Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gunung Kukusan, Wisata Pegunungan di Perbatasan Kulon Progo

Gunung Kukusan - Kulon Progo memang menyimpan banyak destinasi wisata yang harus anda kunjungi saat anda berlibur ke jogja. Berbicara kulon progo tentu tidak asik jika tidak membahas wisatawanya, kabupaten yang berada di barat kota jogja ini memiliki banyak keaneragaman mulai dari budaya, makananya, hingga wisatanya yang sangat ekostis untuk di kunjungi.

Salah satu wisata yang menyajikan pegunungan adalah Gunung Kukusan. Gunung Kukusan adalah gunung yang terletak di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Magelang Jawa Tengah. Gunung ini di juluki sebagai Negeri di Atas awan karena memiliki ketinggian 800 mdpl, gunung ini berada di anatara 3 kabupaten sekaligus yaitu kabupaten kulon progo, magelang dan purworejo.

Wisata ini menyuguhkan pemandangan dan memiliki sunrise yang cantik dan udara khas pegunungan yang sehar. Wisatawan yang ingin mencapai puncak harus sedikit menguras tenaga, pasalnya anda harus berjalan kaki melewati beberapa anak tangga. Wisatawan dapat memilih puncaknya juga, terdapat 3 puncak sekaligus yang bisa anda kunjungi yaitu Puncak Dempok di sebelah kiri dan Puncak Kendeng di sebelah kanan.

Wisata Gunung Kukusan

Gunung Kukusan, Wisata Pegunungan di Perbatasan Kulon Progo
Pemandangan Gunung Merapi di Puncak Gunung Kukusan (Foto ig/ayodolan)
Kedua puncak tersebut memiliki perbedaan masing-masing. Untuk Puncak Dempok memiliki tempat yang cukup luas sedangkan Puncak Kendeng memiliki pemandangan yang lebih bagus karena lokasinya lebih tinggi dari pada puncak dempok. Anda dapat melihat pemandangan yang sangat bagus di puncak kendeng.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Sunset terbaik di Kulon Progo

Lokasi Gunung Kukusan

Gunung Kukusan berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngragoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini berada di perbatasan langsung dengan perkebunan Teh Nglinggo, Samigaluh. Banyak wisatawan yang mengira bahwa gunung kukusan merupakan bagian dari daerah kabupaten kulon progo.

Bagi anda yang berasal dari Magelang maupun Jogja anda bisa melalui rute Yogyakarta-Kulon Progo rutenya masih satu jalan dengan wisata kebun teh nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo. Gunung kukusan tidak jauh dari keben teh, anda juga bisa menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi.


Harga Tiket Gunung Kukusan

Wisatawan yang akan menikmati pemandangan di gunung kukusan akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5000,- / orang dengan rincian Rp3000 untuk memasuki desa wisata nglinggo dan Rp2000 untuk tiket masuk gunung kukusan. Bagi pengunjung yang menggunaka kednaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir Rp2000,- dan Rp5000,- untuk parkir mobil.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000,-/ orang.
  • Parkir Motor Rp2000,-/ motor.
  • Parkir Mobil Rp5000,-/ mobil.

Fasilitas Gunung Kukusan

Wisatawan yang berlibur ke gunung kukusan dapat menikmati fasilitas yang tersedia, terdapat beberapa fasilitas dan spot foto yang dapat anda gunakan, diantaranya adalah
  • Kamar Mandi
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Camping Ground
  • Mushola
  • Papan Wisata
  • Area Parkir

Daya Tarik Gunung Kukusan

Gunung yang berada di perbatasan kabupaten kulon progo dan kabupaten magelang ini memliki pemandangan yang cukup bagus. Wisatawan dapat melihat pemandangan hamparan hijau kebun teh dan rimbunya pepohonan kulon progo yang masih cukup terjaga.

Gunung kukusan memiliki kembanaran nama dengan gunung kukusan yang berada di pemalang. Gunung ini memiliki dua puncak sekaligus yang dapat wisatawan gunakan untuk berfoto maupun menikmati malam dengan mendirikan tenda.

Wisata ini sangat cocok buat anda yang menyukai olahraga outdoor terutama mendaki gunung. Anda dapat mengajak teman, saudara bahkan keluarga untuk menikmati gunung kukusan. Memiliki udara yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat akibar bekerja seharian.

Mitos Gunung Kukusan

Ada beberapa mitos yang cukup terkenal tentang gunung kukusan. Menurut mitos yang beredar Puncak Kendeng adalah puncak yang di ambil dari nama seorang bayi yang dikubur pada zaman dahulu di mana Pangeran Kendel yang masih memiliki hubungan dengan Pangeran Diponegoro adalah sosok bayi tersebut.

Jika anda menengok ka arah bawah dan sekitar kanan wisatawan dapat melihat pemandangan kebun teh yang hijau. Saat anda berkunjung ke gunung kukusan jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto pada spot foto yang sudah tersedia.

Tips Berwisata di Gunung Kukusan

  1. Karena lokasinya yang berada di perbukitan menoreh, pastikan kendaraan anda dengan kondisi sehat tidak ada kendala jika perlu service kendaraan terlebih dahulu.. Anda akan melewati beberapa perbukitan yang kondisi jalanya cukup terjal.
  2. Membawa perbekalan yang cukup. wisatawan yang akan menuju lokasi wisata harus mempersiapkan perbekelan mulai dari air minum, maknan dan obat jika perlu. Lokasinya yang cukup jauh dari kota membuat anda cukup susah untuk menemukan minimarket.
  3. Untuk menuju puncak gunung kukusan anda harus berjalan kaki kurang lebih 600 meter. Oleh sebab itu persiapakan fisik anda sebelum melakukan pendakian.

Wisata Dekat Gunung Kukusan

Itu dia beberapa artikel dari yanacircle tentang gunung kukusan. Tunggu apalagi segera berkemas-kemas dan langsung menuju lokasi. Selamat berlibur sobat yana!