Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiket Masuk Wisata Kampung Batik Giriloyo, Wisata Budaya Jogja

Kampung Batik Giriloyo -Jojga adalah kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan setelah bali. Di Jogja pengunjung dapat menemukan berbagai macam wisata mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan wisata budaya dapat ditemukan diseluruh kota jogja.

Selain terkenal dengan wisata alam yang sangat bagus ternyata jogja juga mempunyai tempat wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal yang menjadi ciri khas saat berkunjung ke jogja adalah kerajinan batiknya yang cukup terkenal. batik sendiri berasal dari pulau jawa.

di Jogja pengunjung dapat menemukan berbagai macam jenis batik yang bisa di jadikan oleh-oleh. Salah satu sentra kerajinan batik yang cukup terkenal di jogja adalah Kampung Batik Giriloyo. Sentra batik giriloyo menjadi sentra batik tertua yang berada di Kabupaten Bantul tepatnya di kecamtan Imogiri. Sentra batik ini sudah ada sejak zaman Raja Sultan Agung yang memerintah kerajaan Mataram Islam.

Kampung Batik Giriloyo

Tiket Masuk Wisata Kampung Batik Giriloyo, Wisata Budaya Jogja
Foto (Ig/infojogja.com)

Banyak masyarakat di daerah tersebut khusunya kaum perempuan yang memiliki skill membatik yang sudah di turunkan dari nenek moyang mereka. Saat berkunjung ke kampung batik giriloyo pengunjung akan menemukan ibu-ibu hingga remeja yang sedang membatik. Kampung giriloyo juga membolehkan para wisatawan untuk belajar secara langusung cara membatik dengan benar, mulai dari menggambar pola hingga menggunakan canting.

Berbeda dengan sentra batik yang lainya di jogja, batik giriloyo memiliki ciri khas saat proses pewarnaan. Pewarnaan batik giriloyo biasanya menggunakan pewarna alami seperti kulit kayu, daun jatu, daun secang, kunyit dan lain-lain. Kelebihan menggunakan pewarna alami seperti ini adalah tekstur batik lebih bagus dan tentu lebih awet dari pada menggunakan pewarna sintetis.

Baca Juga: Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro

Lokasi dan Rute Kampung Batik Giriloyo

Pengunjung dapat menemukan dengan mudah lokasi kampung batik giriloyo, Kampung Batik Giriloyo berada di Jln. Imogiri Timur Km 14, Gazebo wisata Giriloyo, Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kampung batik giriloyo berada di 3 dusun sekaligus yaitu dusun Karang Kulon, Giriloyo dan dusun Cengkehan.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata kampung batik giriloyo bisa menuju arah Jalan Imogiri. Ambil arah menuju Makam Raja Imogiri. Setelah berjalan beberapa saat pengunjung akan menemukan papan penunjuk lokasi wisata kampung batik giriloyo.

Nama   : Kampung Batik Giriloyo
Alamat :Jln Imogiri Km 14, Gazebo Wisata Giriloyo, Karang Kulon, Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 55782


Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Kampung Batik Giriloyo

Pengunjung dapat menikmati cara membuat batik dengan benar. Pengunjung juga dapat mengikuti workshop, untuk biaya mengikut workshop sendiri sekitar Rp.25.000 hingga Rp.50.000 rupiah. Selain itu pengunjung juga dapat mengambil berbagai jenis paket, mulai dari paket wisata 1 hingga seterusnya.
  • Harga Workshop Rp.25.000 Hingga Rp.50.000
  • Parkir Motor Rp.2000 / motor
  • Parkir Mobil Rp.5.000 / mobil
Wisata Kampung Batik Giriloyo memiliki fasilitas yang cukup bagus, beberapa fasilitas sebagai berikut:

1.Galeri Batik
Pengunjung dapat menikmati berbagai macam jenis batik di kampung batik giriloyo. Selain itu pengunung dapat membeli oleh-oleh batik di galeri batik.

2.Joglo
Masyarakat sekitar sudah menyediakan fasilitas jogolo, fasilitas tersebut digunakan pada saat seminar dan workshop

3.Mushola
Pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas mushola untuk beribadah

4.Toilet
Wisata Kampung Batik Giriloyo sudah menyediakan toilet yang bersih dan wangi.

Daya Tarik Kampung Batik Giriloyo

Tiket Masuk Wisata Kampung Batik Giriloyo, Wisata Budaya Jogja
Foto (Ig/infojogja.com)
Tiket Masuk Wisata Kampung Batik Giriloyo, Wisata Budaya Jogja
Foto (Ig/batikgiriloyo)
Batik Giriloyo terkenal dengan batikan tangan dengan motif kraton yang rapi, bagus dan halus, ciri khas warna batik kraton adalah memiliki warna batik soga (coklat). Kerajinan Batik Giriloyo lebih condong ke motif khas mataraman (jogja-solo). Kain yang digunakan dalam proses batik biasanya menggunakan kain katun jenis primsima yang terkenal karena kualitasnya yang sangat baik. Biasanya untuk menyelesaikan batik membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan, tergantung dari motif yang dibuat dan skill yang dimiliki.

Batik Giriloyo menyediakan ragam jenis batik mulai dari motif parang, motif babon, geblek renteng hingga motif batik mega mendung. Batik buatanya bisa dibeli langsung di galeri batik giriloyo. Untuk peminat batik terutama yang berada di luar daerah, bisa memesanya secara online. Harga satu kain motif batik beraneka ragam mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah.

Harga batik tergantung dari proses pembuatanya, jika proses pembuatanya membutuhkan waktu lama dan cukup sulit tentu harganya agak sedikit mahal. Teteapi jika prosesnya cepat dan mudah tentu harganya murah. Batik giriloyo sendiri terkenal dengan motif batik klasik keraton, selain motif keraton terdapat juga beberapa motif yang sering di buat yaitu motig, sido mukti, sidoasih, pringgondani, keong renteng dan masih banyak.

Selain wisata budaya Batik Giriloyo terdapat juga kampung edukasi yang berada di kabupaten bantul. Jika anda ingin merasakan sejuknya udara pegunungan bisa menggunjungi sonngo batu langgit, pohon pinus mangunan, puncak becici dan lainya.