang masih alami. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, pengunjung akan merasakan kehidupan di desa dengan cuitan burung yang cukup merdu.

Untuk menuju Air Terjun Kedung Kandang, pengunjung dapat memilih jalur masuknya. Terdapat dua jalur sekaligus yaitu jalur utara dan jalur selatan. Jalur utara akan melewati kawasan Gunung Api Purba Nggalnggeran. dari pintu masuk Embing Nglanggeran, wisatawan hanya berjalanan seratus meter hingga menemukan pintu masuk wisata kedung kandang.

Sedangkan untuk kalur selatan, wisatawan dapat melalui pertiggan Sambipitu ke utara menuju arah Gunung Api Purba Nglanggeran. Lebih tepatnya melalui Desa Sedangsari, Putat, Patuk Gunung Kidul.

Wisata Dekat Air Terjun Kedung Kandang