Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Bugel Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Ketenangan

Pantai Bugel Kulon Progo - Liburan memang hal yang sangat dinantikan oleh semua orang, banyak orang yang menghabiskan waktu luang dengan berlibur di tempat yang nyaman dan bagus. Di Kabupaten Kulon Progo terdapat wisata yang cukup terkenal tetapi tidak terlalu ramai yaitu Pantai Bugel yang beralamat di Umuk Waru, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

Panti Bugel Peni namanya, pantai yang berdekatan dengan pantai trisik menyuguhkan suasana yang cukup sepi dan tentram. Pantai ini sangat cocok buat anda yang ingin menghabiskan waktu luang setelah bekerja berhari-hari. Wisata pantai bugel kulon progo bisa menjadi opsi yang wajib anda kunjungi.

Sama halnya dengan pantai pada umumnya di pantai kulon progo, pantai bugel memiliki pasir yang berwarna hitam dan menggandung besi. Menurut cerita masyarakat dahulu pantai bugel digunakan untuk penambangan besi, itulah penyebabnya pasir di pantai bugel sedikit lebih kasar.

Anda tidak perlu khawatir terkena terik sinar matahari, Di sekitar Pantai Bugel terdapat pepohonan cemara yang rindang. Pantai Bugel juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda (Camping Ground) untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di pantai dengan pemandangan langit serta laut selatan.

Pantai Bugel Peni Kulon Progo

Pantai Bugel Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Ketenangan
Pemandangan Pantai Bugel & Pepohonan Cemara yang Rindang (Foto ig/hany.photos_art)

Lokasi Pantai Bugel

Pantai Bugel adalah salah satu wisata yang berada di Kecamatan Panjatan, Kulon Progo. Perjalanan untuk sampai ke Pantai Bugel dari Jogja membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Jika anda dari arah Bantul membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Pantai Bugel sendiri beralamat di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Rute Menuju Pantai Bugel

Untuk menuju pantai bugel wisatawan dapat memilih opsi sebagai berikut:

1.Arah Bantul

Jika anda berada di Bantul bisa menuju arah Palbapang-Belok kanan- Jembatan Srandakan - lampu merah ambil arah kiri lalu ambil arah menuju Desa Bugel ( Satu Jalan menuju Pantai Glagah).

2.Arah Jogja

Jalan Wates - Jalan Wates Purworejo - Belok Kiri menuju Pantai Glagah - ambil arah menuju Desa Bugel - Pantai Bugel.

Perjalanan menuju pantai bugel dapat menggunakan jalan alternatif di atas. untuk mempermudah perjalanan anda bisa menggunakan goggle maps.

Harga Tiket Masuk Pantai Bugel

Pantai yang masih terjaga keasrianya ini sering digunakan wisatawan untuk menikmati suasanya yang masih segar dan sedikit pengunjung. Selain itu, anda juga bisa menikmati pantai bugel bersama teman-teman, sahabat, bahkan keluarga dengan bermalam sambil mendirikan tenda.

Untuk menikmati pantai bugel pengenjung tidak dikenakan harga tiket masuk alias gratis, pengunjung hanya dikenakan membayar parkir sebesar Rp3000,- untuk motor dan Rp5000,- untuk kendaraan roda empat. Hal yang perlu anda perhatikan saat berwisata di pantai bugel adalah harus berhati-hati karena ombak di pantai ini cukup besar dan tidak terdapat pos pemandu (SAR).

Fasilitas Pantai Bugel

Fasilitas yang terdapat di pantai bugel masih tergolong lengkap walapun mesih sepi pengunjung, fasilitas yang dapat pengunjung gunakan antara lain:
  • Penginapan
  • Tempat Makan
  • Mushola
  • Parkir
  • Toilet
  • Gazebo

Daya Tarik Pantai Bugel

Pantai Bugel merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna hitam di kulon progo. Meski memiliki pasir yang berwarna putih, pantai ini tidak luput dari kunjungan wisatawan tiap harinya, wisata ini cukup ramai saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Pantai Bugel memiliki ombah yang cukup besar, hal tersebut yang menjadi alasan mengapa pantai bugel tidak membuka wahana bermain untuk anak-anak. Pesona pantai ini tidak kalah dengan objek wisata kulon progo lainya seperti pantai glagah.

Memiliki ombak yang cukup besar membuat pantai ini sering digunakan nelayan atau masyarakat lokal untuk pelelangan ikan. Sehingga wisatawan yang ingin membeli ikan segar dari laut bisa membeli langsung pada nelayan di pantai bugel.

1.Pepohonan Cemara

Sekitaran pantai bugel terdapat pepohonan cemara yang bisa digunakan untuk berteduh. Selain digunakan untuk berteduh banyak wisatawan yang memanfaatkan latar belakang pohon cemara digunakan untuk foto bahkan prewweding pernikahan.

2.Area Camping

Di wisata pantai bugel terdapat spot untuk mendirikan tenda. tempat ini biasanya digunakkan untuk kegiatan camping bersama, Banyak wisatawan yang menikmati malam di pantai bugel bersama teman, sahabat bahkan keluarga.

3.Memiliki Pemandangan yang Bagus

Bagi wisatawan yang berkunjung ke jogja, liburan ke pantai bugel sangat direkomendasikan. Selain memiliki lokasi yang cukup sepi, pantai bugel juga memiliki pemandangan yang cukup bagus. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam (Sunrise) dengan cantik, apalagi saat cuaca cerah.

Wisata Dekat Pantai Bugel

Tips Berwisata di Pantai Bugel

Bagi pengunjung yang akan berwisata di pantai bugel pastikan cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menggangu liburan anda. Anda perlu mempersiapkan perbekalan seperti makanan, air minum dan kebutuhan lainya. Beberapa barang seperti kamera karena pantai bugel memiliki spot foto yang cukup menarik.
  • Pastikan anda dalam kondisi sehat
  • Bawalah perbekalan traveling seperti kamera, handphone untuk mengabadikan moment di pantai ini
  • Menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
  • Jika ingin bermalam di pantai bugel pastikanlah harus membawa perlengkapan seperti tenda, nesting, kompor dan perlengkapan lainya.
Dari beberapa pantai yang berada di Kulon Progo, wisata pantai bugel menjadi wisata yang direkomendasikan jika anda sedang berada di jogja. Untuk itu segera siapkan perlengkapan dan segera meluncur.