Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Kembang Soka, Tempat Menikmati Segarnya air Pegunungan

Kabupaten Kulon Progo memang di kenal dengan destinasi wisatanya yang sangat menarik mulai dari pantai, bukit, hingga air terun dapat anda jumpai di kabupaten ini. Selain memiliki pegunungan yang sangat cantik, di daerah ini terdapat salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal yaitu Air Terjun Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun yang berada di pegunungan Menoreh, air terjun ini memiliki keindahan yang cukup eksotis dan tak kalah dengan beberapa air terjun yang berada di jogja lainya. Air terjun pegunungan memang memiliki ciri khas airnya yang sangat segar dan masih alami. Apalagi lokasinya yang berada di pegunungan membuat lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Menurut cerita masyarakat sekitar, Nama Kembang Soka di ambil dari Pohon Soka. Menurut warga dahulu tempat ini banyak di tumbuhi Pohon Soka yang sangat subur sehingga masyarakat sekitar menamai dengan Air Terjun Kembang Soka. Sebelum menikmati segarnya air pegunungan, wisatawan harus melakukan perjalnan dengan melewati hutan sejauh kurang lebih 200 meter. jalan menuju lokasi sudah aman dan nyaman untuk di lewati.

Air Terjun Kembang Soka

Wisata Air Terjun Kembang Soka, Tempat Menikmati Segarnya air Pegunungan
Wisata Air Terjun Kembang Soka dengan pemandangan airnya yang berwarna Biru Toska (Foto ig/exploreralamjogja)

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 200 meter dengan jalan kaki, wisatawan akan di sambut dengan suara gemricik air pegunungan.Air yang berada di wisata kembang soka memiliki warna yang sangat jernih, air tersebut berasal dari sungai mudal dan sungai miri yang berada di atas air terjun kembang soka.

Wisata ini juga sangat cocok buat anda yang menyukai wahana air, selain dapat berenang anda juga dapat menggunkan latar belakang air terjun kembang soka untuk berfoto. Terdapat juga beberapa spot foto seperti jembatan kayau uang sangat ekstetik, wisata kembang soka sangat cocok buat anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman, sahabat, bahkan keluarga.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Sunset terbaik di Kulon Progo

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Lokasi Air Terjun Kembang Soka sangat mudah untuk anda kunjungi karena berada di kawasan wisata seperti sungai mudal, air terjun kedung pedut. Anda harus sedikit berjalan kaki kurang lebih 200 meter untuk sampai di air terjun ini. Lokasi Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


Untuk menuju air terjun kembang soka anda bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Langsung saja jalan yang harus anda tempuh menuju Jalan Godean - Ikuti jalan sampai di Pertigaan Goa Kiskendo, Ambil arah kiri sampai melewati Wisata Alam Blencong lalu melewati Sungai Mudal, anda juga bisa menggunakan goggle maps untuk mempermudah mencari lokasi wisata.

Jarak yang harus anda tempuh untuk sampai ke air terjun kembang soka kurang lebih 45 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota jogja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air terjun kembang soka anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000,- / orang. Sedangkan jika anda menggunakan sepeda motor tarif parkirnya Rp2000,- / motor dan untuk parkir mobil Rp5000,- / mobil.

Dengan harga yang cukup murah anda sudah ikut berpartisipasi dalam membangun wisata tersebut dan meningkatkan roda ekonomi masyarakat sekitar.
  • Harga Tiket Masuk Rp10.000,- / orang.
  • Parkir Motor Rp2.000,- / motor.
  • Parkir Mobil Rp5.000,- / mobil.

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka.

Fasilitas yang berada di Air Terjun Kembang Soka cukup lengkap, untuk saat ini wisata tersebut masih di kelola oleh masyarakat sekitar. Selama berwisata anda akan meikmati beberapa fasilitas yang cukup baik, fasilitas di antaranya:
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • Sewa Band
  • Mushola
  • Air Pegunungan yang Segar

Daya Tarik Air Terjun Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka terkenal karena kesegaran airnya dan udara pegunungan yang sangat sejuk. Sesampainya di lokasi anda dapat berendam. Suasana yang masih alami membuat wisatawan cukup tertarik untuk mengunjunggi wisata kembang soka.

Untuk menuju lokasi anda harus sedikit berhati-hati karena melwati beberapa jalan setapak yang cukup kecil apalagi saat musim hujan jalan akan sedikit lebih licin. anda dapat memanfaatkan pemandangan air terjun, jembatan untuk berofoto. 

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi wisata ini, di hari-hari tertentu terdapat beberapa turis mancarnegara. Menurut mereka lebih menyukai wisata dengan suasana alami dan cukup sepi. Demikian beberapa artikel tentang air terjun kembang soka.

Wisata Dekat Air Terjun Kembang Soka.