Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Bernuansa Bali di Jogja

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Gunung Kidul memang banyak menyimpan destinasi wisata yang memiliki pemandangan berlatar belakang pantai berpasir putih yang cantik. Berkunjung ke Gunung Kidul tidak asik jika tidak mengunjungi pantainya yang terkenal dengan pasir putihnya yang bersih. 

Deretan pantai mulai dari Pantai Ngrawe, Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak terkenal dengan pemandangnya yang bagus.

Jika anda bisa menggamati lebih jeli tentang gunung kidul terdapat pantai yang menyajikan pemandangan bagus dan terdapat pura seperti halnya pantai-pantai yang berada di Bali lho. Pantai Ngobaran namanya, mungkin masih terdengar asing di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancarnegara.

Kawasan Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul terdapat tempat ibadah 2 umat sekaligus sob, bagi umat islam dan umat hindu, yakni masjid dan pure. Oleh sebab itu tempat ini dijuluki jogja ala bali karena terdapat bangunan pure yang berada di tepi pantai yang menyerupai Uluwatu dan berbeda dengan pantai pada umumnya!

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Bernuansa Bali di Jogja
Salah satu pura peninggalan zaman majapahit (Foto ig/pantai_ngobaran)

Nama Pantai Ngobaran sendiri berasal dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak. Pada saat itu Kerajaan Majapahit masih dipimpin oleh Raja Prabu Brawijaya V. Singkat cerita suatu hari kerajaan Majapahit diserang oleh kerajaan Demak yang di pimpin oleh Raden Patah, Raden Patah merupakan putra dari Prabu Brawijaya V.

Pantai Ngobaran memiliki lokasi yang berada di atas tebing dengan bangunan khas bali yaitu Pura. Wisatawan dapat merasakan sensasi seperti di Uluwatu, Bali. Dari ketinggian wisatawan dapat melihat hamparan pasir putih ditambah dengan birunya samudra laut selatan.

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran masih satu kawasan dengan pantai Ngrenehan dan Nguyhan. Lokasi tepatnya berada di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisatawan yang berada di kota jogja bisa menuju pantai ngobaran dengan menggunakan kendaraan bermotor, mobil, maupun bis. Untuk menuju pantai ngobaran membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari pusat kota jogja dan menempuh perjalanan sejauh 65 km.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai ini alangkah baiknya menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan pribadi. Lokasi pantai yang jauh dari perkotaan membuat wisatawan kesulitan untuk menemukan angkutan umum.


Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Wisatawan yang ingin menikmati pantai ngobaran akan dikenakan tiket masuk sebsar Rp.5.000,-/orang. dengan harga yang cukup murah anda bisa menikmati pantai ngobaran dengan latar belakang pura. Dengan harga tersebut anda juga dapat menikmati beberapa pantai di sekitar pantai ngobaran.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000,- sedangkan untuk parkir mobil sebesar Rp5.000 dan untuk bus antara Rp.10.000 sampai Rp.20.000 rupiah.
  • Parkir Motor Rp.2000.
  • Harga Tiket Masuk Rp5.000,- / orang.
  • Parkir Mobil Rp.5000.
  • Parkir Bis Rp10.000 - Rp20.000 / bis.

Fasilitas Pantai Ngobaran

Beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan ketika berwisata di pantai ngobaran:
Warung Makan
  • Area Parkir
  • Toilet Umum
  • Toko Oleh-Oleh
  • Tempat Beristirahat
  • Tempat Beribadah
  • Daya Tarik Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran.

Sobat Yanacircle tidak perlu kawatir, Wisatawan yang mengunjungi pantai ngobaran akan mendapatkan pemandangan yang berbeda dari pantai pada umumnya, adapun yang akan anda dapatkan dari pantai ini adalah:

1.Wisata Budaya

Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Bernuansa Bali di Jogja
Salah satu spot foto yang terkenal di Pantai Ngobaran (Foto ig/pantai_ngobaran)
Selain memiliki pemandangan pantainya yang bagus, pantai ngobaran juga memiliki pura bekas peninggalan kerajaan majapahit. Di hari tertentu terdapat upacara keagaaman, biasanya acara ini di selenggarakan pada saat bulan purnama atau saat hari tertentu. Wisatawan juga di perbolehkan untuk melihat kegiatan adat tersebut.

2.Aktivitas Masyarakat 

Jika anda mengunjungi pantai ngobaran pada saat pagi hari, anda akan melihat para petani maupun nelayan yang sedang melakukan aktivitas mereka. Jika laut sedang surut banyak nelayan mulai berlayar, ohh iya terdapat salah hal unik yaitu para nelayan sedang mencari landak laut untuk di jual maupun digunakan untuk kuliner.

3.Pemandangan Matahari Tenggelam (Sunset)

Pantai Ngobaran sangat cocok bagi anda yang suka mengabadikan sunset. Waktu yang bagus untuk menikmati sunset antara jam 4 hingga jam 6. Pengunjung dapat mengabadikan moment dengan berofoto, apalagi pantai ngobaran terdapat pura yang bisa menambah foto anda terlihat lebih bagus.

4.Spot Foto 

Selain memiliki harga tiket masuk yang cukup murah, wisatawan yang datang juga akan mendapatkan pemandangan yang cukup banyak.Berbagai spot foto dapat anda temukan, anda bisa mengabadikan moment bersama teman, sahabat bahkan keluarga untuk menikmati pantai yang terdapat puranya ini.

Pantai Ngobaran dijuluki uluwatunya jogja karena terdapat tempat yang menyerupai di Uluwatu, Bali. Selain terdapat puranya pantai ngobaran juga memiliki pemandangan tebing yang cukup indah, pengunjung juga dapat menuruni tebing tersebut dengan menuruni tangga yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.