Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pantai Trisik Kulon Progo, Tempat Menikmati Pedesaan Pesisir

Pantai Trisik Kulon Progo menjadi salah satu wisata yang memiliki pemandangan alam yang cukup memanjakan mata serta dapat melepas penat akibar bekerja sehari-hari. Pantai Trisik memang memiliki keunikan tersenidiri karena di sekitar pantai ini terdapat persawahan yang cukup membuat suasana seperti di pedesaan.

Pantai Trisik beralamat di sebelah bara muara Sungai Progo dan menjadi wilayah perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul.Di sekitar pantai terdapat pepohonan cemara yang berfungsi untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh angin laut, hampir mirip dengan pantai congot yang terdapat hutan mangrove.

Pantai Trisik merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir berwarna kehiataman di mana pasir jenis ini memang banyak di temui di pantai-pantai kulon progo. Kondisi pasir yang berwarna hitam memang sedikit kurang menarik di bandingkan dengan pasir putih yang rata-rata terdapat di pantai gunung kidul.

Ombak yang berada di pantai trsisik terbilang cukup besar sehingga pengunjung harus hati-hati jika ingin berenang, selain terdapat ombak yang besar pantai trisik juga terdapat paling laut yang berada di dekat bibir pantai. Pengunjung yang datang tidak boleh berenang atau beraktivitas yang membahayakan di tepi pantai.

Terdapat dua orang yang sedang mengabadikan sunset di pantai Trisik
(Foto ig/najmutsaqib)
Selain memiliki pemandangan sunset yang bagus, pantai trisik sering digunakan untuk para pemancing untuk berburu ikan. ikan yang terdapat di pantai ini cukup beragam mulai dari kecil hingga besar. Pemancing biasanya datang pada saat pagi hari dan sore hari.

Lokasi dan Rute Pantai Trisik

Lokasi Pantai Trisik cukup jauh dari pusat kota jogja, untuk menuju pantai trisik dari pusat kota jogja anda harus menempuh perjalanan sejauh 45 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Tapi anda tidak usah khawatir, sepanjang perjalanan anda dapat melihat pemandangan persawahan dan perbukitan menoreh dengan cantik. Lokasi Pantai Trisik berada di Banaran, Galur, Karangsewu, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

                              

Rute menuju pantai risik sangat mudah untuk di lalui. Dari pusat kota jogja ambil arah menuju bantul. Kemudian permapatan Palbapang ambil arah menuju Jembatan Kulon Progo, setelah itu iktui jalan sampai menemukan papan penunjuk jalan menuju Pantai Tirisk. Anda dapat menggunakan kendaraaan motor maupun mobil untuk mengunjungi pantai trisik.

Setelah anda sampai di lokasi, pengunjung dapat memparkirkan kendaraan bermotornya maupun kendaraan pribadi di tanah kosong yang sudah di sediakan untuk tempat parkir.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Wisatawan yang akan menikmati keindahaan pantai trisik akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5000,- / orang, dengan harga yang cukup murah anda sudah dapat menikmati pemandangan alamnya yang cukup bagus. Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor akan di kenakan biaya parkir Rp2000,-/ motor sedangkan untuk mobil Rp5000,-/ mobil.

  • Harga Tiket Masuk Rp5000.-/ orang.
  • Parkir Motor Rp2000,- / motor
  • Parkir Mobil Rp5000,- / mobil.

Fasilitas Pantai Trisik

Pantai Trisik memiliki fasilitas seperti pantai pada umumnya. pantai yang terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi memiliki fasilias terdapat beberapa warung makan aneka seafood yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Selain itu terdapat juga beberapa hotel yang sedang di bangun. Fasilitas Pantai Trisik antara lain:
  • Spot Foto
  • Kamar Mandi
  • Tempar Parkir
  • Mushola
  • Tempat Bermain Anak
  • Warung Makan

Daya Tarik Pantai Trisik

1.Pemandanganya yang Cantik

Selain memiliki pasir berwarna hitam dan lautnya yang berwarna biru muda, pantai trisik juga memiliki keidahan yang tak kalah bagus dengan pemandangan pantai yang berada di Gunung Kidul. Pada saat musim tertenu seperti pergantian musim tedapat banyak burung yang sedang bermigrasi dari negara lain ke indonesia. Kebanyakan burung bermigrasi karena ingin memilih tempat yang memiliki iklip subtropis.

2.Penangkaran Penyu

Sebagai kepedulian instansi terkait dan masyarakat sekitar pantai, timbul ide untuk membuat penangkaran Penyu yang di beri nama Konservasi Penyu Abadi. Saat musim bertelur tiba, penyu akan jarah terlihat di penangkaran karena hanya datang ke pantar pada saat malam hari untuk bertelur.

3.Sunset dan Pepohonan Cemara

Sepanjang perjalanan menuju pantai trisik terdapat pepohonan cemara yang bisa digunakan untuk berteduh. Selain digunakan untuk berteduh banyak wisatawan yang memanfaatkan latar belakang pohon cemara digunakan untuk foto bahkan prewweding pernikahan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke jogja, liburan ke pantai bugel juga sangat direkomendasikan. Selain memiliki lokasi yang cukup sepi, pantai bugel juga memiliki pemandangan yang cukup bagus. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam (Sunrise) dengan cantik, apalagi saat cuaca cerah.

4.Tempat Para Pencari Ikan

Perairan Samudra Hindia memang memiliki hasil laut yang cukup banyak oleh sebab itu banyak masyarakat yang bekerja sebagai nelayan. Di pantai Trisik ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terdapat di pantai bugel dan pantai Trisik.

Bagi wisatawan yang menyukai ikan laut pantai bugel sangat cocok untuk anda yang gemar makanan seafood.

Wisata Dekat Pantai Trisik

  • Pantai Glagah
  • Pantai Bugel
  • Pantai Congot
  • Jembatan Api-Api
  • Kebun Bunga Matahari
  • Hutan Mangrove