Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Turun Gunung dengan Benar, Supaya terhindar dari cedera

Tips Cara Turun Gunung dengan Benar  -  Mendaki adalah kegiatan outdoor yang biasanya yang di lakukan dialam bebas, terkadang banyak orang atau pendaki yang belum tau tentang arti kesealamatan saat mendaki.

Untuk sekarang banyak pendaki milenial yang asal mendaki saja, tidak mempertimbangkan keselamatan maupun peralatan yang safety. bahkan mereka mendaki dengan peralatan apa adanya, tidak menghiraukan keselamatan.

Saat mendaki, medan menurun sering di anggap sebagai bonus karena lebih ringan dan tentu banyak bonusnya seperti medan yang datar. Tapi kenyataanya, trek menurun merupakan salah satu penyebab kecelakan di gunung. Misalnya saja kaki kesleo atau terkilir bahakan hingga patah tulang.

Kecelakan saat menuruni gunung di dominsari kaki kesleo karena terpeleset, bisanya pada saat menuruni gunung banyak yang mengeluhkan kaki menjadi pegal-pegal yang cukup lama. Nah ternyata itu sebenarnya banyak penyebabnya dan ada juga cara untuk meminimalisir kecelakan. Dengan mengetahui beberapa teknik menuruni trek gunung, mungkin sobat pendaki bisa lebih percaya diri saat menuruni gunung.  Dengan mengetahui beberapa teknik menuruni trek gunung,

1.Pusat Gravitasi

Tips Cara Turun Gunung dengan Benar, Supaya terhindar dari cedera
Foto (ig/fauzanpratama067)
Bagi kalian yang ingin menuruni gunung dengan kondisi yang bagus usahakan badan jangan terlalu condong kedepan. Usahakan jangan terlalu bersandar kebelakang saat menuruni gunung. Supaya badan tidak terlalu sakit usahakan badan harus tegak lurus dan pusatkan gravitasi pada kaki, lebih baik tekuk sedikit lutut saat menuruni gunung.

2.Hindari Tekanan pada Kaki

Dengan keadaan kaki menekuk saat kondisi menuruni gunung, sedikitnya bisa sedikit membantu mengurangi tekanan pada kaki atau hentakan pada kaki yang biasanya membuat sendi menjadi sakit atau terkilir. Faktor utama penyebab kaki terkilir adalah karena posisi kaki terlalu tegaak lurus saat menuruni gunung. Untuk menghindari kaki terkilir atau cedera bisa menggunakan alat bantu seperti Trekking pool.

3.Pandangan harus Fokus

Tips Cara Turun Gunung dengan Benar, Supaya terhindar dari cedera
Foto (ig/taufik024_)

Pada saat anda menuruni gunung, usahakan pandangan tetap fokus pada kaki dan kondisi medan. Biasanya kecelakan saat mendaki gunung biasanya disebabkan oleh kurangnya fokus dan hilangya konsentrasi akibat kondisi badan yang lelah.

4.Perhatikan Langkah

Biasanya pendaki saat menuruni gunung apalagi kondisi medan yang cukup curam, anda harus memperhatikan langkah kaki. Usahakan untuk menggunakan langkah kaki kecil atau pendek untuk membantu menjaga pusat gravitasi pada kaki. Dengan menjaga pusat gravitasi membuat keseimbangan beban dan kontrok yang maksimal.

5.Perhatikan Belt Carrier

Biasanya pendaki yang turun agak meremehkan tentang kondisi carrier, mungkin saja karena carrier yang di bawa saat menuruni gunung lebih ringan dari pada saat naik. Usahakan tetap memperhatikan hip belt backpack supaya tetap menjaga agar tubuh seimbang, sehingga membantu gerak kaki menahan beban yang anda bawa menjadi lebih berat. Dengan mengencangkan belt atau sabuk carrier membantu menstabilkan beban dan tubuh saat turun.

6.Kurangi Beban

Tips Cara Turun Gunung dengan Benar, Supaya terhindar dari cedera
Foto (ig/ louisfrans)
Beban merupakan hal yang banyak dikeluhkan para pendaki, apalagi bagi kalian yang pertama kali naik gunung tentu menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Beban juga bisa berdampak pada kondisi fisik pendaki menurun. Maka ketika anda menuruni gunung pastikan beban yang anda bawa harus sedikit berkurang dari pada saat naik.

7.Ikuti Ritme

Supaya kaki tetap stabil dan tidak cedera saat menuruni gunung, anda harus mengikuti ritme langkah kaki yang sudah diatus sebelumnya. Jangan terlalu sering menahan beban pada kaki, biarkan kaki melangkah dengan penuh konsentrasi dan tentunya harus lebih berhati-hati.

Itu dia beberapa tips cara menuruni gunung dengan benar bagi kalian yang ingin menuruni gunung, tetap perhatikan kondisi medan dan tentu saja jangan lupa untuk beroda.