Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pura Vaikuntha Vyomantara, Wisata Jogja Bernuansa Bali

Pura Vaikunta Vyomantara merupakan Pura yang beralamat di Pangkalan TNI AU Adisucipto Yogyakarta. Pura ini di bangun pada lahan seluas kurang lebih 5000 m2 (50 hektare). Nama Pura Vaikuntha Vyomantara memiliki arti tersendiri Vaikunta yang berarti Inkarnasi Shri Wisni dan Vyomantara yang berarti Angkasa, Loka, Luhuruing Acintya.

Jadi arti keseluruhan dari Pura Vaikuntha Vyomantara adalah alam dinama dewa Wisnu mencapai kesempurnaan paling tinggi, luhung Acintya, pura angkasa yang penuh dengan tanaman suci dan lokasi untuk mencapai ketenangan. (Kitab Suci Wisnu Purana).

Upacara Pawedalan pura Vaikuntha Vyomantara biasanya di lakukan pada Hari Pawedalan Pura Vaikuntha di Pangkalan TNI AU Adisucipto setiap setahun sekali dan bertepatan dengan Purnama "Purnamaning Sasing Kedasa". Pura ini di bangun oleh umat Hindu yang sedang berdinas atau bertugas di Pangkalan TNI AU Adisucipto, selain itu juga merupakan kebijakan dari pimpinan TNI Angkataran Udara untuk menyiapkan sarah tempat ibadah bagi Prajurit TNI yang menganut Agama Hindu.

Pura Vaikuntha Vyomantara

Pembangunan Pura Vaikuntha Vyomantara di mulai dari tahun 1997 sampai 23 mei 2007. Proses peletakan batu pertama di Pura dilakukan oelh TNI Benyamin Dandel selaku Komandan Pangkalan AU Adisucipto dan di hadiri oleh seluruh Pejabat dilingkungan Lanud Adisutjipto, PHDI DIY, PHDI Kabupaten dan Kota Se-DIY dan Peguyuban Umat Hindu lanud Adisutjipto “Dharma laksana” dan masyarakarakat Hindu sekitarnya. 

Pada kesempatan tersebut  Marsma TNI Benyamin Dandel, SIP mengharapkan dengan dibangunnya Pura Vaikuntha Vyomantara betul- betul dapat dimanfaatkan dan difungsikan dengan sebaik-bainya.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul

Daya Tarik Pura Vaikuntha Vyomantara

Bangunan Pura Vaikuntha Vyomanrara memiliki arsitektur yang sangat elegan. Wisatawan yang datang untuk mengunjungi pura tersebut pasti sangat kagum karena memiliki suasana khas Bali. Pengunjung yang memasuki pura harus mengikuti peraturan dan larangan yang sudah di tetapkan, pengunjung harus izin terlebih dahulu jika tidak ada kepentingan untuk bersembayang.

Wisatwan yang berkunjung akan di dampingi oleh pengurus pura jika ingin melihat pura. Pembangunan Pura Vaikuntha Vyomantara bertujuan untuk menyiapkan prasarana ibadah bagi umat hindu yang bekerja atau berdinas di LANUD ADI Sucipto, Yogakarta. Mengingat di pangakalan Adisucipto belum memiliki pura sebagai tempat bersembayang.

Pembinaan Mental bagi Prajurit TNI AU beserta keluarganya, Karbol AAU, dan Siswa Sekolah penerbang khususnya  yang beragama Hindu untuk itu sangat dibutuhkan adanya tempat Ibadah/pura. Namun juga sebagai Pura untuk umum di mana umat dari di luar juga dapat mengikuti persembahyangan di Pura ini yang biasanya dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 setiap purnama dan tilem.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Lokasi Dan Rute Menuju Pura Vaikuntha Vyomantara

Pura Vaikunta Vyomantara berada di Bangutapan, Bantul, Yogyakarta tepatnya berada di Pangkalan TNI AU Adisucipto dan bersebelahan dengan Museum Dirgantara Mandala TNI AU Yogyakarta. Akses menuju pura mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun roda 2, wisatawan tinggal mengikuti goggle maps menuju pangkalan TNU AU Adisucipto atau Museum Dirgantara Mandala TNI AU Yogyakarta.


Harga Tiket dan Jam Buka Pura Vaikuntha Vyomantara

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Vaikuntha Vyomanara tidak di kenakan biaya masuk alias gratis. Jam Buka Pura:
  1. Jam Buka jika terdapat persembayangan umat Hindu dan anggota TNI AU Adi Sucipto maupun untuk umum
  2. Saat Upacara Pawedalan Pura Vaikuntha Vyomantara di Pangkalan TNI AU Adisucipto di lakukan setiap setahun sekali bertepatan dengan "Puranamaning Sasing Kedasa".
  3. Di Buka untuk umum jika sudah mendapatkan izin terlebih dahulu oleh pengurus pura. Pengurus pura hanya menerima wisatawan yang ingin melihat budaya, cultue dan objek observasi lainya.
Peraturan memasuki Pura
  1. Pengunjung harus memakai pakian yang sopan dan santun
  2. Harus menjaga tata krama dan sikap
  3. Pengunjung dilarang berbicara kotor
  4. Tidak boleh membawa cat,pilok apalagi sampai melakukan vandalisme
  5. Tidak boleh merusak alat ibadah yang terletak di pura.
Adapaun larang memasuki Pura
  1. Terdapat keluarga yang sedang meninggal dunia (Berkabung)
  2. Wanita yang sedang datang bulan di larang masuk
  3. Yang tidak memiliki kepentingan kecuali terdapat izin terlebih dahulu.

Fasilitas Pura Vaikuntha Vyomantara

Dengan luas sekitar 5000 m2, pura vaikuntha vyomantara memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas seperti kamar mandi, spot foto bernuansa bali dan pemandangan yang bagus. sehingga fasilitas yang dimilikinya sama seperti Pura-pura yang ada di Bali. Kemudian, di tempat ini juga kabarnya terdapat energi Gajah Minah. Mungkin itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan