Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pantai Congot Kulon Progo, Spot Terbaik Menikmati Hutan Mangrove

Pantai Congot Kulon Progo

Pantai Congot Kulon Progo merupakan salah satu pantai yang berada di kulon progo dan di antara pantai selatah seperti Pantai Glagah dan Pantai Bugel yang masih satu daerah. Meski berada di sisi barat kota jogja, pantai tersebut masih berada di pisisir selatan pulau jawa yang terkenal dengan pantainya yang cantik dan eksotis.

Pantai yang berada di selatan ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang memiliki ombah yang relatif besar. Salah satu objek wisata yang terkenal di sisi barat adalah pantai congot. Pantai Congot memiliki beberapa objek wisata yang harus anda coba ketika berkunjung ke jogja.

Pantai Congot adalah wisata pantai yang bisa anda kunjungi setelah pantai glagah maupun pantai bugel. Jarak kedua pantai tersebut memang tidak terlalu jauh dan di hubungkan oleh jalan desa yang cukup bagus dilewati kendaraan roda dua. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisata Pantai Congot Kulon Progo, Spot Terbaik Menikmati Hutan Mangrove
Salah satu keindahan pantai congot dengan menyewa sampan (Foto ig/masmeya)
Pantai Congot memiliki pemandangan yang cukup eksotis di bandingkan dengan pantai-pantai lainya sebab nuansa pesisir terutama perikananya cukup bagus di pantai ini. Banyak masyarakat lokal maupun luar daerah yang menjadikan pantai ini sebagai tempat memancing, selain memancing ada juga beberapa nelayan yang menggunakan jalanya untuk mencari ikan.

Sejarah pantai congot bermula pada tahun 1989, di lokasi sekitar pantai congot mulai di tanami pohon mangrove atas inisiatif pihak terkait. Penanaman pohon mangrove sendiri bertujuan untuk mengurangi abarasi air laut ke darat. Seiring berkembangnya waktu hutan mangrove menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Lokasi Pantai Congot 

Alamat pantai congot berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sedangkan wisata hutang mangrove berada di sebelah barat dengan waktu tempuh 10-20 menit dari pantai congot.

Jika anda dari kota jogja ingin menuju pantai congot jalan yang harus di lalui adalah Jalan Wates sampai menemukan pantung kuda lurus - Terminal Wates Kiri - Ambil Jalan menuju arah Purworejo - Jalan menuju pantai congot tidak jauh dari Jembatan Congot lalu sampai di Dusun Pasir Mendit.

Rute Menuju Pantai Congot

Jika anda sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Wates kemudian ambil arah menuju Jl Ringroad Barat kemudian lurus ambil arah menuju Jl Nasional III. Setibanya di Jl Nasional arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Wates - Jogja kemudian ambil arah menuju Jl Purworejo.

Setibanya di Jl Wates - Purworejo ambil arah ke kiri menuju Jl Pantai Glagah, nah anda harus lurus sampai menemukan Bubur Ayam Pak Mawardi. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk lokasi menuju tempat wisata. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jojga menuju lokasi sekitar 60 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot

Harga tiket masuk pantai congot adalah Rp.5000,- / orang. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan tarif parkir Rp3000,- dan Rp5000,- untuk kendaraaan pribadi. Wisatawan yang ingin menggunakan fasilitas kapan untuk berkeliling akan di kenakan biaya Rp10.000,- / orang.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000,- / orang.
  • Parkir Motor Rp3000,- / motor.
  • Parkir Mobil Rp5000,- mobil
  • Sewa Kapal Rp10000,- / orang. 

Fasilitas Pantai Congot

Pantai congot memiliki fasilitas seperti pantai pada umumnya. pantai yang terkenal dengan hutan mangroveny terdapat beberapa warung makan aneka seafood yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Selain itu terdapat juga beberapa hotel yang sedang di bangun. Fasilitas pantai congot lainya:
  • Spot Foto
  • Kamar Mandi
  • Tempar Parkir
  • Mushola
  • Tempat Bermain Anak
  • Warung Makan

Daya Tarik Pantai Congot

Pantai congot memili daya tarik sendiri dari pada pantai-pantai pada umumnya. Biasanya pantai di jogja memiliki pemandangan tebingan. namun pantai congot memiliki hal unuk dari keindahan pantai congot hutan mangrovenya.

1.Pemandangan Pantai

Begitu sampai di pantai congot, wisatawan akan di manjakan dengan pemandangan panorama pantai yang memiliki pasir berwarna hitam. Pepohonan cemara menjadi tempat favorit para wisatawan untuk mengabadikan foto.

Waktu yang bagus untuk mengunjungi pantai congot adalah saat sore hari. Saat sore hari wisatawan akan di manjakan dengan pemandangan matahari tenggelam (Sunset) yang sangat cantik dan eksotis.

Aktivitas pagi hari didominasi oleh para nelayan yang sedang menjala ikan bahkan ada juga yang melaut. Nelayan biasanya menyiapkan kapal kecil di tepian pantai, nelayan mulai melaut pada pagi hari oleh sebab itu pengunjung yang datang pada pagi hari dapat melihat proses nelayan melaut.

Wisata Pantai Congot Kulon Progo, Spot Terbaik Menikmati Hutan Mangrove
Pemandangan Sunset yang Cantik (Picture Ig / saifull_bhr)
2.Hutan Mangrove

Pohon mangrove yang berada di sekitar pantai congot memang ditanam oleh masyarakat dan instansi terkait untuk mencegah absari laut ke daratan.

Saking banyaknya pohon mangrove membuat pemandangan disekitar pantai terlihat estatik dan membuat pantai congot banyak dikunjugni wisatawan terutama kalangan muda untuk berburu foto yang natural. Warga sekitar turut serta dalam pemabangunan lahan dan beberapa spot foto seperti jemabtan agar dapat menarik para wisatawan terutama wisatawan dari luar negeri.

3.Spot Foto

Pantai Congot memiliki pemandangan yang cukup bagus, wisatawan dapat menikmati spot foto yang bagus.spot foto yang terkenal di pantai congot adalah jembatan api-api. jembatan api-api terbuat oleh bambu dan di bangun oleh masyarakat.

Pesona jembatan api-api mulai terkenal, berawal dari foto-foto yang tersebar di beberapa media sosial seperti facebook, instagram dan twiter, dengan tersebarnya spot foto tersebeut wisatawan mulai memadati pantai congot.

4. Memancing
Berjalan menyusuri pantai, pengunjung dapat menemukan tempat pertemuan antara air tawar dan Sungai Bogowonto yang bersatu dengan air laut. Wilayah ini merupakan muara sungai yang konon menjadi spot favorit pemancing karena memiliki ikan yang cukup banyak.

Pantai yang bermuara di Sungai Bogowonto ini juga menjadi tempar pertemuan antara air laut dan air sungai. Karena pencampuran air tersebut membuat pantai ini memiliki banyak jenis ikan. Pengunjung juga bisa menangkap ikan menggunakan jaring kecil di pinggiran pantai. Pantai ini menjadi salah satu tempat yang sangat bagus bagi anda yang memiliki hoby memancing.

5. Aneka Kuliner
Kurang lengkap rasanya jika berwisata di pantai congot tidak mencoba kuliner lautnya. Selain itu, pantai yang berada di desa jangkaran ini juga memiliki kerajinan yang cukup unik yang terbuat dari daun pandan yang berada di sekitar pantai kulon progo. Pengrajin di sekitar pantai kini sudah merambah ke pasar internasional sejak tahun 2008 lalu.

Selain itu, di sepanjang pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan aneka kuliner laut mulai dari ikan, kerang hingga udang dapat anda beli dengan harga murah. Pengunjung juga bisa membelinya secara mentah dari nelayan.

Wisata Dekat Pantai Congot

  • Pantai Glagah 
  • Jembatan Api-Api
  • Pantai Bugel
  • Pantai Trisik
  • Laguna Glagah
  • Kebun Matahari Glagah
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang pantai congot kulon progo. Bagi anda yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan bisa mencoba salah satu tempat wisata di kulon progo lainya yang tak kalah seru.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.