Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Pok Tunggal Jogja, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal - Gunung Kidul menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat cantik untuk di kunjungi. Pantai yang berada di gunung kidul terkenal dengan pasir putihnya yang sangat bersih, banyak wisatawan yang menyaamakan bahwa pantai tersebut hampir mirip dengan pantai yang berada di Bali.

Setiap harinya pantai ini selalu dipenuhi wisatawan lokal maupun mancarnegara. Pantai tersebut bernama Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Pantai ini di buka pada tahun 2012, pengelola pantai masih dipegang oleh masyarakat secara swadaya. Mungkin saat ini fasilitas di pantai ini sudah sangat berkembang pesat.

Banyak wisatawan yang menyebutnya bahwa pantai pok tunggal wonosari sebagai surga tersembunyi di gunung kidul. Julukan ini di berikan karena memiliki pemandangan yang bagus dan lokasinya yang berada di balik tebing (Tersembunyi).

Wisata Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Pemandangan spot foto yang berada di sekitar pantai (Foto ig/pantai_poktunggal)
Pantai di gunung kidul memiliki ciri yaitu terdapat batuan karang dengan perbukitan karst yang menjadi hal unik bagi para wisatawan. Kawasanya yang jarang di singgahi manusia membuat pantai menjadi alami dan eksotis.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak jauh dari pantai terdapat pantai lain yang cukup terkenal seperti Pantai Siung dan Pantai Indrayanti.

Jika anda sedang berada dipusat kota jogja, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 50 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan selama 2 sampai 3 jam. 

Untuk saat ini belum terdapat angkutan umum dengan tujuan langsung ke pantai, sehingga bagi wisatawan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa di tempat persewaan motor.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Untuk menuju pantai pok tunggal anda harus menempuh perjalanan sekitar dua jam dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil. Jalan menuju Pantai Pok Tungaal memiliki medan aspal yang cukup bagus, ketika memasuki wilayah pantai jalan akan sedikit berubah menjadi bebatuan.

Rute menuju pantai tunggal Wonosari Jogja jika menggunakan kendaraan. Ambil jalan menuju Piyungan - Patuk, Sambipitu - Arah Hutan Buner - Gading - Logandeng - Siyono - Bundaran Tugu BPD - Jln Kyai Legi - Jalan Lingar Selatan - Jln KRT Djojoningkat - Jl Girisubo - Wonosari lalu ambil arah menuju Pantai Baron. 

Sesampainya di pertigaan ambil arah menuju pantai Indrayanti. Dari arah Pantai Indrayati ambil arah ke kiri lalu ikuti saja jalan sampai menemukan Pos Retribusi Pantai Pok Tunggal.

Asal Usul Pantai Pok Tunggal

Pantai ini merupakan pantai yang jarang di lewati oleh manusia. Pada suatu hari di wilayah pantai yang bernama Desa Tepus mengalamai kekeringan panjang akibat musim kemarau yang cukup lama. Beberapa warga mempunyai ide untuk mencari sumber mata air yang berada di kawasan sekitar pok tunggal.

Setelah beberapa hari melakukan pencarian ke arah selatan, akhirnya warga tersebut tidak sengaja menemukan sumber mata air (Tuk). Setelah penemuan tersebut banyak masyarakat yang mulai berbondong-bondong untuk mengambil air.

Setelah berunding, tokoh masyarakat Desa Tepus untuk memberikan nama pada pantai tersebut, akhirnya tercipta nama "Pok Tunggal" yang artinya Hanya Satu.

Karena memiliki pemandagan yang bagus dan pasir putihnya yang menawan, beberapa warga mempunyai inisiatif untuk membukanya secara umum. Mulai 2005 masyarakat sudah membuka Pok Tunggal untuk umum. Sampai sekarang pantai tersebut sudah berkembang pesat dengan ditambahnya fasilitas dan inftastruktur yang bagus.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Bagi pengunjung yang ingin berwisata di Pantai Pok Tunggal, tidak perlu khawatir tetang harga tiket masuknya, untuk menikmati pantai ini pengunjung akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp.10.000 / orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000,- / motor, mobil Rp10.000,- , Elf (Mini Bus) Rp15.000,- dan Bus Rp25.000,-.
  • Tiket Masuk: Rp10.00,- / orang
  • Mobil: Rp10.000,- / mobil
  • Mini Bus: Rp15.000,- / elf
  • Motor: Rp2.000,- / motor
  • Bus: Rp25.000,- / Bus
Bagi pengunjung yang akan merasakan sensasi camping di area Pantai Pok Tunggak bisa menyewa perlatan tenda dengan harga:
  • Tenda Dome: Rp60.000,- / tenda
  • Gazebo: Rp20.000,- / gazebo

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu tentang fasilitasnya. Fasilitas yang berada di Pantai Pok Tunggal Jogja sudah cukup lengkap, pengunjung dapat menikmati banyak fasilitas, di antara lain:
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Payung Pantai
  • Tenda Dome (Sewa)
  • Area Camping
  • Warung Makan
  • Penginapan (Bayar)
  • Mushola
Pantai pok tunggal buka selama 24 jam penuh, tetapi alangkah baiknya bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini datang saat pagi hingga sore hari

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

Daya Tarik utama objek pantai ini adalah spot foto yang berupa tebingan batu karang dengan latar belakang pantai selatan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk mengunjungi wisata ini.

1. Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Pemandangan di sekitar pantai dengan tebing karts yang eksotik (Foto ig/pantai_poktunggal)

Perjalanan menuju obek wisata tidak bisa di katakan mudah. Pasalnya jalan yang awalnya mulus akan berbubah menjadi batu berkerikil mendekati lokasi pantai. Namun hal tersebut akan dibayar dengan keindahan pantai ini. Di balik perbukitan kapur, terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas.

Melihat pemandangan yang indah ini, membuat wisatawan betah berlama-lama dipantai ini. Wisatawan juga dapat bermain pasir disekitar pantai atau berenang. Penjaga pantai selalu menghimbau agar wisatawan yang berenang tetapi berhati-hati.

Wisata pantai gunung kidul ini juga memiliki pemandangan yang sangat bagus. Pengunjung dapat melihat perbukitan krats di tambah dengan birunya laut selatan yang sangat cantik. Tidak hanya itu saja, hamparan pasir putih akan menambah pantai menjadi lebih eksotis.

Pengunjung dapat berkeliling dengan menaiki tangga yang sudah di sediakan, bagi pengunjung yang menyukai hobby fotografi tempat ini patut di coba. Apalagi jika saat sore hari, pengunjung dapat melihat matahari tenggelam (Sunset) dengan bagus.

2.Area Camping

Bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana malam di sekitar pantai, wisatawan dapat mencoba kegiatan yang satu ini. Yaaa Camping, pengunjung dapat mendirikan tenda di area yang sudah disediakan khusu untuk camping, bagi wisatawan yang tidak ingin repot membawa peralatanya bisa menyewa di sini.

3.Memiliki Batuan Karang

Sama halnya dengan pantai yang berada di Gunung Kidul, wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Di bagian barat terdapat bebatuan karang yang ekosotis, terbentuknya batuan yang bagus ini terjadi karena gerusan ombak yang terjadi terus menerus.

Tempat ini sangat cocok di jadikan untuk foto prewediing. Bagi wisatawan yang datang di pantai ini wajib berkeliling di batuan karang, perhatikan kondisi dan tetap berhati-hati.

Baca Juga: Pantai di Kulon Progo dengan Pemandangan Sunset Terbaik

Wisata Dekat Pantai Pok Tunggal

  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Kesirat
  • Air Terjun Kedung Kandang
  • Pantai Drini
  • Pantai Wediombo
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai pok tunggal gunung kidul. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur!