Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Grand Canyonya Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk - Kabupaten Gunung Kidul memang banyak menyimpan destinasi wisata yang bagus untuk di kunjungi ketika berada di jogja. Daerah yang terkenal dengan wisata pantainya yang berpasir putih ini ternyata menyimpan banyak destinasi wisata yang harus anda eksplorer lebih dalam lagi. 

Mungkin banyak yang mengira bahwa air terjun kedung kandang merupakan air terjun yang cantik, setelah di eksplor lebih dalam lagi ternyata terdapat air terjun Grand Canyonya gunung kidul yaitu air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul.

Pesona di air terjun sri gethuk tidak kalah dengan air terjun lainya yang berada di jogja. Bebatuan alam yang berada di sri gethuk tersusun dengan rapi, selain itu sungai yang berada di depanya memiliki warna hijau yang cantik dan airnya yang sangat segar.

Pemandangan air terjun sri gethuk playen ini tidak ada habisnya, pasalnya air ini tetap mengalir setiap musimnya baik kemarau maupun musim hujan. Jika cuaca sedang cerah dan debit air sri gethuk cukup deras maka anda akan menjumpai hal yang tidak terduga yaitu pemandangan pelangi yang melintas tepat di atas air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Grand Cayonya Jogja
Air Terjun Sri Gethuk (Foto ig/ayodolan)

Setibanya di lokasi, pengunjung akan di suguhkan dengan derasnya air yang mengalir dari atas. Terdapat kurang lebih 6 tingkatan bebatuan yang berada di air terjun sri gethuk. Apalagi di tambah dengan rimbunya pepohonan yang berada di sekitar air terjun, membuat pengunjung betah berlama-lama di wisata ini.

Selain memiliki bebatuan yang terbentuk dengan rapi, pada dasar air terdapat beberapa undak-undakan yang berbentuk seperti ornamen cantik seperti di goa-goa. Anda juga dapat menggunakan spot ini untuk mengabadikan moment dengan berofoto ria.

Baca juga: Air Terjun Kedung Kandang, Air terjun Benuansa Ubud, Bali.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ini tidak perlu khawatir untuk menemukan lokasinya karena tempatnya mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraana bermotor maupun kendaraan pribadi. Adapun lokasi air terjun sri gethuk berada di Desa wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabuapten Gunung Kidul, Yogyakarta.


Bagi pengunjung yang akan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk bisa menggunakan rute sebagai berikut dengan titik awal pemberangkatan dari pusat kota jogja. Dari pusat kota jogja arahkan kendaraan ke Jl.Wonosari lalu ke Jl Piyungan.

Dari Jl Piyungan arahkan kendaraan meuju Patuk, kemudian ke Sambipitu sampai menemukan Lanud TNI AU Lapangan Gading. Sesampainya di pertigaan arahkan kendaraan ke kanan hingga perempatan Pasar Playen. Setiba di pasar playen anda bisa bertanya pada masyarakat sekiar atau bisa menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi.

Perjalanan dari pusat kota jogja hingga ke wisata air terjun sri gethuk membutuhkan waktu sekitar 2 jam waktu tempuh tergantung dengan kondisi lalu lintas dan menempuh perjalanan sekitar 70 km. 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Pengunjung yang akan menikmati segarnya air terjun sri gethuk cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp15.000 / orang. Harga tersebut sudah sebanding dengan pemandangan yang akan pengunjung dapatkan di lokasi. Sedangkan untuk harga parkir gratis karena sudah satu paket dengan harga tiket masuk.

Selain itu, pengunjung juga dapat memberli harga paket wisata dengan harga Rp30.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya masuk dan di pandu oleh pemandu wisata. Jam oprasional air terjun sri gethuk mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.
  • Harga Tiket Masuk Rp15.000 / orang.
  • Parkir Gratis
  • Paket Wisata Rp30.000
  • Jam Oprasional 08.00 - 17.00

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Pengunjung yang akan menikmati sensai segarnya air alamai tidak usah khawatir tentang fasilitasnya karena wisata sri gethuk memiliki fasilitas yang cukup lengkap, adapun faslitas air terjun sri gethuk diantaranya:
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Tempat penyewaan rakit
  • Penyewaan pelampung
  • Toilet umum
  • Warung makan

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Grand Cayonya Jogja
Spot yang dapat di lalui menggunakan sampan (Foto ig/jogjaku)
Selain memiliki keindahan air terjunya yang menarik, wisatawan yang berkunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti trekking. Pengunjung yang tiba di tempat parkir harus melakukan perjalanan kurang lebih 500 meter untuk sampai di air terjun.

Sepanjang perjalanan pengunjung akan melewati pepohonan, persawahan milik warga dan sungai-sungai kecil yang bermuara di Air Terjun Sri Gethuk. Tetapi anda tidak usah khawatir, karena kecapean melakukan perjalanan akan terbayar. Selain menikmati pemandangan di sekitar anda juga dapat melakukan kegiatan fotografer di perjalanan.

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan dapat memilih dua opsi sekaligus yaitu jalur darat dan jalur air. Jika anda memilih jalur air wisatawan akan melewati aliran Sungai Oya yang pinggirnya terdapat tebing yang cukup tinggi. Biasanya jika pengunjung tidak terlalu ramai, anda dapat menyewa rakit pada pengelola wisata.

Misteri dan Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Siapa sangka, air terjun sri gethuk yang memiliki pemandangan seperti grand canyon itu memiliki misteri dan mitos yang cukup terkenal di kalangan masyarakat lokal. Pada dasarnya suatu tempat memang punya cerita masalalu tersenidiri terlebih wisata air terjun ini.

Menurut masyarakat lokal terdapat cerita yang cukup terkenal. Wisata ini bermula dari legenda ada terdapat di Desa Bleberan, warga lokal menceritakan bahwa air terjun ini merupakan tempat berkumpulnya para jin. Makhluk halus yang terkenal dan menjadi pemimpin di air terjun ini bernama Anggo Menduro.

Anggo Menduro merupakan pemimpin dan mempunyai pasukan para jin. Anggo Menduro sendiri menyukai adat dan kesenian Jawa seperti karawitan dan jatilan. Alat musik yang paling ia sukai adalah gamelan jawa.

Suatu hari seorang warga pernah mendengar suara gamelan pada malam hari. Menurut warga yang mempunyai ilmu indigo bahwa suara gamelan tersebut berasal dari Jin Anggo yang memainkanya. Oleh sebab itu wisatawan yang berkunjung harus menjaga tutur kata dan sopan santun selama berada di wisata tersebut.

Wisata Sekitar Air Terjun Sri Gethuk

  • Air Terjun Kedung Kandang
  • Bukit Pengilon
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Ngobaran
  • Gunung Purba Nglanggeran
Itu dia beberapa ulasan artikel tentang wisata air terjun sri gethuk yang dapat yanacircle jabarkan dengan rinci. Tunggu apalagi segera berkemas-kemas lalu meluncur menuju objek wisata tersebut.