Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memasak Nasi Menggunakan Nesting saat di Gunung

Tips Cara Memasak Nasi Menggunakan Nesting saat di Gunung

Nesting merupakan peralatan masak yang berfungsi sebagai peralatan untuk memasak dan juga bisa di gunakan untuk merebus air. bagi para pendaki gunung tentu tidak asing dengan namanya Nesting, Peralatan ini biasa di pakai untuk kegiatan outdoor seperti mendaki, berkemah maupun kegiatan outdoor lainya. 

Nesting umumnya berbentuk kotak dan terdapat kuping sebagai pegangan, nesting biasanya tersusun mulai dari 2 sampai 4 rangkap seperti rantang. Di sampig kanan biasanya dilengkapi dengan karet pegangan dan sendok.

Bagi para pendaki khusunya pendaki pemula, memasak nasi adalah hal yang harus kalian lakukan jika sedang mendaki gunung, selain nasi anda bisa memakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti, energen dan lain-lain.

Berikut ini adalah cara memasak nasi menggunakan nesting ketika berada di gunung:

  1. Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah peralatan memasak nasi seperti; nesting, kompor portable (bisa menggunakan kompor outdoor lainya), gas portable  beras dan air secukupnya ( untuk pengggunaan beras tergantung porsi yang akan di buat).
  2. Masukan beras kedalam nesting lalu tuang dengan menggunakan air. Bisa di bilas terlebih dahulu jika terdapat sumber air jika lokasi di sekitar anda tidak terdapat sumber air, tidak di bilas tidak apa-apa ( Jika ingin memasaknasi perhitungan sumber airnya terlebih dahulu)
  3. Untuk porsi takaran biasanya menggunakan perbandingan 2 : 1, artinya 2 gelas air untuk 1 gelas beras. Untuk hasil nasi biar pulen bisa menggunakan perbandingan di atas. Biasanya untuk satu orang membutuhkan seperempat - setengah gelas aqua.
  4. Sebelum menanak nasi, panaskan nesting terlebih dahulu dengan air. Tunggu hingga panas kurang lebih membutuhkan waktu 5-12 menit, masak air sampai benar-benar mendidih (Jika sumber api sedikit bisa lebih dipercepat)
  5. Setelah nasi mendidik buka nesting sambil aduk-aduk beras. Cara ini harus anda lakukan supaya beras benar-benar matang dan pulen.
  6. Setelah di aduk-aduk dan sudah merata. langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menanak nasi dengan cara menutup nesting. Kemudian kecilkan apinya. Supaya nasi pulen tunggu kurang lebih sekitar 10 - 15 menit.
  7. Jika nasi sudah matang, matikan api nesting lalu aduk nasi menggunakan sendok dan biarkan beberapa saat agar nasih benar-benar dingin.
Selain menggunakan nesting untuk memasak anda dapat menggunakan nesting untuk merebus air, menggoreng makanan dan lain sebagainya. Nesting untuk kegiatan outdoor beraneka ragam bentuk dan fungsinya, anda bisa membeli nesting sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

Untuk nesting gunung admin akan ulas lebih lanjut dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan nesting berbentuk kotak atau yang sering digunakan untuk mendaki gunung.


Kelebihan Nesting
  1. Harga lebih murah di bandingankan dengan peralatan (Cokking set) yang lain.
  2. Bahan kuat, tebal dan tahan dari segala cuaca
  3. Mudah di bawah dan tentunya lebih menghemat tas
  4. Ringan
Kekurangan Nesting
  1. Nesting sendiri memiliki banyak bentuk, untuk bentuk kotak membutuhkan ruang yang cukup serta tidak dilengkapi dengan tempat-tempat kecil untuk memasak saat mendaki gunung.
  2. Tempatnya terbatas, Biasanya nesting yang digunakan untuk melakukan pendakian gunung hanya memiliki 3 wadah, wadah utama fungsinya untuk memasak, wadah kedua untuk merebus air, dan wadah yang terakhir untuk menggoreng.
  3. Biasanya nesting untuk pendakian tidak dilengkapi dengan sendok, tetapi tidak usah khawatir nesting kotak memiliki sendok mini yang bergungsi untuk mengangkat nesting saat panas.

Berikut di atas adalah ulasan cara memasak nasi menggunakan nesting saat di gunung. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangan nesting.