Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Embung Sriten Nglipar Gunung Kidul, Embung Tertinggi di Jogja

Embung Sriten Nglipar Gunung Kidul

Salah satu wisata yang cukup terkenal di gunung kidul adalah Embung Sriten Nglipar. Embung ini menjadi salah satu spot wisata yang memikat banyak wisatawan karena memiliki pemandangan sunsetnya yang cantik. Embung ini berada di dekat air terjun kedung kandang yang juga memiliki pesona tak kalah cantik.

Masyarakat sekitar biasanya mengenalnya dengan waduk sriten. waduk ini menjadi salah satu sumber air di daerah pegunungan gunung kidul yang kekeringan apabila musim kemarau tiba. Wisatawan yang berkunjung akan di manjakan dengan pemandangan hijau yang mempesona.

Embung Sriten di resmikan pada bulan september tahun 2014 oleh Sri Sultan HB 10, Karena lokasinya yang berada di ketinggian, embung ini memiliku udara yang segar khas pegunungan. Apabila anda ingin mengunjunggi waduk ini pada saat pagi haru, usahakan menggunakan pakian tebal seperti jaket.

Embung Sriten Nglipar, Puncak Tertinggi di Gunung Kidul
Foto Pemandangan Embung Sriten Nglipar (Foto: Setyo Budi Utomo)

Tak jauh dari waduk, terdapat sebuah makan atau petilasan yang di percaya miliki keluarga kesultanan jogja. Menurut masyarakat sekitar waduk tersebut memiliki mitos bahwa embung sriten gunung kidul ini memiliki sejarah sebagai tempat dari syekh wali pada zaman dulu.

Baca Juga: Air Terjun Kedung Kandang, Wisata Gunung Kidul Bernuansa Ubud, Bali

Lokasi Embung Sriten Gunung Kidul

Wisatawan dapat menemukan wisata ini dengan mudah. Lokasi Embung Sriten Nglipar Gunung Kidul berada di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau mobil untuk menjangkau embung.


Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi embung sriten nglipar dapat menggunakan rute sebagai berikut:

Jika anda berasal dari pusat kota jogja, arahkan kendaraan menuju Jalan Wonosari. Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga melewati Kecamatan Piyungan dan Kecamatan Pathuk. Sesampainya di pathuk, ambil arah menuju pertigaan Sambipitu dan ambil arah menuju Nglipar sampai menemukan pertigaan Kantor Kepala Desa Pilangejo. Nah, di sekitar jalan terdapat papan penunjuk jalan menuju embung.

Harga Tiket Masuk Embung Sriten

Untuk menikmati suasana embung, wisatawan hanya membayar harga tiket masuk sebesar Rp3000 / orang. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2000 dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata embung sriten nglipar di buka pada jam 05.00 pagi sampai 18.00. Pengunjung tidak di sarankan untuk mengunjungi embung selain jam itu, karena lokasinya yang sepi dan jauh dari pemantuan warga sekitar.
  • Harga Tiket Masuk Rp3000
  • Parkir Motor Rp2000
  • Parkir Mobil Rp10.000

Fasilitas Embung Sriten

Sejak di resmikan pada tahun 2014 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono, Embung Batara Sriten sudah memiliki fasilitas yang bagus. Wisatawan yang berkunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut dan ikut serta dalam menjaga dan merawatnya, fasilitas embung sriten antara lain:
  • Toilet
  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Tempat Parkir
  • Cafetaria

Daya Tarik Embung Sriten

Embung Sriten Nglipar Gunung Kidul memiliki ketinggian 859 Mdpl. Embung ini di buat dengan teknik geo memberan yang memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk kelibihanya adalah dapat menahan asam sulfat dan elongaso akobat deformasi tanah. Sedangkan untuk kekuranganya adalah tidak kuat untuk menahan penetrasi fisik, oleh sebab itu di dalam embung tidak terdapat ekosistem air seperti ikan.

Selain itu, dari puncak embung sriten wisatawan dapat melihat beberapa objek wisata dengan cukup jelas. Wisatawan dapat melihat Waduk Gajah Mungkur, Rawa Jombor dan sebagian kota klaten.

Tidak hanya itu saja, wisata embung ini juga sangat cocok bagi anda yang gemar memfoto sunrise maupun sunset. Pemandangan dari puncak terlihat sangat cantik, jika pagi hari pengunjung dapat melihat gumpalan awan yang cantik, sedangkan saat sore hari matahari tenggelam terlihat cahayanya yang eksotis.

Perjalanan untuk menuju wisata akan sedikit membutuhkan tenaga ekstra, karena medan menuju embung sriten cukup terjal. Pengunjung akan melewati beberapa tikungan, tanjakan dan beberapa jalan rusak. Tapi anda tidak perlu khawatir, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang indah guys!

Wisata Sekitar Embung Sriten.

  • Gunung Purba Nglanggeran
  • Embung Nglanggeran
  • Air Terjun Kedung Kandang
  • Pantai Ngobaran
  • Taman Bidadari Pantai Buges
Berikut di atas adalah ulasan tentang artikel embung sriten nglipar yang berada di gunung kidul. Tunggu apalagi segera persiapkan liburan anda!