Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Siluwok Kulon Progo, Wisata Tersembunyi di Samigaluh

Curug Siluwok - Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebalah barat kota jogja. Kabupaten ini terkenal dengan keaneragaman budaya, kuliner hingga wisata. Di Kabupaten ini banyak sekali destinasi wisata yang memiliki pemandangan bagus dan wajib anda kunjungi saat anda sedang berada di jogja.

Curug Siluwok merupakan salah satu air terjun yang berada di pegunungan menoreh. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Walapun memiliki ketinggian yang cukup tinggi tempat ini dapat anda nikmati dengan berenang atau hanya sekedar berendam di sekitaran air terjun.

Kedalaman curug silowok hanya sekitar 2 meter itupun sudah yang paling dalam sehingga sangat aman jika digunakan untuk berenang.Spot foto yang di tawarkan di wisata curug siluwok seperti air terjun pada umumnya. Beberapa spot foto yang dapat anda jadikan latar belakang seperti air terjun dan bebatuan yang cukup besar.

Waktu yang bagus untuk mengunjungi curug silowok adalah saat musim kemarau, saat musim kemarau air akan terlihat jernih dan segar. Sebaliknya jika anda mengunjungi curug ini pada saat musim hujan anda akan mendapatkan air yang berwarna coklat keruh.

Wisata Curug Siluwok

Curug Siluwok Kulon Progo, Wisata Tersembunyi di Samigaluh
Pemandangan di Curug Siluwok, Samigaluh (Foto ig/ormy_abiga)
Hal yang akan anda dapatkan ketika berlibur ke curug ini adalah suasana alamnya yang masih sangat alami. Air pegunungan yang masih segar membuat wisatawan betah berlama-lama di wisata ini. Aliran air terjun ini akan di tersukan menuju sungai dan di lanjutkan di area persawahan miliki masyarakat sekitar.

Lokasi Curug Siluwok

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ini tidak perlu khawatir, karena wisata ini mudah di jangkau menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Setibanya di parkiran wisatawan harus melanjutkan perjalnan kurang lebih 600 meter dengan berjalan kaki melewati hutan yang masih alami dan rimbun.

Alamat Wisata Curug Siluwok sendiri berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Anda dapat bertanya masyarakat sekitar atau menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi.

Rute Menuju Curug Siluwok

Untuk menuju Curug Silowok anda hari melewati Jl.KH.Ahmad Dahlan kemudian ambil arah menuju jalan Wates ambil arah menuju Jalan Ringroad Barat sampai di perempatan barat ke Jalan Godean lanjutkan perjalnan ke arah Gedongan Tempel.

Perjalnan di lanjutkan menuju Jalan Kebon Agung lalu pertiggan ambil arah menuju Jalan Raya Banjararum, sesampainya di perempatan ambil arah menuju Jalan Nanggulan Mendut ikuti jalan tersebut sampai di Jalan Kepiton. Sesampainya di Jalan Samigaluh Boro ikuti jalan sampai menemukan papan penunjuk arah menuju Curug Siluwok.

Harga Tiket Curug Siluwok

Wisatawan yang akan menikmati segarnya air terjun curug siluwok akan di kenakan biaya masuk sebesar 0 Rupiah (Alisan Gratis). Pengunjung yang datang hanyaan di kenakan biaya parkir, Untuk parkir motor Rp2000 dan untuk parkir mobil Rp5000 rupiah.
  • Harga Tiket Masuk Gratis
  • Parkir Motor Rp2000,- / motor.
  • Parkir Mobil Rp5000,- / mobil.

Fasilitas Curug Silowok

Wisatawan yang akan menikmati curug silowok harus mempersipakan perbekal mulai dari makanan, kamera dan baju ganti. Sebab curug masih minim akan fasilitas, untuk saat ini wisata tersebut masih dalam pengembangan masyarakat dan instansi terkait oleh sebab itu pembangunan fasilitas masih berjalnan.

Daya Tarik Curug Siluwok

Air terjun siluwok atau curug siluwok memiliki ciri khas tersendiri dan sedikit berbeda dari air terjun pada umumnya di kulon progo. Air yang terdapat di curug ini mengalir dari tebing yang cukup tinggi dan berwarna biru muda. Wisatawan yang mengunjungi curug ini pada saat musim hujan dapat melihat warna air berwarna coklat keruh.

Lokasi curug siluwok tidak jauh dari Air Terjun Perawan Sidoharjo. Pada saat pandemi seperti sekarang ini curug siluwok menjadi destinasi wisata yang cukup menarik di kulon progo. Banyak warga media sosial yang cukup penasaran tentang curug siluwok.

Untk mencapai curug silowok anda harus berjalan kaki menyusuri hutan yang masih alami. hal tersebut membutuhkan tenaga yang cukup karena wisatawan harus melewati jalan setapak yang berada di pinggir tebing dan cukup licin.

Wisata Dekat Curug Siluwok